Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

19+ Contoh Hewan Karnivora | Pengertian, Ciri, Gambar (Lengkap)

6 min read

contoh hewan karnivora

Contoh Hewan Karnivora – Semua jenis hewan di dunia ini, jika dibagi berdasarkan makanannya menjadi tiga jenis, yaitu, herbivora, omnivora, dan karnivora. Jika membahas tentang contoh, ada banyak sekali contoh hewan karnivora , dan jenis-jenis tersebut.

Nah, untuk keterangan tentang dua jenis lainnya, sudah pernah saya bahas pada artikel saya sebelumnya. Untuk artikel kali ini akan saya bahas tentang apa itu hewan karnivora secara lengkap.

Oke langsung saja kita masuk pembahasan.

Pengertian Hewan Karnivora

pengertian hewan karnivora
warstek.com

Awal mula kata karnivora adalah berasal dari bahasa latin, yaitu “caro” yang berarti daging, dan “vorare” yang berarti makanan. Jadi dapat artikan, bahwa hewan karnivora adalah kelompok hewan pemakan daging.

Hewan karnivora juga memiliki ciri khas berupa hewan yang mempunyai kemampuan dalam memangsa hewan yang menjadi makanannya. Dalam arti lain, hewan karnivora digolongkan sebagai hewan buas.

Namun, tidak semua dari jenis hewan karnivora menjadi buas, bahkan ada juga hewan karnivora yang menjadi binatang pelliharaan.

Pada umumnya, jenis hewan ini akan berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Akan tetapi, ada juga yang berkembang biak dengan cara bertelur, seperti buaya dan ular.

Selain itu, jenis hewan karnivora juga mempunyai kuku-kuku yang sangat tajam pada kaki, dan tangan, serta memiliki taring yang tajam juga. Hewan ini juga memliki kemampuan lebih dalam mendapatkan mangsanya.

Contohnya cheetah, singa, dan harimau yang mempunyai kemampuan mengintai dari kejauhan dan berlari sangat cepat.

Ciri-Ciri Hewan Karnivora

ciri-ciri hewan karnivora
Pict by google

Untuk mengetahui suatu hewan termasuk ke dalam jenis karnivora atau tidak, dapat dilihat dari ciri-ciri dari hewan kanivora sendiri. Berikut ini ciri-ciri yang terdapat pada hewan karnivora.

  1. Memiliki kecepatan berlari.
  2. Umumnya berhabitat di daratan, seperti hutan, alam liar, dan juga padang savana.
  3. Hewan karnivora termasuk vertebrata atau hewan bertulang belakang.
  4. Mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam melumpuhkan mangsanya.
  5. Tergolong hewan buas yang disebut dengan hewan predator atau pemangsa.
  6. Memiliki penglihatan yang sangat tajam di siang atau malam hari.
  7. Mempunyai gigi taring yang kuat dan tajam untuk merobek daging mangsanya.
  8. Memiliki pendengaran yang sangat peka terhadap suatu gerakan.
  9. Kebanyakan dari jenis hewan karnivora adalah hewan yang menyusui anaknya.
  10. Makanan utama dari hewan karnivora berupa daging segar.

Baca Juga Contoh Hewan Ovovivipar

Contoh Hewan Karnivora

contoh hewan karnivora
idntimes.com

Untuk lebih memudahkan kalian tentang apa sajakah hewan yang termasuk karnivora, berikut ini akan saya berikan contoh-contoh dari hewan karnivora, antara lain:

1. Macan

Contoh hewan karnivora yang pertama adalah dari golongan predator yang terkenal memiliki kecepatan tinggi yaitu macan. Macan termasuk golongan kucing besar yang habitatnya rata-rata di alam liar.

Hewan karnivora ini memiliki banyak sekali jenisnya, seperti macan rembah, macan tutul, dan lain-lain. Macan juga mempunyai bulu-bulu berwarna coklat serta terdapat bintik-bintik hitam di seluruh bagian tubuhnya.

Jenis hewan karnivora satu ini banyak ditemukan di daerah Asia Tenggara, Semenanjung, dan juga Tiongkok. Biasanya, macan akan mencari mangsanya pada waktu siang hari.

2. Harimau

Harimau juga termasuk ke dalam contoh hewan pemakan daging atau karnivora dari jenis kucing besar, sama seperti macan. Ukuran tubuh dari hewan ini jika sudah berumur tua dapat melebihi ukuran tubuh singa.

Harimau juga termasuk golongan hewan berdarah panas. Selain itu juga, harimau termasuk ke dalam hewan pelari yang sangat cepat seperti singa, hingga dapat diperkirakan melebihi kecepatan cheetah.

Hewan ini juga memiliki ciri khas hewan karnivora adalah vertebrata atau bertulang belakang. Harimau juga akan mencari mangsa hewan lain yang memiliki ukuran tubuh lebih besar darinya.

3. Singa

Hewan yang satu ini sering dikenal dengan julukannya sebagai raja hutan, yaitu singa. Singa sangat buas ketika dirinya sedang merasa lapar dan akan memburu binatang lain, karena itulah singa sangat ditakuti oleh binatang lain.

Singa merupakan hewan yang termasuk golongan binatang menyusui atau mamalia. Hewan ini juga memiliki banyak sekali jenisnya yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

Perlu kalian ketahui, predator satu ini memiliki kelemahan berupa tidak dapat memanjat pohon

Singa lebih suka hidup secara berkelompok, akan tetapi dalam satu kelompok kecil saja. Dalam suatu kelompok singa, singa betina akan berperan aktif dalam mencari mangsa untuk di makan dalam satu kelompok tersebut. Singa jantah hanya akan meminta jatah makan kepada sang betina.

4. Serigala

Serigala termasuk ke dalam contoh hewan karnivora yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran karnivora predator lain. Jika kalian amati dengan teliti, bentuk tubuh dari hewan ini akan mirip dengan tubuh anjing.

Serigala juga termasuk hewan yang sangat ganas serta memiliki ciri khas yang terkenal, berupa aungannya di malam hari. Serigala biasanya banyak ditemui di daerah Eropa dan di Indonesia sendiri sangat jarang.

5. Cheetah

Chettah adalah hewan yang terkenal dengan kecepatan berlarinya ini juga termasuk contoh hewan karnivora selanjutnya. Chettah mempunyai ukuran tubuh yang dapat dibilang cukup besar yang hampir sama dengan ukuran harimau.

Hewan ini dalam hal mencari mangsa menggunakan cara individu atau sendirian dalam berburu. Cheetah akan berkembang biak di dalam hutan yang sangat luas dan sangat lebat.

Sebab, cheetah ketika di dalam hutan akan mudah dalam mencari makan, karena banyaknya binatang buruan. Cheetah biasanya akan memakan hewan lain seperti, babi, kijang. rusa, dan lain-lain.

6. Beruang

Burung adalah salah satu hewan karnivora yang spesiesnya masih dapat dengan mudah ditemukan di seluruh dunia. Beruang mempunyai ukuran tubuh yang sedang dan ada juga yang berukuran besar.

Indonesia juga memiliki beruang asli dari daerah Bengkulu.

Terdapat ciri khas yang dimiliki hewan satu ini berupa warna hitam disetiap tubuhnya. Ada juga jenis beruang yang memakan tumbuhan, yaitu beruang madu yang banyak tinggal di hutan dekat dengan lahan pertanian warga.

Baca Juga Contoh Hewan Amfibi

7.Musang

Musang merupakan hewan karnivora yang memiliki keunggulan skill yang cukup baik dalam memanjat. Hewan pemakan daging satu ini bahkan dapat hidup ditempat manapun, seperti di hutan, perdesaan, bahkan perkotaan.

Musang mempunyai ukuran tubuh yang kecil jika dibandingkan dengan hewan karnivora lainnya. Hewan ini sangat pandai dalam hal tipu-menipu.

Pada saat posisi mereka tidak memungkinkan, musang akan pura-pura dalam keadaan mati. Saat itu juga musuh musang akan lemah, kemudian ia akan melarikan diri dari musuhnya tersebut.

8. Komodo

Komodo juga termasuk ke dalam contoh hewan karnivora yang merupakan predator endemik dari negara kita Indonesia. Hewan pemakan daging ini dikategorikan sebagai kadal terbesar di dunia.

Komodo juga mempunyai tekstur kulit yang sangat tebal. Hewan karnivora ini dapat mencapai ukuran 3 meter ketika sudah berumur tua.

Kekuatan yang biasanya digunakan oleh komodo terdapat di bagian ekor dan rahang yang sangat kuat. Komodo juga memiliki senjata yang cukup mengerikan, berupa air liur yang mengandung racun.

9. Ular

Ular merupakan salah satu predator yang memiliki banyak sekali spesies. Akan tetapi, ada satu jenis ular yang sangat terkenal dengan sengatan bisanya, yaitu king cobra.

Bisa dari jenis ular tersebut sangat terkenal dengan membutuhkan waktu yang cukup singkat untuk membunuh lawannya. King cobra akan membunuh mangsanya dengan cara menyemprotkan racun ke bagian tubuh mangsanya dengan gigitan.

10. Anjing

Anjing merupakan salah satu hewan yang memiliki spesies tidak kalah banyak jika dibandingkan dengan ular. Anjing juga sama seperti hewan karnivora lainnya, yaitu pemakan daging.

Hewan yang satu ini juga sering dipelihara oleh manusia untuk digunakan sebagai penjaga rumah ataupun memburu binatang lainnya. Selain itu juga, anjing juga termasuk hewan yang memiliki kepandaian lebih jika dibandingkan dengan hewan lainnya.

Anjing juga sering di manfaatkan oleh polisi untuk membantu melacak keberadaan sesuatu, seperti bom, dan lain-lain.

11. Buaya

Buaya termasuk ke dalam hewan pemakan daging jenis reptil yang sangat buas. Habitat buaya umumnya berada di perairan yang sangat tenang, seperti di sungai dan rawa-rawa.

Akan tetapi, tidak semua jenis buaya yang tinggal ditempat yang lembab dan kumuh. Buaya akan memburu mangsanya dengan cara mengintai dari permukaan air.

Buaya mempunyai pergerakan yang sangat cepat saat berada di dalam air, jika dibandingkan dengan hewan-hewan lainnya.

12. Burung Rajawali

Contoh hewan karnivora selanjutnya adalah burung rajawali. Burung rajawali adalah spesies burung yang habitatnya berada di dalam hutan yang masih belum terjamah oleh banyak manusia.

Makanan burung rajawali berupa daging yang spesiesnya banyak di temukan di Benua Eropa, Asia, dan juga Tiongkok.

Burung ini memiliki keunggulan dalam hal terbang. Rajawali dapat bertahan lama saat mereka terbang di udara.

13. Burung Pelikan

Burung pelikan merupakan hewan pemakan daging yang memiliki bentuk sangat unik. Selain unik, juga terdapat ciri khas dari hewan karnivora ini, berupa paruhnya yang sangat lebar dan besar, serta kaki yang panjang.

Burung pelikan juga termasuk ke dalam contoh hewan karnivora atau pemakan daging. Makanan burung ini berupa ikan-ikan kecil yang berada di pinggiran sungai.

Burung jenis ini banyak ditemukan di Benua Afrika dan Eropa. Pada tempat berkembang biakanya, burung pelikan hidup dengan cara membentuk suatu kelompok-kelompok yang sangat banyak.

14. Burung Elang

Burung elang merupakan hewan yang termasuk kategori berdarah panas. Burung elang memiliki kecepatan terbang yang sangat cepat.

Hewan dapat dengan mudah ditemukan di daerah hutan-hutan, seperti daerah Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Burung elang juga merupakan satwa karnivora yang mencari mangsanya di daratan juga perairan.

Namun burung elang lebih sering mencari makan di perairan, sebab salah satu makanan pokoknya adalah ikan.

15. Pinguin

Pinguin juga termasuk hewan karnivora atau pemakan daging, sebab penguin memakan ikan-ikan kecil yang bermunculan di bebatuan es di kutub utara.

Pinguin akan berkembang biak dengan cara berkelompok dengan jumlah yang sedikit. Ada ciri khas dari hewan yang lucu satu ini berupa tempat tinggal yang sangat dingin seperti di kutub utara.

16. Ikan Tuna

Ikan tuna merupakan hewan karnivora yang memiliki spesies sangat banyak di dalam air. Habitat ikan tuna berada di tengah laut pada kedalaman paling dasar.

Ikan tuna memiliki ukuran tubuh yang dapat mencapai 4 meter dan rata-rata berat badan ikan tuna dewasa mencapai 70 hingga 80 kg.

Ikan tuna juga termasuk salah satu predator di dalam habitat laut. Ikan tuna dapat ditemui dalam perairan Korea dan China, sebab habitat asli ikan tuna berada di sana.

Baca Juga Contoh Hewan Mollusca

17. Ikan Hiu

Ikan hiu dapat dikatakan sebagai jenis ikan yang sempurna, sebab memiliki tulang yang lengkap dan tubuh yang ramping. Ikan hiu juga memiliki sangat banyak spesies dan salah satu yang paling terkenal adalah hiu martil.

Hiu martil tersebut memiliki bentuk kepala yang mirip dengan martil, sebab inilah hiu ini disebut hiu martil. Ikan hiu ini banyak tersebar di Asia Tenggara, serta memiliki gigi lancip dan runcing yang berfungsi untuk mengoyak masngsanya.

18. Kucing

Kucing juga dapat dikatakan sebagai hewan karnivora, sebab mereka juga memkan daging-daging ikan  dan lain-lain. Akan tetapi, tidak semua jenis kucing memakan daging, ada juga yang vegetarian.

Hewan satu ini sangat lucu dan juga memiliki bulu-bulu yang halus, tak heran banyak manusia yang memeliharanya. Kucing juga memiliki kemampuan yang cukup lincah jika dilatih berulang kali dan rutin.

19. Ikan Piranha

Contoh hewan karnivora terakhir adalah berupa predator jenis ikan, yaitu ikan piranha. Ikan yang satu ini memiliki habitat di sungai Amazon Amerika Serikat.

Ikan ini memiliki ciri khas berupa warna merah di bagian tubuh bawah dan memiliki gigi riuncing yang sangat tajam.

Ikan piranha sangat terkenal dengan kebuasannya ketika menerkam mangsanya. Ikan ini berkembang biak dengan cara berkelompok dengan jumlah kelompok yang lumayan banyak.

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya berikan tengan pengertian, ciri-ciri, dan contoh hewan karnivora. Semoga dengan sedikit informasi ini dapat membantu dan menambah pengetahuan kalian. Jika ada informasi yang masih kurang lengkap mungkin itu karena keterbatasan pengetahuan yang saya miliki.

Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *