Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

13 Cara Belajar Yang Baik Paling Manjur Cocok Untuk Kalian

4 min read

cara belajar yang baik

Cara Belajar Yang Baik – Agar dapat belajar dengan baik, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memahami cara cerdas dalam belajar. Bukan hanya akan melaksanakan ujian saja baru mulai belajar sehari sebelumnya dengan begadang sepanjang malam. Kalian harus sudah melakukan persiapan setiap hari sebagai cara pengembangan pengetahuan yang diberikan.

Untuk bisa mendapatkan hasil belajar yang terbaik pelajari beberapa cara-cara berikut ini dan gunakanlah dalam kebiasaan belajar kalian. Saya akan memberikan sedikit cara yang dapat sobat ilmunik gunakan dalam kegiatan belajar setiap hari.

Oke langsung saja sobat kita masuk pembahasan.

1. Berdoa Terlebih Dahulu

cara belajar yang baik
islam.nu.or.id

Cara belajar yang baik pertama adalah dengan mengawali dengan doa terlebih dahulu. Hal ini berkaitan dengan apa yang telah diajarkan pada agama Islam yang memerinthahkan berdoa dahulu sebelum melakukan kegiatan. Berdoa ini juga berlaku pada kegiatan belajar untuk diberi kemudahan dalam setiap materi yang diberikan pada guru kepada kita.

Berdoa juga sebagai ungkapan permintaan untuk diberikan ilmu yang manfaat dan barokah. Karena semua pengetahuan adalah bersumber dari Allah SWT, oleh sebab itu berdoa menjadi hal yang wajib dalam setiap kegiatan apapun.

2. Belajar Sesuai Jadwal

Cara belajar yang baik kedua adalah dengan cara mengatur jadwal belajar. Untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal, sebaiknya kita harus melakukan kegiatan jadwal rutin untuk belajar setelah dari sekolahan. Dengan cara ini kita dapat mengingat materi pelajaran yang telah disampaikan para guru di sekolahan.

Hal ini juga sangat membantu ketika kita akan melakukan kegiatan ujian sekolah atau ujian-ujian lainnya. Hal ini sangat membantu sebagai persiapan sebelum melakukan ujian.

3. Buatlah Suasana Belajar Yang Nyaman

cara belajar efektif
Pixabay.com

Cara belajar yang baik selanjutnya adalah dengan membuat nyaman suasana ketika belajar. Hal ini juga sangat penting untuk membangkitkan rasa nyaman ketika kegiatan belajar, karena dapat mempengaruhi konsentrasi dan fokus ketika belajar.

Contoh dari suasana belajar yang nyaman adalah tempat yang bersih, suasana yang tidak begitu ramai, badan bersih dan masih banyak lagi. Suasana nyaman juga akan muncul ketika media pembelajaran yang digunakan sesuai dan tepat.

4. Membaca Materi Pelajaran

Cara belajar yang baik dapat kalian lakukan dengan membaca materi-materi pelajaran. Kunci utama dalam belajar adalah dengan membaca, dengan membaca kalian akan mendapatkan ilmu dari sesuatu yang sudah kita baca. Seseorang yang suka membaca akan lebih memiliki banyak peluang untuk mendapatkan pengetahuan lebih luas.

Jadi, mulailah latih kegiatan membaca kalian dalam setiap materi pelajaran.

Baca Juga Pengertian Media Pembelajaran

5. Pahami Baik-Baik Setiap Materi

Cara belajar yang baik yang dapat kalian lakukan adalah mencatat hal-hal yang penting dari materi yang disampaikan. Pada umumnya, para siswa lebih suka menghafal setiap pelajaran dari pada mencatatnya, tetapi menghafal bukanlah termasuk cara belajar baik.

Kalian tidak perlu menghafal setiap pelajaran atau materi yang diberikan, yang harus anda lakukan adalah memahami dan menyesuaikan dengan kehidupan sehari-hari. Memang hal ini tidaklah mudah, tetapi kalian bisa mengembangkan kemampuan ini dengan berjalannya waktu.

6. Menggunakan Catatan

cara belajar efektif dan efesien
Pixabay.com

Menggunakan media catatan adalah cara belajar yang baik untuk kalian lakukan. Kalian dapat menggunakan cara ini dalam setiap mata pelajaran atau mencatat semua kejadian penting dalam hidup kalian pun juga bisa. Ada sebuah pepatah mengatakan:

Ilmu itu bagaikan binatang buruan, dan catatan adalah sebagai pengikatnya.

7. Tulislah Ulang Catatan Kalian

Cara belajar yang baik satu ini bagi sebagian orang dirasa cukup menyiksa, sebab mereka sudah menggunakan banyak waktu untuk mencatat materi-materi pelajaran di kelas. Tetapi, cara belajar ini sangat bermanfaat karena kalian perlu melakukan usaha lebih setelah membaca catatan dan buku paket. Dengan membaca, berpikir, dan menulis merupakan cara belajar yang baik.

8. Beristirahat Sebentar

Setelah kalian merasakan belajar dengan waktu yang lama, sebaiknya anda juga perlu melakukan istirahat sebentar sekitar 5 sampai 10 menit. Cara ini sudah terbukti sangat membantu dalam proses belajar. Setelah kalian beristirahat, lakukan lagi membaca atau membahas materi yang baru saja dipelajari seperti sedang mengikuti ujian.

Setelah kalian beristirahat, menghafal akan menjadi lebih mudah dengan mengulangi lagi membaca materi yang harus kalian pelajari.

Usahakan hindari menghabiskan istirahat dengan melihat TV atau dengan bermain game, sebab dengan ini pikiran kalian akan semakin aktif dan sulit kembali belajar. Kalian dapat beristirahat dengan berjalan kaki atau joging disekitar rumah.

Baca Juga Pengertian Strategi Pembelajaran

9. Menguji Diri Sendiri

cara belajar efektif
Pixabay.com

Setelah kalian melakukan belajar beberapa waktu, cobalah menguji diri kalian sendiri. Gunakanlah cara ini untuk mempelajari ulang semua materi yang baru saja kalian pelajari agar dapat tersimpan lebih baik dalam ingatan.

Pada buku paket, biasanya terdapat soal-soal latihan ujian akhir disetiap akhir bab yang dapat kalian kerjakan untuk menguji diri sendiri. Walaupun tidak termasuk tugas dari guru, berusahalah semaksimal mungkin dalam mengerjakan soal tersebut.

Menguji diri kalian sendiri juga tidak harus dengan mengerjakan soal latihan, anda juga dapat mencoba dengan cara menutup bagian definisi atau catatan yang baru saja kalian hafalkan, kemudian ucapkan lagi dengan suara yang lantang (masih terukur).

Setelah kalian menguji diri sendiri, tahap selanjutnya adalah melakukan evaluasi dari kegiatan-kegiatan belajar yang masih kurang maksimal.

10. Jaga Pola Tidur Malam

Cara belajar yang baik selanjutnya dengan mengatur pola istirahat malam kalian. Jangan sampai ketika kalian memiliki semangat belajar yang tinggi hingga sampai melebihi batas waktu kalian untuk istirahat malam.

Sangat sulit menghafal pelajaran ketika begadang, jangan pikirkan terlalu berlebihan perkataan orang bahwa mereka dapat belajar dengan hanya satu malam saja. Hindari membandingkan diri anda dengan orang tersebut, gunakan saja cara belajar yang baik dan efektif untuk mendapatkan hasil yang kalian inginkan.

11. Melakukan Belajar Kelompok

cara belajar yang baik
Pixabay.com

Cara belajar kelompok juga termasuk cara belajar yang baik. Dengan melakukan belajar kelompok akan memberi kemudahan teman kita dalam mengatasi pertanyaan apabila terjadi suatu kendala saat belajar. Misalnya, ketika teman kalian tidak dapat memahami sesuatu dapat langsung bertanya kepada yang sudah mengerti pada kelompok belajar tersebut.

Cara belajar dengan berkelompok juga dapat meringankan teman kalian dalam berbagai ilmu dan informasi. Dengan cara bertukar ilmu dan juga informasi dapat meningkatkan pengetahuan yang kalian punya.

12. Bertanya Jika Masih Kurang Faham

Cara belajar yang baik selanjutnya adalah dengan cara bertanya jika kalian belum mengerti. Cara ini paling efektif untuk mendapatkan pengetahuan lebih jika masih belum dapat memahami materi atau pelajaran yang telah diberikan. Bertanya juga dapat membuat ingatan kita lebih kuat akan materi yang pernah disampaikan.

Apalagi dengan berkembangnya zaman terdapat mesin canggih yang dapat menjawab pertanyaan dengan cepat yaitu google. Banyak sekali pengetahuan yang dapat diberikan mesin ini. Tetapi secanggih-canggihnya google tetap saja masih kalah dengan para guru yang mengajarkan ilmu secara langsung.

Ada satu hal yang tidak dimiliki oleh google dari guru, yaitu adab, ketaqwaan, dan keikhlasan.

Baca Juga Cara Menghilangkan Malas

13. Hindari Sikap Tidak Jujur

Cara belajar yang baik terakhir adalah selalu mengutamakan kejujuran. Hal ini sangat penting dalam belajar, sebab dengan kita tidak jujur akan membuat hilang keberkahan dari seorang guru. Pada masa kini banyak para siswa yang mengerjakan tugasnya dengan cara mencontek hasil dari teman lainnya. Inilah yang harus dihindari untuk menjadikan kita lebih berkembang secara alami dan tidak selalu bergantung kepada orang lain.

Jika kalian menerapkan cara yang saya berikan ini, tidak menutup kemungkinan kalian akan mudah untuk mengerjakan segala tugas atau ulangan yang diberikan. Mulai saat ini perbaikilah cara belajar kalian, agar menjadi pribadi yang berkembang dan memiliki pengetahuan yang luas.

Nah, mungkin hanya itu saja sedikit penjelasan yang dapat saya bagikan tentang cara belajar yang baik untuk sobat ilmunik. Semoga dapat membantu dan juga segara terapkan cara belajar tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cukup sekian dan salam dari penulis.

Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *