Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

1001+ Cara Menghitung Weton Jawa Untuk Jodoh Dan Kegiatan Lain (Lengkap)

13 min read

cara menghitung weton

Cara Menghitung Weton – Masyarakat Jawa dari dulu memang sudah meyakini bahwa dengan menggunakan hitungan wetong dapat menentukan hari baik atau buruknya dalam melakukan sebuah hajat. Misalnya saja seperti acara pernikahan, khitanan ataupun akan memulai usaha dan lain sebagainya.

Orang Jawa juga sering menggunakan hitungan weton Jawa untuk pernikahan anak-anaknya, sebab mereka meyakini dengan menggunakan hitungan akan memberikan nasib baik untuk anaknya. Di dalam hitungan Jawa, kata neptu adalah hal yang biasanya dibuat pertimbangan dalam menentukan watak atau nasib setiap orang.

Apabila hasil hitungan weton dari hari pasaran Jawa tidak bertemu dengan hari atau hitungan yang cocok. Maka akan dilakukan ruwatan atau memilih hari pernikahan khusus yang diyakini bisa menolak balak atau bencana di kemudian hari.

Nah, pada tulisan kali ini, saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang cara menghitung weton Jawa sebelum pernikahan, mencari jodoh, kelahiran, dan untuk memulai usaha. Yuk langsung saja kita masuk ke pengertiannya terlebih dulu.

Pengertian Weton

pengertian weton
Ilmunik.com

Sebelum masuk ke pembahasan cara menghitungnya, apa sih weton Jawa itu? Di dalam kalender Jawa, satu pekan merupakan tujuh hari yang diadopsi dari kalender Islam dan lima hari pasaran Jawa yang sering disebut sebagai pancawarna.

Pancawarna merupakan sebuah siklus hari pasaran atau sebutan putaran lima hari pasaran antara lain, Hari Pahing, Wage, Pon, Legi Kliwon. Ramalan berdasarkan hari lahir ini sudah tidak asing lagi diyakini sejak zaman dulu. Sistem penanggalan ini difungsikan oleh penduduk adat Jawa bukan hanya sebagai penanda hari lahirnya seorang raja.

Namun biasanya juga digunakan untuk menentukan masa tanam dan panen, bepergian, menentukan sebuah keputusan, hingga dipercaya bisa menggambarkan karakter ataupun nasib seseorang.

Dari hitungan weton jodoh Jawa inilah yang nantinya bisa meramalkan dua pasangan yang akan hidup bersama. Mulai dari karakternya masing-masing yang pastinya akan menggambarkan kehidupan rumah tangga nantinya.

Nah, selanjutnya apa sih fungsi dari menghitung weton Jawa itu? Masih berguna atau tidak untuk saat ini?

Fungsi Menghitung Weton Jawa

Fungsi Menghitung Weton Jawa
Ilmunik.com

Setelah mengetahui pengertian dari weton Jawa, kemudian kita akan memasuki tentang fugsinya, Berikut ini adalah fungsi dari menghitung weton Jawa:

  • Untuk menghitung kecocokan pasangan, yakni dengan menghitung weton masing-masing pasangan. Apabila didapatkan nilai yang baik dari hasil penjumlahan weton tersebut, maka pasangan tersebut mempunyai kecocokan yang baik juga dan diizinkan menikah.
  • Untuk mengetahui watak dan perilaku seseorang, yakni umumnya setiap weton diyakini memiliki sifat-sifat tertentu. Oleh sebab itu, setiap orang dapat mempunyai kecenderungan sifat yang berbeda berdasarkan weton kelahiran yang dimiliki.
  • Untuk menjauhkan kesialan, yakni perhitungan weton juga dapat dipakai untuk menghindari melakukan kegiatan tertentu pada hari wetonnya. Hal ini adalah satu budaya uang masih ditemui pada masyarakat Jawa.
  • Untuk meraih kesuksesan, yakni weton difungsikan untuk mengetahui kesuksesan yang dapat diraih seseorang. Misalnya dari pekerjaan, hari baik dan peruntungan-peruntungan lainnya yang dipercayai berdasarkan weton yang dimiliki.

Bagaimana Cara Menghitung Weton Jawa Untuk Pernikahan?

cara menghitung weton jawa
Ilmunik.com

Kecocokan serta keberuntungan dari pasangan jodoh bisa dihitung dari weton kelahiran dari kedua calon tersebut. Sebab weton kelahiran sendiri bisa menentukan watak dan nasib.

Bagi masyarakat Jawa, mengerti tentang weton kelahiran itu memanglah sangat penting. Sebab nantinya kita akan mengetahui tentang kegiatan, nasib, atau peristiwa terjadi dimasa yang akan datang setelah melakukan pernikahan.

Hitungan Jawa Dengan Neptu

Bagi masyarakat Jawa, umumnya sudah mengetahui istilah neptu yang merupakan besaran nilai hari pasaran Jawa atau yang dikenal dengan nilai hari lahirnya. Kemudian yang nantinya akan dilakukan penjumlahan dan penghitungan.

Biasanya sistem perhitungan weton neptu umumnya digunakan untuk mengetahui weton jodoh pada seseorang atau calon mempelai. Hari lahirnya seseorang sama saja dengan hari yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, yakni Senin, Selasa, Rabu, hingga Minggu.

Sementara untuk hari pasarannya dalam masyarakat Jawa seperti Pon, Kliwon, Legi, Pahing dan Wage. Di dalam hal ini, perhitungan atau penjumlahan antara hari lahir dan hari pasaran Jawa yang disebutnya dengan istilah weton Jawa.

Untuk lebih memudahkan pemahaman sobat ilmunik tentang nepu, berikut ini adalah gambaran mudahnya:

TABEL HARI, PASARAN DAN NEPTU
HARINEPTUPASARANNEPTU
MINGGU5LEGI5
SENIN4PAHING9
SELASA3PON7
RABU7WAGE4
KAMIS8KLIWON8
JUM’AT6
SABTU9

Bagaimana Cara Menghitung Weton Jodoh Kita?

Cara Menghitung Weton Jodoh Kita
Ilmunik.com

Cara menghitung weton jodoh dengan jumlah neptu:

  • Tentukan terlebih dulu nilai neptu dari hari kelahiran dan hari pasaran Jawa pada kedua calon mempelai tersebut.

Menghitung weton sebelum melakukan pernikahan adalah degan kita haru mengerti terlebih dulu tentang cocok atau tidaknya antara kedua calon mempelai. Oleh sebab itu, harus dilakukan penjumlahan hari sesuai weton masing-masing.

Contoh penjumlahan weton:

  • Misalnya sang mempelai laki-laki lahir di hari Jumat Kliwon berarti jumlahnya 6+8=14.
  • Sementara mempelai wanita lahir pada hari Rabu Pon berarti jumlahnya 7+7=14
  • Kemudian hasil dari penghitungan antara calon laki-laki dan wanita tersebut akan dijumlahkan lagi.
  • Misalnya penjumlahan weton antara laki-laki dan perempuan adalah 14+14=28

Kemudian dari hasil penjumlahan itu akan berhasil diketahui. Seperti yang dihasilkan dibawah ini, apakah si kedua calon mempelai dapat menemukan kecocokan atau tidaknya.

  • 1. Pegat (1,9,10,18,19,27,28,36)

Hasil penghitungan pegat adalah hitungan weton Jawa yang kemungkinan pasangan akan sering mendapatkan masalah di kemudian hari. Biasanya seperti permasalahan ekonomi, kekuasaan, perselingkuhan hingga mengakibatkan perceraian.

  • 2. Ratu (2,11,20,29)

Hasil penghitungan ratu adalah weton Jawa dapat dikatakan bahwa pasangan ini memang sudah sangat berjodoh. Sebab di dalam kehidupan berkeluarga, nantinya akan sangat dihargai dan disegani oleh para tetangga ataupun masyarakat sekitar. Bahkan tidak sedikit orang yang iri hari sebab keharmonisannya dalam membangun rumah tangga.

  • 3. Jodoh (3,12,21,30)

Hasil penghitungan jodoh adalah pasangan ini memang benar cocok dan berjodoh. Sebab bisa saling menerima baik kelebihan atau kekurangannya, serta rumah tangganya bisa rukun hingga tua.

  • 4. Topo (4,13,22,31)

Hasil perhitungan topo adalah gambaran dalam membangun rumah tangga yang nantinya akan mengalami kesusahan di awal. Tapi akan bahagia di akhir nanti, biasanya disebabkan oleh masalah ekonomi dan lain-lain. Akan tetapi setelah memiliki anak dan cukup lama berumah tangga, di hari itulah kehidupannya akan menjadi sukses dan bahagia.

  • 5. Tinari (5,14,23,32)

Hasil tinari dalam hitungan weton Jawa akan menemukan kebahagiaan dimasa depan nantinya. Selain itu, mudah dalam mencari rezeki dan sering mendapatkan keberuntungan.

  • 6. Padu (6,15,24,33)

Hasil padu dalam hitungan weton Jawa digambarkan dalam membina rumah tangga nantinya akan sering mendapatkan sebuah pertengkaran. Akan tetapi tidak sampai mengarah ke jenjang perceraian, hanya saja digambarkan sebagai masalah sifat yang cukup ringan.

  • 7. Sujanan (7,16,25,34)

Hasil sujanan di dalam hitungan weton Jawa digambarkan bahwa dalam membina rumah tangga nantinya akan mendapatkan sebuah pertengkaran. Bisa saja sebab perselingkuhan yang terjadi di mulai dari pihak laki-laki atau pihak perempuan.

  • 8. Pesthi (8,17,26,35)

Hasil pesthi di dalam hitungan weton Jawa di ibaratkan bahwa dalam membina rumah tangga nantinya akan selalu rukun, tenteram, adem ayem hingga tua nanti. Walaupun terdapat masalah, tapi tidak akan bisa merusak keharmonisan keluarganya.

Jika hasil dar penjumlahan diatas dan weton pasangan keduanya berjumlah 28 maka berarti jatuh pada PEGAT.

Weton Sisa Neptu

  • Sisa 1 (Wasesasegara)

Wasesasegara artinya mempunyai watak yang sabar, pemaaf, berbudi luhur, dan berwibawa.

  • Sisa 2 (Tunggaksemi)

Tunggaksemi artinya rezekinya akan dipermudah dan dilancarkan.

  • Sisa 3 (Satriya Wibawa)

Satriya Wibawa artinya mendapatkan kemuliaan dan keluhuran yang cukup tinggi.

  • Sisa 4 (Sumur Sinaba)

Sumur Sinaba artinya banyak orang yang datang dan ingin berguru dan menimba ilmu darinya.

  • Sisa 5 (Satriya Wiring)

Satriya Wiring artinya sering sekali mengalami duka cita, baik kesusahannya hingga sering malu akibat perbuatannya sendiri. Di dalam buku primbon Jawa kuno, untuk menolak balak ini dapat melakukan pemotongan ayam pada saat ijab kabul.

  • Sisa 6 (Bumikepetak)

Bumikepetak artinya memiliki hati yang sangat lapang, banyak mengalami cobaan dan rintangan dalam kehidupannya, selain itu sifatnya pekerja keras. Umumnya untuk menolak hal ini bisa melakukan sebuah penguburan tanah pada saat akan melakukan ijab kabul.

  • Sisa 7 (Lebu Ketiup Angin)

Lebu Ketiup Angin artinya sulit mencapai cita-cita, sering mendapatkan kesusahan dan biasanya berpindah-pindah rumah. Di dalam buku primbon Jawa, untuk menghilangkan hal ini bisa dilakukan dengan cara menaburkan debu pada saat akan melakukan ijab kabul. Hal ini dilakukan untuk bertujuan menolak bala seperti tadi yang telah saya jelaskan diatas.

Hasil dari penjumlahan weton

hasil dari penjumlaha weton
Ilmunik.com

Baca Juga Aksara Jawa

Neptu Bulan Dan Kalender Jawa

neptu dan kelahiran
Ilmunik.com

Dari zaman dulu, orang Jawa selain memperhatikan perhitungan weton hari lahirnya atau hari pasaran Jawa. Masyarakat Jawa juga sangat memperhatikan neptu hitungan bulan dan tahun kelahirannya.

Akan tetapi, di zaman sekarang ini, hitungan bulan ataupun tahun sudah sangat jarang digunakan untuk menentukan nasib atau kecocokan jodohnya. Biasanya masyarakat jawa sering menggunakan neptu bulan dan tahun sebagai alat untuk menghitung waktu musim tanam, musim hujan, dan musim kemarau, serta banyaknya ikan tangkapan bagi para nelayan.

Berikut ini merupakan nilai neptu bulan dan tahun Jawa di dasarkan hitungan adat Jawa:

BULANNILAITAHUNNILAI
Sura7Alip1
Sapar2Ehe5
Maulud3Jimawal3
Ba’da Maulud5Je7
Jumadil Awal6Dal4
Jumadil Akhir1Be2
Rajab2Wawu6
Ruwah4Jimakhir3
Poso5
Syawal7
Selo1
Besar3

1. Hitungan Weton Jodoh Ketemu 25

Menurut perhitungan Jawa, salah satu weton jodoh yang harus dihindari apabila weton jodoh yang jika dijumlahkan neptu dari pasangan bertemu 25. Masyarakat Jawa mempercayai apabila jumlah neptu 25 akan sering mendapatkan kesialan dalam membina rumah tangga.

Mungkin juga ada banyak pasangan yang jumlah neptunya adalah 25. Dari perhitungan tersebutm umumnya para orang tua atau sesepuh Jawa akan memberikan saran untuk berpisah saja sebelum acara pernikahan dilakukan. Hal ini disarankan agar pasangan tersebut terhindar dari kesulitan atau bahaya yang akan terjadi di kemudian hari.

Apabila kedua pasangan tersebut sudah mempunyai keyakinan yang kuat, hal apapun pastinya akan dapat dilewati dan bersandar kepada Allahs SWT.

2. Cara Mengatasi Weton Neptu Ketemu 25

Cara mengatasi masalah apabila weton penjumlahan ketemu 25 adalah dengan menghitung hari pernikahan yang jatuh pada tanggal bernilai Satriya Wibawa. Tanggal akad inilah yang banyak diyakini dan mampu menolak balak serta dapat menggugurkan semua kesialan atau ketidak baikan tersebut.

Tanggal yang mempunyai arti Satriya Wibawa umumnya akan jauh di weton yang mempunyai jumlah neptu 13, seperti hari weton Senin Pahing, Kamis Legi, Jum’at Pon, Sabtu Wage, dan Minggu Kliwon. Selain hari-hari tersebut, pilihan bulan yang harus dihindari adalah bulan suro. Sebab masyarakat Jawa ikut menghormati bulan suro, karena banyak kejadian terjadi di bulan ini di agama Islam.

3. Usaha Yang Cocok Sesuai Lahir

Berikut ini adalah usaha yang cocok menurut hitungan weton Jawa dan semoga bisa menjadi inspirasi dan ikhtiar kalian. Jenis usahanya antara lain:

  • A. SENIN

Jika berdasarkan hitungan weton Jawa, orang yang terlahir di hari senin pastinya mempunyai neptu 4. Di dalam buku primbon Jawa disebutkan bahwa angka 4 merupakan sifat yang mewakili firasat air.

Sementara usaha yang cocok untuk dilakukan berdasarkan hari lahir ini adalah berdagang barang yang dijadikan sebagai kebutuhan pokok manusia. Misalnya seperti sembako, sayuran, air, ikan, daging, bumbu dapur.

  • B. SELASA

Orang yang terlahir di hari selasa mempunyai neptu 3. Di dalam buku primbon Jawa, bahwa angka 3 adalah kelahiran yang mempunyai firasat bumi.

Sementara usaha yang cocok untuk dicoba jika lahir di hari selasa adalah berdagang barang yang menjadi kebutuhan dalam rumah tangga seperti perabotan rumah tangga, alat dapur, lemari, kursi, tas, dompet, kendaraan dan lain-lain.

  • C. RABU

Orang yang terlahir di hari rabu mempunyai neptu 7. Di dalam buku primbon Jawa, angka 7 merupakan kelahiran yang mempunyai firasat angin.

Sementara usaha yang cocok untuk dicoba adalah dengan berdagang berbagai hewan ternak, seperti sapi, ayam, bebek, kambing, kerbau, ikan dan lain-lain.

  • D. KAMIS

Orang yang terlahir di hari kamis mempunyai neptu 8. Di dalam buku primbon Jawa, angka 8 merupakan kelahiran yang mempunyai firasat api.

Sementara usaha yang cocok untuk dicoba adalah dengan berdagang atau berjualan buah-buahan seperti mangga, apel, jeruk, salak, semangka dan lain-lain.

  • E. JUM’AT

Orang yang terlahir di hari jum’at mempunyai neptu 6. Di dalam buku primbon Jawa, angka 6 merupakan kelahiran yang mempunyai firasat awan.

Sementara usaha yang cocok untuk dicoba adalah dengan berdagang atau berjualan barang aksesoris yang digunakan manusia, seperti jual beli emas, perak, intan, berlian, gelang, kalung, baju dan lain-lain.

  • F. SABTU

Orang yang terlahir di hari sabtu mempunyai neptu 9. Di dalam buku primbon Jawa, angka 9 merupakan kelahiran yang mempunyai firasat langit.

Sementara usaha yang cocok untuk dicoba adalah dengan berdagang atau berjualan aneka barang elektronik, kendaraan, atau membuka usaha bengkel, dan lain-lain.

  • G. MINGGU

Orang yang terlahir di hari minggu mempunyai neptu 5. Di dalam buku primbon Jawa, angka 5 merupakan kelahiran yang mempunyai firasat matahari.

Sementara usaha yang cocok untuk dicoba adalah dengan berdagang atau berjualan aneka makanan, minuman, membuka warung makan, dagangan kue, roti, es dan lain-lain

Primbon Jawa Watak Dan Weton

Primbon Jawa Watak Dan Weton
Ilmunik.com

Setelah mengetahui cara menghitung weton, selanjutnya kita masuk ke pembahasan tentang watak dari setiap weton. Sifat atau watak dan karakteristik pada seseorang jika dilihat dari pasaran Jawa adalah berupa hari “Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Sementara untuk harinya dimulai dari “Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at, Sabtu, Minggu“.

Jika di total secara keseluruhan terdapat 35 hari berdasarkan pasaran Jawa dan semuanya pasti mempunyai arti tersendiri. Oleh sebab itu, saya akan sedikit mengulas satu per satu berdasarkan primbon Jawa.

1. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 7

Nilai dari weton neptu 7 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Selasa Wage

Orang yang terlahir dengan weton neptu 7 umumnya mempunyai watak yang sempit hatinya, pemalas, sering mengingkari janji terhadap wanita. Bahkan sering juga berbuat gegabah serta jika berkacapan pembicaraannya sedikit tersendat-sendat.

2. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 8

Nilai dari weton neptu 8 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Senin Wage
  • Selasa Legi

Orang yang terlahir dengan weton neptu 8 umumnya mempunyai watak yang mudah panas hati, dengki, sering bermuka masam, dan jika bertengkar pembicaraannya sering membuat celaka.

Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti bumi.

3. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 9

Nilai dari weton neptu 9 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Minggu Wage
  • Senin Legi

Orang yang terlahir dengan weton neptu 9 umumnya mempunyai watak yang lincah, suka berpindah-pindah, sikapnya lebih mementingkan isi perutnya sendiri, bahkan tidak mudah terkena guna-guna.

Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti api.

4. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 10

Nilai dari weton neptu 10 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Selasa Pon
  • Jum’at Wage
  • Minggu Legi

Orang yang terlahir dengan weton neptu 10 umumnya mempunyai watak yang pendiam, tidak gampang marah, cerdas, daya tangkapnya tinggi, dan apabila menjadi seorang dukun atau paranormal tidak mudah ditanyai.

Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti pelangi.

5. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 11

Nilai dari weton neptu 11 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Senin Pon
  • Jum’at Legi
  • Rabu Wage
  • Selasa Kliwon

Orang yang terlahir dengan weton neptu 11 umumnya mempunyai watak yang pemberani, tidak memiliki malu, gampang tersinggung, suka menjual barang-barang.

Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti bunga.

6. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 12

Nilai dari weton neptu 12 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Rabu Legi
  • Selasa Pahing
  • Kamis Wage
  • Minggu Pon
  • Senin Kliwon

Orang yang terlahir dengan weton neptu 12 umumnya mempunyai watak yang mudah menerima, cerdas, bahkan banyak orang yang suka kepadanya, dan jika dia bekerja akan mudah, tapi dalam berumah tangga sering kehilangan.

Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti jin.

7. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 13

Nilai dari weton neptu 13 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Kamis Legi
  • Jum’at Pon
  • Sabtu Wage
  • Minggu Kliwon
  • Senin Pahing

Orang yang terlahir dengan weton neptu 13 umumnya mempunyai watak yang tidak memiliki perasan, akan tetapi hatinya lemah lembut, berlaku baik terhadap saudara-saudaranya dan berjiwa petualang (suka menjelajah).

Dalam istilah primbon, watak ini disebut dengan berlaku seperti bintang.

8. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 14

Nilai dari weton neptu 14 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Sabtu Legi
  • Rabu Pon
  • Minggu Pahing
  • Jum’at Kliwon

Orang yang terlahir dengan weton neptu 14 umumnya mempunyai watak yang serba mau, apapun akan bisa dilakukan, berbakti, mudah mendapatkan kebahagiaan, cerdas, disegani, lemas hatinya, akan tetapi pemalas.

Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti bulan.

9. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 15

Nilai dari weton neptu 15 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Jum’at Pahing
  • Kamis Pon
  • Rabu Kliwon

Orang yang terlahir dengan weton neptu 15 umumnya mempunyai watak yang suka memerintah, keras hatinya, tidak mau kurang dalam hal makanan, banyak teman, dan apabila berumah tangga akan mudah bertengkar.

Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti matahari.

10. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 16

Nilai dari weton neptu 16 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Kamis Kliwon
  • Rabu Pahing
  • Sabtu Pon

Orang yang terlahir dengan weton neptu 16 umumnya mempunyai watak yang lemah. apabila berbicara banyak manfaatnya, sopan santun, apa yang diciptakannya bisa terwujudkan, akan tetapi apabila marah tidak ada yang bisa menghalang-halangi

Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti air.

11. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 17

Nilai dari weton neptu 17 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Kamis Pahing
  • Sabtu Kliwon

Orang yang terlahir dengan weton neptu 17 umumnya mempunyai watak yang pendiam, lambat dalam bekerja, jika memberi nasehat mudah dituruti, kurang pergaulan.

Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti bumi.

12. WATAK BERDASARKAN WETON NEPTU 18

Nilai dari weton neptu 18 hanya dimiliki oleh orang yang terlahir pada hari:

  • Sabtu Pahing

Orang yang terlahir dengan weton neptu 18 umumnya mempunyai watak yang mudah panas, akan tetapi baik dalam berbicara, dan apabila bertengkar menjadi sangat berani, namun mudah mengalah juga.

Dalam istilah primbon, watak ini disebutnya dengan berlaku seperti api.

Baca Juga Nama Jawa Kuno

Arti Weton Kelahiran

Arti Weton Kelahiran
Ilmunik.com

Setelah mengetahui cara menghitung weton dan juga mengerti watak berdasarkan wetonnya, selanjutnya kita masuk ke pembahasan arti weton kelahirannya. Berikut ini adalah penjelasannya:

A. Weton Legi

  • Senin Legi

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Senin Legi mempunyai sifat yang suka berkeliling dan melihat dunia luar, baik secara fisik atau secara intelektual.

  • Selasa Legi

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Selasa Legi mempunyai sifat kepribadian yang sangat kuat.

  • Rabu Legi

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Rabu Legi mempunyai sifat sopan santun, memiliki tata krama dan berpegang teguh terhadap falsafah hidupnya.

  • Kamis Legi

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Kamis Legi mempunyai cita-cita yang mulia dan bernilai tinggi.

  • Jum’at Legi

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Jum’at Legi mempunyai sifat jujur.

  • Sabtu Legi

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Rabu Legi mempunyai sifat yang mudah dan suka terhadap gaya hidup yang santai dan mewah.

  • Minggu Legi

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Rabu Legi mempunyai sifat yang tegas dan pendiam.

B. Weton Pahing

  • Senin Pahing

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Senin Pahing mempunyai sifat yang suka menyampaikan pendapat dengan cara tegas dan tidak mudah terpengaruh oleh omongan orang lain.

  • Selasa Pahing

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Selasa Pahing mempunyai sifat yang santai dan cukup mudah dalam menerima orang lain dengan apa adanya.

  • Rabu Pahing

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Rabu Pahing mempunyai sifat yang suka mempertimbangkan segala urusannya sebelum melakukan tindakan.

  • Kamis Pahing

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Kamis Pahing mempunyai cita-cita besar dan semangat juang yang besar untuk mewujudkannya.

  • Jum’at Pahing

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Jum’at Pahing mempunyai sifat pandai berbicara, menyenangkan, bercita-cita tinggi dan jujur.

  • Sabtu Pahing

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Sabtu Pahing mempunyai sifat gampang terpancing emosinya.

  • Minggu Pahing

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Minggu Pahing mempunyai kemampuan yang sangat mengagumkan di bidang apa saja yang sedang ditekuni.

C. Weton Pon

  • Senin Pon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Senin Pon mempunyai sifat penuh kontradiksi.

  • Selasa Pon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Selasa Pon mempunyai sifat yang lebih suka bermewah-mewahan.

  • Rabu Pon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Rabu Pon akan sering mengalami banyak keberuntungan dan tidak mudah putus asa.

  • Kamis Pon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Kamis Pon mempunyai cita-cita yang tinggi serta tujuannya mulia dalam berusaha untuk mewujudkannya.

  • Jum’at Pon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Jum’at Pon mempunyai sifat banyak bergaul dengan orang-orang sekitarnya. Mereka juga digambarkan berpembawaan tenang, serius dan bijaksana dalam berucap.

  • Sabtu Pon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Sabtu Pon mempunyai ego yang besar serta rasa ingin menjadi pengusaha di sekitar lingkungannya.

  • Minggu Pon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Minggu Pon mempunyai sifat sangat mudah sensitif.

D. Weton Wage

  • Senin Wage

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Senin Wage mempunyai sifat jauh dari hal-hal memalukan.

  • Selasa Wage

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Selasa Wage mempunyai sifat lebih suka membesar-besarkan dirinya sendiri.

  • Rabu Wage

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Rabu Wage mempunyai sifat yang baik hati dan ramah.

  • Kamis Wage

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Kamis Wage mempunyai cita-cita yang sangat tinggi.

  • Jum’at Wage

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Jum’at Wage mempunyai sifat yang terkenal atas kebaikannya dalam mengasihi dan mudah menaruh iba terhadap sesama.

  • Sabtu Wage

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Sabtu Wage mempunyai sifat yang teguh terhadap pendiriannya, akan tetapi mudah naik darah ketika rencananya tidak berjalan sesuai rencana.

  • Minggu Wage

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Minggu Wage mempunyai sifat pemurah dan mudah menaruh iba.

C. Weton Kliwon

  • Senin Kliwon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Senin Kliwon mempunyai sifat pengabdian yang tulus terhadap kehormatan keluarganya.

  • Selasa Kliwon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Selasa Kliwon mempunyai sifat sangat pemurah.

  • Rabu Kliwon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Rabu Kliwon mempunyai sifat yang suka berfikir, sikap lemah lembut dan gaya duniawi yang mempesona.

  • Kamis Kliwon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Kamis Kliwon mempunyai sifat perencana besar dalam hidupnya.

  • Jum’at Kliwon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Jum’at Kliwon mempunyai sifat sabar dan murah hati.

  • Sabtu Kiwon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Sabtu Kliwon mempunyai sifat yang sangat ramah, sopan santun, dan mudah terkesan.

  • Minggu Kliwon

Menurut perhitungan weton primbon Jawa, bahwa mereka yang terlahir di hari Minggu Kliwon mempunyai sifat yang pendiam, akan tetapi pendiriannya sangat tegas dan kemauan keras.

Baca Juga Suku Jawa

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan kepada sobat ilmunik semua tentang bagaimana cara menghitung weton Jawa untuk jodoh dan lain-lain. Akan tetapi pembahasan ini hanya sebagai pengetahuan saja tentang unsur kebudayaan atau tradisi masyarakat Jawa yang sudah turun temurun dari zaman dulu.

Cukup sekian dan salam dari penulis.

Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *