Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

15+ Contoh Hewan Reptil | Pengertian, Ciri, Gambar (Lengkap)

7 min read

Contoh hewan reptil

Contoh Hewan Reptil – di dunia ini terdapat banyak sekali jenis hewan yang mungkin juga sudah kalian ketahui, salah satunya adalah hewan reptil. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan tentang apa itu hewan reptil, serta apa sih ciri-ciri dari hewan ini dan juga akan saya berikan contohnya untuk mempermudah pemahaman kalian.

Jika dari kalian masih ada yang mengerti tentang apa itu hewan reptil, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Oke langsung saja tidak usah menunggu lama, pertama-tama kita masuk pada pembahasan pengertiannya dulu.

Pengertian Hewan Reptil

Pengertian hewan reptil
Ilmunik.com

Mungkin sebagian dari kalian masih banyak yang bertanya-tanya tentang apa sih hewan reptil itu? Pengertian secara singkatnya, reptil adalah hewan yang berjalan dengan cara melata atau merayap.

Istilah reptil sendiri di ambil dari kata “reptans” yang berarti melata atau merayap. Untuk pengertian secara umumnya, reptil adalah kelompok hewan vertebrata berdarah dingin serta memiliki sisik yang menutupi bagian tubuhnya.

Sedangkan untuk pengertian reptilia adalah hewan yang memiliki empat tungkai (tetrapod) dan menghasilkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran yang bernama amniotik. Hewan jenis reptil sendiri mempunyai berbagai ordo yang dapat di golongkan menjadi empat ordo sebagai berikut:

  1. Ordo Testudinata, merupakan hewan reptil besar yang berasal dari bangsa kura-kura. Sekitar 300 spesies tersebar di dunia.
  2. Ordo Crocodila, merupakan ordo hewan reptil yang memiliki ukuran besar dan telah muncul sekitar 83,5 juta tahun yang lalu ketika priode Cretaceous akhir. Ordo ini adalah kerabat dekat dari burung, serta memiliki jumlah spesies sekitar 23.
  3. Ordo Squamata, merupakan ordo yang terdiri dari jenis kadal dan ular. Untuk anggota dari ordo ini dapat dibedakan melalui jenis kulit mereka, dan memiliki spesies sekitar 7.900.
  4. Ordo Rhynchocephalia, merupakan ordo reptil yang mirip dengan kadal dan  spesiesnya hanya berada di negara Selandia Baru. Terdapat dua jenis spesies dari ordo ini yaituTuatara.

Ciri-Ciri Hewan Reptil

ciri-ciri hewan reptil
Ilmunik.com

Nah, pada ketrangan diatas kan sudah saya jelaskan pengertian dari hewan reptil, untuk selanjutnya adalah masuk dalam ciri-cirinya. secara umumnya, hewan reptil memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Semua Reptil Memiliki Sisik (Scales)

Sisik-sisik reptil berupa lempengan keras yang terbuat dari protein yang disebut keratin. Scute merupakan cangkang kura-kura serta kulit buaya yang mirip dengan sisik.

Namun berbeda dengan sisik (scales), scute adalah struktur tulang dan berkembang pada tingkat kulit yang lebih dalam daripada sisik. Akan tetapi, baik sisik ataupun scute sama-sama memberikan perlindungan fisik dan membantu mencegah kehilangan air melalui kulit.

  • Reptil Merupakan Hewan Berdarah Dingin (Ektotermik)

Semua jenis reptil rata-rata berdarah dingin, artinya mereka tidak dapat mengontrol suhu tubuh mereka sendiri. Jenis hewan berdarah dingin harus bekerja dengan lingkungan untuk meningkatkan atau menurunkan suhu tubuh mereka.

Ketika mereka ingin meningkatkan suhu badan, mereka akan berjemur di bawah sinar matahari sebagai upaya untuk menaikan suhu badan. Hal ini juga dapat meningkatkan kecepatan pergerakan mereka ketika suhu tubuh hangat.

Sedangkan jika mereka ingin menurunkan suhu badan, mereka akan pergi ke tempat-tempat yang teduh. Hal ini dilakukan ketika tubuh mereka tidak kuat untuk menahan suhu panas.

  • Kebanyakan Jenis Reptil Adalah Ovipar (Bertelur)

Sebagian jenis reptil adalah termasuk golongan hewan ovipar atau bertelur. Ovipar merupakan perkembang biakan yang di lakukan makhluk hidup di dunia ini dengan cara bertelur. Akan tetapi ada juga jenis reptil yang berkembang biak dengan cara lain.

  • Semua Reptil Bertulang Belakang

Pada umumnya, semua jenis reptil adalah hewan yang memiliki tulang belakang atau yang sering disebut sebagai hewan vertebrata.

Baca Juga Contoh Hewan Ovovivipar

Contoh Hewan Reptil

Berikut ini akan saya berikan contoh hewan reptil dari masing-masing ordo untuk mempermudah pemahan kalian.

Contoh Hewan Reptil Ordo Testudinata

ordo hewan reptil
Ilmunik.com

Ordo Testudinata adaklah salah satu ordo reptill bercangkang keras yang kita kenal sebagai hewan kura-kura. Kura-kura merupakan hewan sangat banyak digemari sebab hewan reptil satu ini dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Selain dari tingkah lakunya yang lucu, kura-kura juga dapat bertahan hidup dalam kurun waktu yang lama. Ada banyak sekali jenis kura-kura di dunia ini, berikut ini akan jabarkan contoh hewan reptil ordo Testudinata.

1. Aligator Snapping Turtle

Contoh hewan reptil pertama dari ordo Testudinata adalah aligator snapping turtle. Hewan yang satu ini tidak cocok untuk dijadikan pelliharaan sebab cukup membahayakan bagi manusia.

Jenis kura-kura ini memiliki rahang yang berguna untuk menyergap mangsanya dan apapun yang mengganggunya. Karena kuatnya gigitan hewan ini, bahkan ranting pohonpun dengan mudah akan terpotong.

Coba kalian bayangkan, ranting pohon yang kuat saja bisa diputuskan apalagi kulit kita yang tipis, pasti akan hancur dengan dagingnya.

2. African Spurred Tortoise

Untuk contoh hewan reptil bercangkang yang satu ini sangat banyak penggemarnya, sebab memiliki karakter lucu dan juga mempunyai bentuk cangkang yang indah. Kura-kura yang satu ini dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan.

Kura-kura ini dapat bertahan hidup hingga umur kurang lebih mencapai 70 tahun. Bukan hanya itu saja, jenis kura-kura ini dapat memiliki berat badan hingga mencapai 100 kg lebih, dengan panjang 80 cm lebih.

3. Red Ear Sllider Turtel

Hewan bercangkang ini sering juga disebut dengan kura-kura Brazil. Jenis reptil bercangkang satu ini tidak asing lagi bagi kita, reptil ini dapat dengan mudah kita temui di setiap pasar toko hewan peliharaan.

Kura-kura ini memiliki ciri-ciri khas, yaitu garis berwarna oren kemerahan yang berada di bagian telinganya atau kepalanya, serta tubuhnya di dominasi warna hijau.

Kura-kura ini juga termasuk reptil yang berasal dari Amerika Selatan dan cukup terkenal di Indonesia.

4. Penyu Hijau

Penyu hijau merupakan contoh hewan reptil yang banyak di buru untuk di jadikan cendera mata. Penyu hijau biasanya hidup secara berkoloni atau berkelompok, serta akan berpindah-pindah tempat selama seumur hidup mereka.

Kurang lebih ada 80 negara di dunia ini menjadi tempat singgah mereka, yang akan mereka jadikan tempat untuk bertelur dan berkembang biak. Indonesia juga termasuk salah satu dari daftar negara tersebut.

Banyak juga perburuan penyu hijau yang dilakukan oleh para nelayan Indonesia untuk di jual dan juga di konsumsi. Hewan reptil yang masih satu ordo dengan kura-kura ini keberadaannya menjadi dilindungi sebab semakin sedikit populasinya.

Contoh Hewan Reptil Ordo Crocodila

Contoh Hewan Reptil Ordo Crocodila
infobaru.id

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, bahwa ordo Crocodila adalah ordo dari keluarga buaya. Buaya adalah jenis reptil karnivora yang biasanya menempati di perairan tenang, yaitu sungai atau rawa.

Tapi ada juga sebagian buaya yang hidup di perairan asin. Berikut ini contoh-contoh hewan reptil dari ordo Crocodile.

1. Buaya Muara (Crocodylus porosus)

Contoh hewan reptil yang pertama adalah buaya muara yang memiliki nama latin Crocodylus porosus. Jenis buaya ini yang banyak di temukan di perairan Indonesia. Jenis buaya ini merupakan yang terbesar dengan memiliki bobot paling berat di antara yang lain.

Buaya muara mempunyai ukuran tubuh yang dapat di katakan paling panjang. Buaya muara juga memiliki penyebaran paling luas jika dibandingkan dengan jenis buaya lain.

Jenis buaya ini dapat ditemukan di negara seperti India, Bangladesh, Kepulauan Fuji, Indonesia, Srilangka, dan Australia. Negara yang paling banyak terdapat buaya muara adalah Australia.

2. Buaya Siam (Crocodylus siamensis)

Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli, buaya siam adalah buaya yang berasal dari daerah Siam. Buaya siam ini dapat ditemukan di negara seperti Indonesia, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, dan Kamboja.

Di negara kita sendiri, buaya jenis ini hanya dapat ditemukan di Pulau Jawa dan Kalimantan. Untuk habitat asli buaya ini adalah sungai dan suka memakan hewan lainnya, seperti ikan, burung atau angsa.

3. Buaya Irian (Crocodylus novagenuinae)

Contoh hewan reptil ordo Crocodylus yang terakhir adalah buaya Irian. Jenis buaya yang satu ini hanya dapat ditemukan di Pulau Irian dan negara Papua Nugini.

Buaya Irian mempunyai ciri tubuh yaitu berwarna gelap dan hitam dengan ukuran tubuh yang kecil jika dibandingkan dengan buaya muara. Serta bagian moncong dari buaya ini meruncing jika dibandingkan dengan buaya muara.

Baca Juga Contoh Hewan Ovipar

Contoh Hewan Reptil Ordo Squamata

Contoh Hewan Reptil Ordo Squamata
Ilmunik.com

Ordo yang satu ini memiliki paling banyak spesies jika dibandingkan dengan ordo-ordo lainnya. Hewan yang termasuk ke dalam ordo ini ada yang sangat buas dan juga berbagai jenis serangga.

Untuk lebih jelasnya berikut ini contoh hewan reptil dari ordo Squamata yang akan saya jabarkan sebagai berikut:

1. Komodo

Contoh hewan reptil dari ordo Squamata yang pertama adalah komodo. Siapa yang tidak mengenal hewan yang satu ini, hewan endemik dari negara Indonesia yang masuk dalam daftar keajaiban dunia.

Komodo memiliki nama lain Varanus Komodoensis juga sering disebut sebagai Comodo Dragon. Kadal raksasa ini sangat dijaga kelestariannya, sebab komodo adalah salah satu contoh hewan reptil yang terbilang sangat langka.

Hewan ini bertempat tinggal di Pulau Komodo Indonesia. Meskipun hewan ini terbilang ganas, akan tetapi masyarakat sangat menghormati keberadaan hewan ini. Masyarakat memperlakukan komodo seperti halnya hewan ternak biasa yang dilepaskan di halaman rumah mereka.

Spesies ini berkembang sekitar 4 juta tahun yang lalu, serta ukuran komodo jantan dewasa mencapai 3 meter dengan berat sekitar 80 kg. Sedangkan untuk betina dewasa hanya memiliki ukuran 2 meter saja dengan berat mencapai 40 kg.

2. Iguana

Iguana adalah salah satu contoh hewan reptil yang dapat melakukan kamufase. Iguana merupakan jenis kadal yang dapat berkamuflase dengan warna di sekitarnya.

Iguana akan berkembang biak di daerah tropis seperti Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibin.

Ciri-ciri khusus yang dimiliki iguana adalah dapat dilihat dari sisik pada bagian punggungnya yang berjajar lurus dari kepala hingga ekor. Slain itu juga, iguana memiliki glambir yang cukup besar di bawah lehernya.

Hewan reptil ini dapat tumbuh dengan panjang mencapai 1.5 meter hingga 1.8 meter. Untuk makanan iguana sendiri adalah berupa kacang-kacangan, buah, dan sayuran.

3. Bunglon

Bunglon juga merupakan contoh hewan reptil yang memiliki karakteristik hampir sama dengan iguana. Kemampuannya dalam berubah warna menjadi senjata andalan yang digunakan untuk memburu serangga.

Selain untuk berkamuflase, warna bunglon yang berubah-ubah juga dapat berupa ekspresi dari suasana hatinya. Misalnya ketika ia merasa terancam dan terganggu, warna bunglon akan berubah menjadi hitam.

Bunglon juga memiliki kemampuan untuk memutar matanya 360 derajat. Kedua bola mata tersebut akan bekerja secara terpisah dan dapat juga bergerak secara terpisah. Tujuannya adalah untuk mempermudah bunglon dalam berburu mangsanya.

4. Ular Weling

Ular weling adalah contoh hewan reptil yang berbisa dengan ciri khasnya berupa warna dan coraknya yang bergaris seperti menggunakan karet gelang. Ular weling memiliki kandungan racun yang sangat berbahaya, jika kalian tergigit hewan ini untuk segera membawa ke rumah sakit.

Sempat ada laporan seorang dokter, bahwa ada seseorang yang terkena gigitan ular ini meninggal dunia 2 jam setelah kejadian. Reaksi dari racun ular ini pada awalnya berupa gatal-gatal dan akan mati rasa dibagian sekitar gigitan.

5. Ular Black Mamba

Tidak jauh dari namanya, ular ini memiliki ciri fisik yang berwarna hitam tulen. Tidak seperti hewan berbisa lain yang mempunyai warna dan motif yang unik, black mamba hanya mempunyai warna hitam polos.

Ular yang satu ini memiliki ukuran panjang tubuh sekitar 2 hingga 3 meter yang dapat menyerang ataupun menggigit dengan kecepatan 16 km/h. Korban yang terkena gigitan ular ini akan lumpuh dalam waktu sekitar 45 menit dan jika tidak secepatnya mendapat perawatan akan menjadi fatal.

6. King Cobra

Jenis reptil yang satu ini sudah sangat melegenda di kalangan masyarakat luas. King cobra memiliki kekuatan racun yang tidak bisa diragukan lagi, sekali terkena gigitan ular ini, akibatnya akan fatal.

Ular jenis ini banyak hidup di kawasan negara Asia Timur hingga Asia Tenggara, termasuk juga Indonesia. Sekali gigitan ular king cobra akan dapat menyuntikkan 200 hingga 500 mg racun.

King cobra memiliki ciri fisik berupa corak di bagian leher yang seolah memiliki dua bola mata besar.

7. Ular Phyton

Contoh hewan reptil yang terakhir adalah ular phyton yang tidak memiliki bisa seperti ular sebelumnya. Ular phyton merupakan contoh dari sebagian reptil jenis ular yang menangkap mangsanya dengan cara melilitnya dan menelannya secara langsung.

Ular yang satu ini dapat tumbuh besar, bahkan ular ini dapat memakan manusia secara langsung. Ular phyton memiliki banyak jenis yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Sedangkan ular phyton yang ada di Indonesia dan sering memakan manusia adalah jenis ular phyton sanca.

Baca Juga Contoh Hewan Mamalia

Contoh Hewan Reptil Ordo Rhynchocephalia

Contoh Hewan Reptil Ordo Rhynchocephalia
bukubiologi.wordpress.com

Untuk ordo yang satu ini hanya memiliki satu spesies saja yaitu tuatara. Tuatara adalah spesies endemik dari negara Selandia baru yang memiliki bentuk seperti kadal yang sudah berkembang selama 200 juta tahun lalu.

Karena hanya memiliki satu spesies saja, menjadikan tuatara sangat di jaga keberadaannya. Sebagai contoh hewan reptil ordo Rhynchocephalia, hewan ini mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar, sekitar 80 cm dengan berat hanya 1.3 kg.

Reptil yang satu ini berbeda dengan kadal, tuatara memiliki dua baris gigi di bagian depan dan beberapa baris gigi di bagian belakang. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tuatara adalah contoh hewan reptil karnivora yang memakan daging.

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan untuk kalian. Semoga dengan sedikit penjelasan ini dapat membantu dan memberikan tambahan pengetahuan bagi kalian. Jika kalian rasa artikel ini masih belum lengkap mungkin itu karena keterbatasan ilmu yang saya miliki, hehe.

Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *