Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

17+ Cerita Rakyat Jawa Barat Beserta Penggalannya (Lengkap)

5 min read

cerita rakyat jawa barat

Cerita Rakyat Jawa Barat – Masyarakat Jawa memang terkenal memiliki banyak sekali kisah atau cerita rakyat yang banyak dan sangat beragam. Daerah yang memiliki cerita rakyat cukup banyak adalah Jawa Barat yang masih termasuk ke dalam Pulau Jawa.

Nah, apakah sobat ilmunik sudah pernah berkunjung ke Jawa Barat atau barangkali ada sobat ilmunik yang dari daerah ini. Jawa Barat menyimpan banyak sekali cerita rakyat yang cukup populer di Indonesia, seperti Sangkuriang, Si Kabayan, Lutung Kasarung, Situ Bagendit dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit tentang berbagai cerita rakyat yang populer di Jawa Barat. Berikut ini adalah berbagai cerita rakyat yang berasal dari daerah Jawa Barat yang saat ini menjadi Ibu Kota Indonesia.

1. Cerita Rakyat Jawa Barat Sangkuriang

Cerita Rakyat Jawa Barat Sangkuriang
Ilmunik.com

Berdasarkan berbagai cerita yang beredar di masyarakat di daerah tersebut, asal mula terbentuknya gunung Tangkuban Perahu banyak dikaitkan dengan Legenda Sangkuriang. Sangkuriang merupakan seorang pemuda yang ingin menikahi ibunya sendiri, yakni Dayang Sumbi.

Salah satu cara yang dilakukan untuk menggagalkan pernikahan tersebut adalah dengan Dayang Sumbi mengajukan persyaratan yang sangat berat. Persyaratan yang diajukan Dayang Sumbi tersebut membuat sangkuriang marah dan menendang perahu hingga terbalik. Dari kejadian inilah kemudian masyarakat menganggapnya sebagai Tangkuban Perahu.

2. Cerita Rakyat Jawa Barat Si Kabayan

Cerita Rakyat Jawa Barat Si Kabayan
Ilmunik.com

Cerita rakyat Jawa Barat yang kedua adalah tentang Si Kabayan. Yakni pada zaman dulu hiduplah seorang laki-laki di tanah Pasundan atau sekarang menjadi Jawa Barat bernama si Kabayan. Ia sangat terkenal sebagai laki-laki pemalas, bodoh, namun anehnya dia memiliki banyak akal.

Akalnya yang cukup cerdik sering ia gunakan untuk mendukung sifat pemalasnya. Si Kabayan sudah mempunyai istri yang bernama Nyi Iteung, serta mertuanya sangat kesal dengan sifat menantunya itu. Mertuanya tersebut sering memarahi Si Kabayan, namun menantunya ini selalu saja memiliki akal bulus dalam menghadapi mertuanya.

3. Cerita Rakyat Jawa Barat Lutung Kasarung

Cerita Rakyat Jawa Barat Lutung Kasarung
Ilmunik.com

Setelah cerita Si Kabayan, ada lagi cerita rakyat Jawa Barat yang cukup terkenal yakni Lutung Kasarung yang asalnya adalah pangeran bernama Guruminda. Pangeran Guruminda tersebut bersedia melakukan persyaratan menjadi seekor lutung sebab penasaran ingin mengetahui gadis manusia di dunia yang secantik ibunya.

Setelah berubah menjadi seekor lutung, Pangeran Guruminda tersebut lalu pergi melompat ke dunia manusia. Di dalam dunia manusia, berkat kesaktiannya, Lutung Kasarung ini berhasil mengalahkan semua lutung dalam waktu singkat. Kemudian pangeran yang menyamar menjadi lutung ini diangkat menjadi pemimpin bangsa lutung.

4. Cerita Rakyat Jawa Barat Telaga Warna

Cerita Rakyat Jawa Barat Telaga Warna
Ilmunik.com

Setelah Lutung Kasarung, ada lagi cerita rakyat dari daerah Jawa Barat yang cukup terkenal, yakni legenda telaga warna. Pada zaman dulu terdapat sebuah kerajaan di Jawa Barat bernama Kutatanggeuhan. Kerajaan ini dipimpin oleh raja yang sangat adil dan bijaksana.

Penduduk kerajaan ini biasanya memanggil rajanya dengan nama Prabu Suwartalaya. Walaupun berhasil memimpin kerajaannya dengan sangat adil, akan tetapi Sang Prabu mempunyai masalah yang membuatnya cukup resah, yakni tidak memiliki seorang anak untuk mewarisi kerajaannya.

Pada akhirnya, Sang Prabu memutuskan untuk bertapa di hutan untuk memohon petunjuk dari Tuhan Yang Maha Esa.

5. Asal Mula Cianjur

Asal Mula Cianjur
Ilmunik.com

Cerita rakyat Jawa Barat tentang asal mula Cianjur berawal ketika zaman dulu di daerah Jawa Barat hiduplah seorang lelaki kaya raya. Ia merupakan pemilik seluruh sawah dan ladang di desa yang ditempatinya. Seluruh penduduk ketika itu hanya menjadi buruh tani penggarap sawah dan ladang si lelaki tuan tanah tadi.

Tuan tanah ini dikenal sebagai pribadi yang kikir, serta dijuluki oleh para penduduk dengan nama Pak Kikir. Bahkan terhadap putera satu-satunya saja ia masih pelit dalam semua hal.

Baca Juga Aksara Jawa

6. Cerita Situ Bagendit

Cerita Situ Bagendit
Ilmunik.com

Berdasarkan catatan legenda, pada suatu desa di Kabupaten Garut, Jawa Barat, hiduplah seorang janda yang bernama Nyi Endit. Dia adalah seorang janda kaya raya dengan kekayaan yang bisa membeli apa saja yang di inginkannya.

Bahkan para penduduk yang miskin di desa tersebut jika meminjam uang pasti kepadanya, akan tetapi ia meminta untuk mengembalikan uang dengan bunga yang tinggi. Apabila telah tiba waktu pembayaran hutangnya, maka Nyi Endit akan menagih kepada sang peminjam sembari membawa pengawal atau tukang pukul.

Jadi, jika ada para peminjam yang tidak mau membayar hutang pada saat waktunya, maka tukang pukul Nyi Endit akan melakukan tindak kekerasan.

7. Asal Usul Nama Girilawungan

Asal Usul Nama Girilawungan
Ilmunik.com

Ada juga cerita rakyat lain di daerah Majalengka, Jawa Barat pernah berdiri sebuah kerajaan bernama Girilawungan. Kata Girilawungan sendiri berasal dari bahasa Sunda yakni “Nglawung” yang berarti berhadap-hadapan.

Konon diceritakan pada tempat tersebut dulunya pasukan Kerajaan Majapahit pernah melakukan aksi “Ngelawung” menunggu putri Giri Larang keluar dari tempat persembunyian. Sebab mereka malu jika pulang ke Majapahit tidak membawa hasil yang diinginkan.

8. Cerita Rakyat Ciung Wanara

Cerita Rakyat Ciung Wanara
Ilmunik.com

Dikisahkan pada zaman dulu di wilayah Kerajaan Galuh membentang daru Ujung Kulon, Ujung Barat pulau Jawa hingga Ujung Galuh yang saat ini merupakan muara sungai brantas. Cerita rakyat ini mengisahkan adanya hubungan darah serta budaya antar orang Sunda yang tinggal di bagian barat pulau Jawa dengan orang yang tinggal di bagian tengah dan timur pulau Jawa.

Cerita Ciung Wanara ini mempunyai kemiripan dengan cerita rakyat Jawa Timur yakni Cindelaras.

9. Si Kabayan Menyamar Jadi Haji

Si Kabayan Menyamar Jadi Haji
Ilmunik.com

Pada sebuah desa bernama Malakeudu tempat tinggalnya, seorang haji akan dianggap sebagai orang yang sangat terhormat. Karena disamping dianggap sebagai orang saleh, seorang haji juga dianggap sebagai orang kaya yang bisa membayar ongkos kapal laut menuju tanah suci Mekah.

Nah, Si Kabayan ini mengetahui persis bahwa mertuanya sangat menghormati seorang yang sudah haji. Apabila ada seorang haji yang datang ke rumah mertuanya, maka mertuanya tersebut akan menghidangkan makanan yang enak untuk menjamunya.

10. Kabayan Dan Lintah Darat

Kabayan Dan Lintah Darat
Ilmunik.com

Lanjut masih tentang cerita Si Kabayan, cerita yang ini adalah tentang Kabayan dan lintah darat. Singkat cerita Si Kabayan lalu teringat percakapannya dengan Abah mertuanya, “dengar Kabayan, seberani-beraninya manusia, percayalah dia selalu di bayangi oleh rasa takut“.

Berani dan takut adalah dua sifat yang telah melekat di dalam jiwa setiap manusia. Serta di dalam jiwa si lintah darat ya kamu itu. Meskipun dia berani menentang larangan agama, dia pasti mempunyai rasa takut akan sesuatu, entah apa, harus kamu cari dan ketahui Kabayan.

11. Legenda Gunung Tampomas

Legenda Gunung Tampomas
Ilmunik.com

Cerita rakyat selanjutnya adalah tentang gunung tampomas tang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Menurut berbagai macam versi cerita rakyat yang beredar, ketika masa Kerajaan Sumedang Larang, gunung tampomas pernah mengeluarkan erupsi.

Nah, pada saat erupsi ini, raja Sumedang Larang ketika itu harus melemparkan keris emas ke dalam kawah gunung gede. Sehingga namanya kemudian diubah menjadi gunung tampomas hingga saat ini.

Baca Juga Pepatah Jawa

12. Kisah Prabu Panggung Keraton

Kisah Prabu Panggung Keraton
Ilmunik.com

Pada zaman dahulu, ada raja yang bernama Prabu Panggung Keraton berkuasa di kerajaan kecil bernama Dayeuh Manggung Masanggrahan. Meskipun hanya sebuah kerajaan kecil, akan tetapi rakyatnya hidup dalam kemakmuran.

13. Asal Mula Nyi Roro Kidul (Putri Kandita)

Asal Mula Nyi Roro Kidul (Putri Kandita)
Ilmunik.com

Cerita Nyi Roro Kidul atau yang sering disebut dengan Ratu Laut Selatan, pada awalnya merupakan seorang puteri dari Kerajaan Pajajaran. Ia bernama Puteri Kandita, seorang puteri dari raja pakuan Pajajaran yang kemudian bisa menjadi Ratu Pantai Selatan.

14. Asal Mula Munculnya Pohon Padi

Asal Mula Munculnya Pohon Padi
Ilmunik.com

Menurut berbagai cerita rakyat Jawa Barat yang beredar, awal mula munculnya pohon padi adalah berasal dari pengorbanan Dewi Sri Pohaci Long Kencana. Ia berkorban dalam melaksanakan tugas dari Sunan Ibu di Taman Sorga Loka untuk menganugerahkan cihaya (sesuatu kebutuhan hidup umat manusia) kepada negeri Buana Panca Tengah.

15. Cerita Nyai Anteh Penunggu Bulan

Cerita Nyai Anteh Penunggu Bulan
Ilmunik.com

Ketika bulan purnama, kita dapat melihat bayangan Nyai Anteh tengah menenun ditemani oleh kucing kesayangannya. Konon katanya, Nyai Anteh menenun benang menjadi sebuah tangga yang akan di gunakannya untuk pulang ke bumi.

Akan tetapi, kucingnya selalu merusak tali tenunannya, akibatnya hingga saat ini Nyai Anteh tinggal di bulan dan tidak bisa pulang ke bumi.

16. Asal Mula Pulau Mas (Pulomas)

Asal Mula Pulau Mas (Pulomas)
Ilmunik.com

Ketika malam hari, pulau Mas di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kerap terlihat bercahaya kekuningan seperti sinar emas. Oleh sebab inilah, orang-orang banyak menyebutnya dengan pulau Mas. Pulau Mas sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata.

Baca Juga Cerita Rakyat Jawa Timur

17. Cerita Rakyat Nyi Mas Belimbing

Cerita Rakyat Nyi Mas Belimbing
Ilmunik.com

Cerita rakyat Jawa Barat yang terakhir adalah tentang Nyi Mas Belimbing, yang merupakan seorang puteri petapa bernama Resi Rarata yang bertempat tinggal di Ujung Kulon, Provinsi Banten saat ini. Berdasarkan cerita yang beredar, Nyi Mas Belimbing hidup sejaman dengan Sunan Gunung Jati.

Nah, mungkin hanya itu saja ya, sedikit penggalan cerita rakyat Jawa Barat yang dapat saya bagikan untuk sobat ilmunik semua. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa menambah sedikit pengetahuan kalian, cukup sekian dan salam dari penulis.

Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *