Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

15+ Fungsi Seni Musik Secara Umum Beserta Penjalasan (Terlengkap)

4 min read

fungsi seni musik

Fungsi Seni Musik – Musik merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, sebab dapat membangkitkan emosional jiwa. Kesenian juga termasuk salah satu unsur dari kebudayaan yang dapat dibilang sudah menjadi satu kesatuan dari manusia secara universal.

Oleh sebab itu musik dapat dikatakan memiliki fungsi yang cukup penting bagi kehidupan manusia setiap harinya. Musik juga dapat membuat orang yang mendengarkannya dapat memahami tentang apa yang ingin disampaikan si penciptanya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit informasi tentang berbagai fungsi yang dimiliki seni musik, mulai dari ungkapan emosional hingga meningkatkan integrasi seseorang. Yuk langsung saja masuk ke pembahasan utama kita.

Seni Musik Sebagai Wujud Ungkapan Emosional

Seni musik dapat berfungsi sebagai salah satu media untuk mengekspresikan perasaan emosional manusia. Artinya, kita dapat mengungkapkan perasaan emosional kota dalam bentuk musik, serta para seniman baik pencipta atau pemain musik dapat mengaktualisasi diri sebagai pelaku seni.

Suatu kondisi dan perasaan emosional kita dapat menjadi sember inspirasi untuk menciptakan lagu, entah diungkapkan dalam bentuk lirik, irama atau dalam bentuk komposisi lainnya. Oleh sebab itulah kenapa ada berbagai macam suasana dalam musik, ada yang bertema ceria, hangat, sedih, sepi, seram, dan semacamnya.

Secara garis besarnya, seni musik dapat memunculkan berbagai reaksi psikologis seseorang, antara lain sebagai berikut:

  1. Dapat membuat hilang rasa stres.
  2. Dapat membantu mengatasi kecemasan.
  3. Bisa memperbaiki mood (suasana hati).
  4. Dapat memunculkan perasaan-perasaan yang positif sehingga Anda dapat selalu berfikir jernih (optimis).
  5. Bisa menumbuhkan perasaan tenang dan nyaman.
  6. Dapat menumbuhkan perasaan spiritual.

Fungsi Seni Musik Sebagai Media Hiburan

Awal mulanya, fungsi awal dari seni musik adalah sebagai media hiburan, baik untuk pendengarnya, pemain atau penciptanya. Untuk para musisi, seni musik adalah sebuah media untuk bersenang-senang dan menghibur diri selain sebagai ajang berekspresi.

Di dalam seni musik terdapat berbagai unsur-unsur yang bersifat menghibur, baik dari melodi ataupun liriknya. Seni musik diciptakan oleh komponis dan disampaikan kepada masyarakat dengan tujuan untuk diapresiasi dengan baik serta mendatangkan kepuasan batin bagi penikmatnya.

Oleh sebab itu dapat dikatakan fungsi seni musik adalah sebagai media hiburan yang mampu menghadirkan perasaan gembira kepada pendengarnya. Sebab pada dasarnya, seni musik terdiri serangkaian keindahan suara yang diwujudkan oleh rangkaian nada dan ritme yang harmonis.

Seni musik dapat membuat senang hati pendengarnya dengan irama, bahasa melodi dan keteraturan dalam harmoni musik.

Fungsi Seni Musik Sebagai Media Komunikasi

Salah satu fungsi seni musik dapat dikatakan sebagai media komunikasi, sebab musik yang berlaku di suatu daerah kebudayaan yang mengandung isyarat-isyarat khusus. Isyarat tersebut hanya dapat dipahami oleh masyarakat pendukung kebudayaan tersebut.

Pesan atau isyarat tersebut terdapat pada melodi dan lirik lagu yang mengandung nilai-nilai kepercayaan, kesopanan atau norma-norma yang berlaku. Pada masa lalu, musik banyak digunakan untuk media komunikasi jarak menengah.

Contohnya saja jika suatu upacara telah dimulai, maka akan di bunyikan musik khusus untuk mengundang masyarakat setempat dan sebagai tanda bahwa upacara akan segera dimulai.

Artikel Terkait Musik Kontemporer

Seni Musik Sebagai Pelambangan

Seni musik juga memiliki fungsi sebagai pelambangan sesuatu hal, yang dapat dilihat pada aspek-aspek musik tersebut. Contohnya tempo, jika tempo suatu lagu lambat, maka lirik yang digunakan biasanya menceritakan sesuatu yang menyedihkan, sehingga musik tersebut dapat melambangkan kesedihan.

Selain itu, seni musik juga dapat menjadi lambang suatu negara atau daerah tertentu. Contohnya saja di dalam lagu “Indonesia Raya” yang merupakan lagu kebangsaan dan sebagai simbol Negara Indonesia.

Seni Musik Sebagai Media Pengajaran Norma Sosial

Seni musik juga berfungsi sebagai media pengajaran tentang norma-norma atau aturan-aturan yang berlaku. Pengungkapannya biasanya melalui teks-teks lagu yang berisikan tentang peraturan, yakni sebagai karya cipta yang mengandung nilai-nilai sosial.

Seni musik dapat memberikan kontribusi dalam tatanan hidup masyarakat, baik secara individu atau kelompok.

Seni Musik Sebagai Penghayatan Estetis

Musik termasuk ke dalam sebuah seni, oleh sebab itu karya seni harus mempunyai nilai estetis atau keindahan di dalamnya. Nah, dengan musik kita dapat merasakan keindahan melodi yang dihasilkan musik tersebut.

Seni Musik Sebagai Kesinambungan Budaya

Fungsi seni musik juga dapat digunakan sebagai kesinambungan budaya yang berhubungan dengan norma sosial. Seni musik dalam konteks ini berisikan tenang ajaran-ajaran untuk meneruskan sebuah sistem dalam kebudayaan terhadap generasi selanjutnya.

Setiap negara atau daerah pastilah mempunyai musik tradisional sebagai salah satu ciri khas bebudayaannya. Pada saat orang-orang mendengar musik tersebut, maka mereka dapat langsung mengingat dari daerah mana asal musik tersebut.

Untuk dapat terwujudnya nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ajaran-ajaran tersebut, lirik yang dijalin dalam rangkaian melodi sebuah lagu menjadi suatu hal yang penting. Sebab pesan-pesan yang terkandung di dalamnya sesuai dengan ajaran apa yang ingin disampaikan si pencipta.

Seni Musik Sebagai Pengesahan Lembaga Sosial

Seni musik juga mempunyai peranan penting dalam suatu upacara, bukan lagi sebagai pengiring, namun telah menjadi salah satu unsur penting dan menjadi bagian dalam sebuah upacara. Dalam artian musik adalah sebagai bagian dari simbol peradaban dan kebudayaan dalam kehidupan manusia.

Dalam hal ini, seni musik dapat dijadikan sebagai sebuah identitas dari suatu kebudayaan tertentu sebagai media mempererat persaudaraan dan sebagai sumber komersial yang dapat mendatangkan kesejahteraan bagi penggiatnya. Suatu identitas dari kebudayaan dan peradaban tertentu adalah warisan sejarah secara turun temurun dari para pendahulunya.

Artikel Terkait Pengertian Seni Musik

Seni Musik Menimbulkan Reaksi Jasmani

Dalam permasalahan ini, seni musik seringkali digunakan untuk mengiringi aktivitas ritmik seperti seperti senam, tarian, dan dansa. Seni musik dapat merangsang sel-sel saraf dan membuat para pendengarnya bergerak mengikuti ritme pada alunan musik, yakni jika tempo pada musik cepat, maka gerakannya juga ikut cepat, begitu juga sebaliknya.

Oleh sebab itu, seni musik dapat digunakan untuk mengiringi berbagai kegiatan olahraga seperti senam. Misalnya aktivitas jogging juga akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan sambil mendengarkan musik.

Musik juga mengandung suatu rangsangan kinestik (reakis jasmani) yang mempengaruhi manusia untuk memberi respon, baik secara aktif ataupun pasif. Jenis respon aktif umumnya berupa gerakan-gerakan fisik yang mengikuti ritem musik, sementara respon pasif berupa penghayatan musik secara lebih mendalam.

Seni Musik Sebagai Pengintregrasian Masyarakat

Fungsi seni musik dapat menjadi integritas masyarakat, dalam artian musik dapat memberikan pengaruh dalam proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat. Musik juga dapat mempersatukan masyarakat di dalam sebuah forum musik.

Intergritas yang dimaksud dalam seni musik ini adalah membentuk satu kesatuan yang utuh di dalam masyarakat. Seni musik juga dapat memberikan manfaat sebagai pemupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat, sebab musik dapat menjadi wadah untuk perkumpulan warga atau masyarakat.

Fungsi Seni Musik Sebagai Pengiring Tari

Seni musik juga sering digunakan sebagai pengiring dalam kesenian tari, baik jenis tari tradisional, modern dan lain-lain. Dengan tambahan iringan musik akan terasa nikmat dan lebih nyaman untuk dinikmati, sebab dalam tari terdapat irama sebagai unsur yang penting.

Seni Musik Sebagai Pengiring Upacara

Seni musik juga biasanya digunakan dalam upacara yang sakral, baik untuk pengiring ataupun untuk saat tertentu. Sebab dengan adanya seni musik menambah khidmat jalannya upacara adat ataupun budaya.

Seni Musik Sebagai Media Ekonomi

Seni musik juga biasanya digunakan untuk mencari penghasilan atau nafkah, coba perhatikan para pengamen mencari nafkah dengan musik kan sobat ilmunik? Oleh sebab itu, adanya seni musik dapat memberikan manfaat terutama untuk para seniman yang memang bergelut di bidang tersebut.

Fungsi Seni Musik Sebagai Media Dagang

Seni musik juga dapat berfungsi dalam upaya mempromosikan barang dagangannya untuk dikenal banyak orang. Berbagai iklan di televisi juga membuat konsep seperti ini untuk menarik perhatian para pelanggan.

Seni Musik Dapat Meningkatkan Intelegensi Seseorang

Fungsi seni musik yang terakhir adalah dapat melakukan rangsangan terhadap otak manusia, dimana manusia mempunyai bagian otak sebelah kanan. Otak kanan inilah yang memiliki hubungan dengan kecerdasan, perkembangan artistik dan kratifitas, bahasa, musik, imajinasi, warna, pengenalan diri, sosialisasi dan pengembangan kepribadian.

Berikut ini fungsi musik yang dapat memberikan dampak positif pada:

  1. Daya fikir yang lebih jernih dan tajam.
  2. Dapat menurunkan resiko Alzheimir (kepikunan).
  3. Meningkatkan kemampuan berbahasa.
  4. Dapat meningkatkan kreativitas.
  5. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi seseorang.

Artikel Terkait Pameran Seni Rupa

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya bagikan untuk sobat ilmunik tentang fungsi seni musik. Semoga dengan sedikit informasi ini bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda semua, cukup sekian dan salam dari penulis.

Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *