Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Pameran Seni Rupa | Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Tata Cara (Lengkap)

7 min read

pameran seni rupa

Pameran Seni Rupa – merupakan suatu kegiatan yang menampilkan karya seni rupa untuk diperlihatkan untuk mendapatkan apresiasi oleh masyarakat umum. Dengan adanya sebuah pameran, maka akan menambah pengetahuan para pengunjung tentang sebuah karya seni dan memberikan berbagai tanggapan mereka.

Nah, apakah sobat ilmunik sudah pernah menghadiri sebuah pameran yang ada di daerah ataupun di sekolah dan universitas? Kegiatan pameran sendiri biasanya identik dengan manampilkan berbagai barang atau brand yang banyak digemari, misalnya seperti seni rupa.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan apa itu yang dimaksud dengan pameran tentang seni rupa untuk Anda secara lengkap, mulai dari pengertian dan juga persiapannya. Yuk langsung saja masuk ke pembahasan utama.

Pengertian Pameran Seni Rupa

Pengertian Pameran Seni Rupa
beritamagelang.id

Seperti yang telah sedikit saya jelaskan diatas bahwa pameran seni rupa adalah suatu kegiatan penampilan karya seni rupa untuk masyarakat umum serta dapat diapresiasi. Kegiatan pameran juga diselenggarakan untuk menyampaiakan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas melalui sebuah media karya seni.

Dalam acara ini diharapkan bisa terjadi komunikasi antar perupa yang diwakili oleh masing-masing karya seninya dengan apresiasi. Kegiatan pameran yang ada di sekolahan biasanya menyajikan sebuah materi pameran yang berisi hasil dari belajar siswa  ataupun kegiatan ekstrakulikuler  dan seniman profesional yang dapat di apresiasi oleh warga sekolah.

Pameran seni rupa juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang diselenggarakan oleh para seniman baik perorangan ataupun kelompok untuk dapat menyampaikan gagasan pada masyarakat. Mereka akan menyampaikan gagasan seni rupa sehingga kegiatan tersebut dapat menjadi media untuk komunikasi antara seniman dengan sang apresiator.

Pengertian Pameran Seni Rupa Menurut Para Ahli

Pengertian Pameran Seni Rupa Menurut Para Ahli
jogja.tribunnews.com

Selain pengertian pameran seni rupa secara umum diatas, ada juga pengertian seni rupa lainnya menurut para ahli. Berikut ini pengertian-pengertian tentang pemeran suatu seni rupa:

Myers B

Beliau berpendapat bahwa pameran adalah aktivitas yang menggunakan suatu ruangan untuk memperkenalkan hasil karya seni seperti lukisan, cetakan, ukiran, foto, ataupun karya seni lainnya.

Preble S Dan Duane

Menurut dia, di Amerika kegiatan pameran dikenal sebagai “exhibit” (pamer), sedangkan di Perancis dikenal dengan “exposition atau show” (pameran).

Adi Irwanto

Adi Irwanto berpendapat bahwa pameran adalah suatu cara untuk menyajikan hasil karya seni, baik karya seni 2 dimensi atau 3 dimensi secara visual.

Wikipedia

Menurut sebuah halaman yang dilampirkan oleh wikipedia, bahwa pameran adalah sebuah kegiatan penyajian karya seni rupa, agar dapat di apresiasi oleh masyarakat umum.

Unsur-Unsur Pameran Seni Rupa

Unsur-Unsur Pameran Seni Rupa
dosenpendidikan.co.id

Di dalam sebuah pameran seni rupa haruslah memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Berbagai karya seni rupa yang akan dipamerkan.
  2. Sebuah panel atau sketsel, standart display atau box untuk tempat memajang karya seni yang akan dipamerkan.
  3. Tatanan dekorasi, yaitu perlengkapan untuk menyajikan karya seni agar terlihat lebih indah.
  4. Seperangkat sound system yang digunakan untuk menciptakan suasana nyaman untuk para pengunjung pameran.
  5. Label karya seni yang digunakan untuk menulis identitas (judul, pencipta, teknik dan tahun pembuatan) yang kemudian ditempelkan di dekat karya seni yang sedang dipamerkan.
  6. Katalog, yaitu lembaran petunjuk yang berisikan penyelenggaraan pameran.
  7. Buku catatan yang akan diisi oleh para pengunjung pameran.
  8. Buku pesan atau kesan yang akan digunakan untuk mengetahui tanggapan pengunjung terhadap karya yang dipamerkan.

Artikel Terkait Pengertian Seni Musik

Fungsi Pameran Seni Rupa

Fungsi Pameran Seni Rupa
pojok6.id

Di dalam sebuah pameran karya seni rupa juga memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  • Sebagai Media Edukasi

Pameran karya seni rupa juga mempunyai fungsi untuk mengetahui pentingnya pengalaman batin yang berguna untuk menyeimbangkan kegiatan akal dan pikiran manusia.

  • Sebagai Media Apresiasi

Pameran karya seni rupa diadakan untuk dapat mengeluarkan ide gagasan sang pencipta yang selanjutnya para pengunjung akan memberikan apresiasi atau penilaian terhadap seni yang diciptakan. Di dalam proses apresiasi dapat dibedakan menjadi 2 macam, yakni apresiasi aktif dan apresiasi pasif.

  • Sebagai Media Prestasi

Dengan adanya pameran karya seni dapat menjadi tempat untuk berkompetisi bagi para pencipta seni. Sebab melalui sebuah karya seni, dapat membuat kita tau setinggi apa keaktifan dan kreativitas pencipta sen dalam membuat karya.

  • Sebagai Media Rekreasi

Pameran karya seni rupa juga dapat berfungsi sebagai media untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kejenuhan atas kegiatan atau rutinitas setiap harinya. Baik kebiasaan di sekolah, kerja atau sebagainya yang kebanyakan menguras energi dan pikiran.

Sementara karya seni rupa yang diadakan biasanya adalah kegiatan yang bersifat heterogen, sebab pameran heterogen dapat menampilkan jenis karya yang lebih beragam. Untuk fungsi yang paling utama dari sebuah pameran seni rupa adalah untuk membangkitkan sebuah apresiasi seni pada siswa. Selain itu, dapat juga berfungsi sebagai media komunikasi antara seniman dengan para penonton.

Jenis-Jenis Pameran Seni Rupa

Jenis-Jenis Pameran Seni Rupa
radarmadura.jawapos.com

Di dalam pameran karya seni, terdapat pula jenis-jenisnya antara lain sebagai berikut:

Menurut Jumlah Pesertanya

  • Pameran tunggal, adalah kegiatan pameran yang hanya diselenggarakan secara perorangan atau individu.
  • Pameran kelompok, adalah kegiatan pameran yang biasanya diselenggarakan oleh beberapa seniman atau pengrajin.

Menurut Sifatnya

  • Pameran rutin, merupakan kegiatan pameran yang diselenggarakan pada periode tertentu secara tetap dan berkelanjutan, seperti pentas seni yang dilakukan setiap akhir semester.
  • Pameran permanen, merupakan kegiatan pameran yang diadakan secara terbuka, tetap dan terus menerus.
  • Pameran insidental, merupakan kegiatan pameran yang diselenggarakan dengan cara berkala serta didasarkan atas kebutuhan yang ada. Contohnya pameran kaligrafi untuk menyongsong perayaan Isro’ dan Mi’roj.

Menurut Ragam Jenis Karya yang Diadakan

  • Pameran heterogen, merupakan kegiatan pameran yang menampilkan berbagai jenis karya seni rupa.
  • Pameran homogen, merupakan kegiatan pameran yang menampilkan satu jenis karya seni rupa yang seragam.

Menurut Tempat Berlangsungnya

  • Pameran tertutup, merupakan jenis kegiatan pameran yang berlangsung di dalam suatu ruangan atau gedung.
  • Pameran bergerak, merupakan jenis kegiatan pameran yang diadakan menggunakan alat bergerak, seperti kendaraan atau mobil.
  • Pameran terbuka, merupakan jenis kegiatan pameran yang dilaksanakan di luar ruangan atau tempat terbuka.

Menurut Dimensi Karya Seni Rupa

  • Pameran karya seni rupa dua dimensi

Merupakan kegiatan yang khusus menampilkan karya seni rupa pada bidang datar seperti gambar, lukisan, seni grafis. Karya-karya tersebut hanya bisa dinikmati dari satu arah.

  • Pameran karya seni rupa tiga dimensi

Merupakan jenis pameran yang menampilkan sebuah seni yang mempunyai volume atau kesan ruang yang sebenarnya. Maksudnya adalah karya seni yang memiliki ukuran panjang X lebar X tinggi, serta dapat dinikmati dari berbagai arah.

Tujuan Pameran Seni Rupa

Tujuan Pameran Seni Rupa
liputan6.com

Di dalam pameran sebuah karya seni rupa, bukan hanya diselenggarakan bukan tanpa tujuan begitu saja. Namun juga memiliki berbagai tujuan antara lain sebagai berikut:

  • Tujuan Sosial

Tujuan sosial dalam pameran karya seni rupa mempunyai arti kegiatan pameran seni baik dalam skala besar ataupun skala yang terbatas di sekolah tersebut. Berbagai karya seni yang ditampilkan dapat digunakan sebagai kepentingan sosial.

  • Tujuan Kemanusiaan

Tujuan kemanusiaan dalam hal pameran memiliki perbedaan dengan tujuan kemanusiaan kegiatan pemerintah. Sebab di dalam kegiatan ini mempunyai tujuan untuk kepentingan pembinaan nilai-nilai, pelestarian, dan pengembangan sebuah hasil karya seni yang dimiliki masyarakat.

Jikala pameran memiliki tujuan untuk sosial kemanusiaan, maka dan dari hasil penjualan berbagai karya seni akan digunakan untuk kegiatan kemanusiaan. Contohnya saja ke panti asuhan atau masyarakat kurang mampu serta korban bencana alam.

  • Tujuan Komersial

Tujuan komersial dari pameran ini memiliki hubungan dengan adanya kegiatan yang dapat menghasilkan profit atau keuntungan. Keuntungan tersebut akan didapatkan oleh para seniman dan juga panitia penyelenggara.

Sebuah kegiatan pameran seni akan diselenggarakan dengan tujuan untuk karya yang dipamerkan akan laku terjual. Otomatis akan mendatangkan keuntungan bagi si pemilik karya tersebut.

Manfaat Pameran Seni Rupa

Manfaat Pameran Seni Rupa
liputan6.com

Pameran karya seni rupa juga memiliki berbagai manfaat bagi pengamat, pencipta dan pengunjungnya. Berikut ini manfaat yang ada di dalam setiap pementasan karya seni rupa:

  1. Bisa menumbuhkan dan menambah kemampuan apresiasi terhadap seni rupa.
  2. Bisa melatih diri untuk dapat bekerja sama dengan orang lain.
  3. Bisa menumbuhkan sikap tanggung jawab dan mandiri.
  4. Bisa menambah motivasi.
  5. Bisa menghilangkan rasa stress dan jenuh.
  6. Bisa digunakan sebagai sarana promosi.

Artikel Terkait Fungsi Seni Musik

Perencanaan Pameran Seni Rupa

Perencanaan Pameran Seni Rupa
suarapantau.com

Suatu kegiatan pameran seni rupa harus ada rancangan yang sistematik dan baik supaya waktu pelaksanaan pameran dapat berjalan lancar. Berikut ini akan saya jelaskan untuk sobat ilmunik tentang perencanaan untuk pameran seperti berikut ini:

  • Menentukan Tujuan

Langkah yang paling pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan diadakannya pameran yang akan dilaksanakan nanti apa dan bagaimana. Penyelenggaran kegiatan pameran dapat bertujuan untuk hal kemanusiaan, komersil ataupun edukasi, seperti yang telah saya jelaskan diatas.

  • Menentukan Tema Pameran

Penentuan tema disini adalah berfungsi untuk memperjelas dari tujuan penyelenggaraan pameran, sehingga misi pameran dapat dicapai.

  • Membuat Kepanitiaan

Menyusun kepanitiaan juga diperlukan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pameran karya seni. Untuk penyusunan struktur organisasi kepanitiaan harus disesuaikan dengan tingkat kebutuhan, situasi, dan kondisi sekolah.

Sebuah perencanaan pameran, akan berjalan dengan lancar jika ada pembagian tugas yang jelas.

Berikut ini adalah susunan kepanitiaan pameran karya seni rupa:

  1. Ketua.
  2. Wakil Ketua.
  3. Sekertaris.
  4. Bendahara.
  5. Seksi Sekertaris.
  6. Seksi Usaha.
  7. Seksi Publikasi dan Dokumentasi.
  8. Seksi Stand.
  9. Seksi Pengumpulan dan Seleksi Karya.
  10. Seksi Perlengkapan.
  11. Seksi Keamanan.
  12. Seksi Konsumsi.
  • Menentukan Waktu Dan Tempat

Waktu pelaksanaan pameran juga harus disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran, seperti pada akhir semester atau pada waktu penerimaan raport semester.

  • Menyusun Agenda Kegiatan

Menyusun  agenda kegiatan juga diperlukan dalam sebuah pameran karya seni dalam sebuah tabel dengan mancantumkan komponen jenis kegiatan serta waktu pelaksanaan dan siapa yang bertanggung jawab.

  • Menyusun Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan pameran seni rupa sangat penting, sebab untuk pedoman penyelenggaraan kegiatan tersebut. Bukan hanya itu saja, proposal juga dapat digunakan untuk mencari dan dari pihak ketiga (sponsor) untuk bisa membantu suksesnya kegiatan.

Secara umumnya, isi dari proposal kegiatan pameran karya seni rupa adalah sebagai berikut:

  1. Latar belakang.
  2. Tema.
  3. Nama kegiatan.
  4. Landasan dasar penyelenggaraan.
  5. Tujuan.
  6. Susunan panitia.
  7. Anggaran biaya.
  8. Jadwal kegiatan.
  9. Ketentuan sponsor, dan lain-lain.

Persiapan Pameran Seni Rupa

Persiapan Pameran Seni Rupa
ilmunik.com

Setelah Anda membuat perencanaan kegiatan pameran seni rupa, maka langkah selanjutnya adalah melakukan persiapan konkret. Berikut ini berbagai perisiapan yang harus dilakukan:

  • Menyiapkan Dan Memilih Karya

Langkah pertama adalah dengan mengundang berbagai perupa yang sesuai dengan tema dan memilih karya yang akan dipajang adalah hal wajib dalam pameran. Sebab karya-karya inilah yang menjadi inti dari kegiatan pameran seni rupa.

Untuk pemilihan karyanya sendiri dapat berpatokan terhadap kualitas, jenis karya yang mungkin didisplay di lokasi serta sesuai dengan tema pameran.

  • Menyiapkan Perlengkapan Pameran

Setelah melakukan pemilihan karya, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan dalam pameran. Untuk perlengkapannya sendiri sudah saya jelaskan diatas, seperti ruangan dan lain-lain.

Pelaksanaan Pameran Seni Rupa

Pelaksanaan Pameran Seni Rupa
ilmunik.com

Terdapat berbagai catatan yang cukup penting dalam proses pelaksanaan pameran karya seni rupa yang harus diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Palaksanaan Kerja Kepanitiaan

Waktu pelaksanaan pameran karya merupakan puncak dari implementasi rencana dan persiapan yang sudah dilakukan sebelumnya. Kegiatan pameran akan berjalan dengan lancar jika seluruh panitia dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan baik.

Oleh sebab itu, semua panitia harus mengutamakan kerja sama dengan semua pihak yang terlibat di dalam kegiatan pameran tersebut. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan seperti panitia tidak melaksanakan tugasnya sebab akan menimbulkan dampak bagi seluruh panitia.

  • Mempersiapkan Tata Ruang Pameran

Persiapan penataan ruangan juga diperlukan untuk dapat mengikuti denah yang telah diperiapkan sebelumnya. Berikut ini hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam penataan ruang pameran:

  1. Jenis karya yang mempunyai hue warna kuat, sebaiknya tidak di dekatkan dengan komposisi warna yang lebih rendah atau halus. Hal ini bertujuan untuk karya dengan komposisi warna yang halus tidak terbandingkan dengan karya yang warnanya lebih terang, sehingga nampak lebih pucat.
  2. Jenis karya yang mempunyai komposisi warna ringan sebaiknya tidak diletakkan pada ruangan yang gelap, sebab akan semakin memperlemah visual warnanya.
  3. Dalam masalah pencahayaan tidak boleh menyilaukan mata pengunjung.
  4. Pemasangan karya seni harus hampir sejajar dengan pandangan mata pengunjung, tidak tinggi dan tidak rendah. Hal ini berguna untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.
  5. Pemasangan karya seni rupa harus lebih tinggi dari para pengunjung, oleh sebab itu, condongkan karya ke bawah untuk lebih mudah dilihat.
  6. Coba letakkan beberapa dekorasi penunjang lain, seperti pot bunga, atau instlasi lain.
  7. Coba letakkan jenis karya seni rupa 3 dimensi pada karya yang dapat dikelilingi dari berbagai sudut pandang.
  8. Kelompokkanlah karya berdasarkan ukurannya.
  9. Jangan lupa perhartikan suhu ruangan, pastikanlah ventilasi baik atau gunakan AC jika diperlukan.
  10. Sediakan juga tempat sampah, khususnya ditempat tersedia kudapan.
  • Pembukaan Pameran

Kegiatan pameran biasanya akan dimulai dengan pembukaan pameran yang biasanya ditandai dengan sambutan dari ketua panitia dan lain-lain. Pembukaan kegiatan pameran merupakan seremonial dan pengukuhan bagi seluruh peserta dan juga panitia.

  • Laporan Akhir Kegiatan Pameran

Laporan akhir kegiatan pameran karya seni harus dibuat sejelas mungkin tentang seluruh kegiatan yang sudah berjalan, mulai dari awal hingga akhir. Pameran juga harus berisikan kelemahan dalam penyelenggaraan kegiatan.

Laporan ini berfungsi sebagai bahan evaluasi kegiatan, sehingga kelemahan dan kekurangannya dapat dipelajari untuk menyelenggarakan pameran yang lebih baik.

Artikel Terkait Apresiasi Seni Rupa

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan tentang pameran seni rupa untuk sobat ilmunik. Semoga dapat membantu dan menambah pengetahuan kalian, cukup sekian dan salam dari penulis.

Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *