Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Cerita Pengalaman Pertama Kali Menjadi Mekanik

3 min read

bekerja

Hello guys..apa kabar?adakah yang punya hobi merubah-ubah mesin standart menjadi tidak standart?,apakah itu ada diantara kalian?.

 

Benar mungkin lebih tepatnya yaitu anak-anak yang hobi balapan atau yang dikenal dengan cah Racing,,  iya itulah sebutan pecinta mesin yang tidak standart bawaan pabrik.

 

Biasanya anak-anak yang suka merubah standart mesin sepeda motornya itu, dia meras masih kurang puas lari kuda besinya atau dalam bahasa jawanya, Kurang gass pollllll, biasanya mereka mendapatkan kesenangan sendiri apabila sudah bisa merubah mesin standartnya  menjadi mesin liar.

Semua itu butuh proses jika ingin belajar merubah standart, kita harus mempelajari sepeda motor dalam keadaan standart terlebih dahulu.

Oke mari kita simak pengalaman kerja saya waktu pertama menjadi Mekanik di salah satu bengkel resmi Honda di Surabaya, simak dengan seksama ya guys.…..

 

Proses Adaptasi

cerita mekanik

Pengalaman saya pertama bekerja di Surabya yaitu di Bengkel resmi sepeda motor honda  AHASS PRATAMA  di jalan Margorejo Indah no 21,sekitar awal Tahun 2018, pertama saya kerja tidaklah langsung menjadi mekanik, tapi menjadi asisten mekanik terlebih dahulu.

Waktu pertama masuk ya seperti biasnya karyawan yang baru masuk kerja pertamaya, pasti ada rasa malu atu sungkan, istilah jawanya, maklum belum  kenal sama pegawai-pegawainya .

Waktu itu saya masih sangat bingung dengan tugas-tugas apa saja yang harus saya kerjakan sebagai  asisten Mekanik, kadang saya nganggur gak berbuat apa-apa, kadang mau bantu takut salah.

Saya pun memberanikan diri untuk tanya kepada Service Advisor, bengkel saya bertanya tentang semua yang harus saya kerjakan dan tugas-tugas saya selama menjadi asisten Mekanik, setelah saya di arahkan dg demua tugas saya,  saya pun agak meras tidak bingung untuk melakukan apa yg harus saya lakukan di dalam bengkel.

Selang berjalanya waktu saya pun mulai terbiasa dengan tugas saya sebagai asisten Mekanik, di situ tugas saya hanya membantu Mekanik apabila ada yang perlu bantuan,dan membersihkan bengkel sebelum dan sesudah jam kerja,  sambil belajar tentang mekanisme mesin dan mempelajari Trouble atau masalah yang sering di hadapi Mekanik-mekanik.

Semakin sering saya membantu Mekanik,  semakin banyak juga ilmu yang saya dapat dari mekanik.

Selain dari itu ketika saya sudah kenal semua pegaiwainya, bekerja terasa sangat menyenangkan, dan sangat bersemangat, mereka semua sangat ramah ketika saya sudah kenal dengan mereka, tak jarang ketika suasana sepi karna tak ada konsumen yg datang, ada juga Mekanik yang bercanda dengan melempar kunci ke backlife, yauitu tempat untuk menaikan sepeda motor dalam proses servis.

 

Proses Belajar Lebih Dalam Pada Mekanik Senior

contoh mesin

Setelah saya faham dasar-dasarnya, saya pun ingin belajar lebih dalam tentang ilmu Mesin,  apabila sebagai Mekanik pastilah akan menghadapi berbagai ujian atau masalah.

Tentu saja yang di hadapi para mekanik pasti tanggung jawab yang besar, soalnya itu bisa menyangkut keselamatan bagi pengemudi apabila seumpama mekaniknya kurang teliti dalam hal servis.

Selain itu apabila ada serivisan Mekanik yang kurang pas, biasanya pasti konsumen itu akan kembali ke bengkel atau yang sering di sebut dengan komplain ,atau pekerjaan kembali.

Ilmu para mekanik bemacam-macam, tak semua mekanik ilmunya sama ada yang sangat pintar dan ada juga yang kurang fahan tentang Mesin, sudah biasa ada yang sempurna dan ada yang tidak sempurna, itulah hukum alam, hehehe.

Dan saya pun tidak mau kalo nanti saya seumpama menjadi Mekanik banyak servisan saya yang kembali, tak tanggung-tanggung saya belajar dari Mekanik semuanya, walaupun ada Mekanik yang begitu kurang faham tentang mesin, tapi saya yakin ada satu ilmu yang beliau punya yang  sangat berharga.

Saya pun belajar dari mulai sistem kelistrikan, pengapian, dan body, itu semua saya pelajari dari semua Mekanik, tanpa terkecuali karna ilmu itu tak ada batasnya kita boleh belajar dengan siapa saja, tapi satu yang harus di perhatikan, kita juga hrasus dapat menyaring ilmu yang kita dapat.

Seperti dalam sebuah hadist; ”Mencari ilmu itu adalah wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun muslim perempuan”. (HR. Ibnu Abdil Barr).

Proses Traning Mekanik

training mekanik

Setelah tiga bulan berjalan saya kerja dengan sangat semangat dan tekun mempelajari ilmuk dari Mekanik senior, saya pun di angkat menjadi Mekanik  tapi melalui proses training selama lima hari, dan itu menentukan saya layak atau tidak menjadi Mekanik.

Hari pertama, saya agak gugup dan ragu-ragu, ibaratnya masih demam panggung, saya pun di tenangkan mekanik-nekanik senior saya dengan bercandanya berkata, halah wes gorap garap wae penting yakin karo teliti engko mesti onok dalane dewe, dalam bahasa jawa, bahasa Indonesia, sudah servis-servis saja yang penting yakin dengan teliti nanti ada jalanya sendiri.

Seketika itu saya pun lebih percaya diri, hehehe.

Dan hari-hari training saya pun berjalan normal-normal saja walaupun ada sedikit kendala, maklmu masih agak demam panggung.

Pada suatu hari ketika saya dapat servisan dan saya lihat di lembar antrian servis, ada tulisan “ganti kones” saya langsung agak grogi, apalagi saya lihat di depan ada sepda motor CB150r yang ganti konesnya agak lumayan ribet, dan satu lagi ada sepeda motor matic Vario 150.

Saya berdoa di dalam hati “mugo-mugo wae sing ganti kones iku sepedah vario” yang artinya semoga saja yang ganti kones itu sepeda motor Vario  saja, dan ternyata benar yang ganti kones adalah sepeda motorCB150r.

Dengan keberanian saya pun berfikir postif saja, dalan pikiran saya, “kalau gak sanggup ya saya minta bantuan kepala mekanik saja”.

Dan benar saya pun agak kesusahan pas waktu ganti kones sendiri, saya pun meminta bantuan pada kepala mekanik saya, yang biasanya saya servis cuman maksimal satu jam, itu jadi dua jam ketika saya servis ganti kones CB150r.

Proses Keputusan Menjadi Mekanik

keputusan

Waktu training saya menjadi mekanik sudah selesai waktu lima hari,tinggal menunggu keputusan dari kepala bengkel.

Pada hari senin, itu adalah hari keputusa dari kepala bengkel, apakah saya menjadi Mekanik atau masih asisten mekanik lagi.

Pada sekitar jam 13;00 saya di panggil Kepala bengkel untuk menemuinya di ruanganya.

Dan pada waktu itupun saya masuk ruangan kepala bengkel, dalah hati saya ada persaaan was-was,bercampur tegang, karena menunggu keputusan untuk saya.

Kepala bengkel ketika saya masuk melihat dengan tatapan yang berbeda, saya malah menjadi deg-degan, saya duduk dengan perasaan yang bercampur-campur.

Kepala bengkel pun memberi tahu  hasil dari keputusanya, tapi agak di lama-lamakan supaya saya semakin penasaran, saya ngomong kepada kepala bengkel “ayo pak jangan membuat semakin penasaran saya”, dengan perasaan yang masih deg-degan

Dan akhirnya kepala bengkel memberi tahu saya bahwa saya di terima menjadi Mekanik, “Alhamdulillah”.

Perasaan saya pun sangat senang mendengar keputusan itu, dan menambah semangat saya lagi dalam dunia Teknik Otomotif.

Walaupun kedepanya akakn lebih besar lagi tanggung jawab saya sebagai mekanik, tapi saya optimis saya mampu dan dapat menjadi mekanik yang hebat dalam dunia mesin standar ataupun mesin dunia balap .

 

Ingat guys, “Untuk menjadi Kupu-kupu yang indah dia juga pernah menjadi hewan yang menjijikan”, jadi jangan pernah menyerah melewati semua proses dalam kehidupan.

 

Sekian singkat cerita  pengalaman saya, simak kelanjutan postingan saya oke, hehehehe

Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *