Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Pengertian Seni Musik, Unsur, Jenis, Manfaat Dan Fungsi (Lengkap)

6 min read

pengertian seni musik

Pengertian Seni Musik – Jika mendengar istilah musik, pastilah tidak asing lagi bagi penduduk Indonesia yang sudah mengalami berbagai masa jenis musik, yakni mulai jenis musik tradisional hingga musik yang kita kenal saat ini. Musik tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan sehari-hari, entah kita sendiri yang memainkannya, ataupun orang lain.

Sebagian orang menganggap jika dengan mendengarkan musik memiliki banyak manfaat, mulai untuk menambah semangat dan juga sebagai saran hiburan semata. Meskipun banyak yang suka menyukai musik, tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang masih belum mengerti secara jelas pengertian seni musik itu sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit membagikan pengetahuan tentang seni musik itu sendiri, dan juga unsur-unsur hingga manfaatnya. Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasan utama.

Pengertian Seni Musik

pengertian seni musik
hamparan.net

Pengertian seni musik secara singkatnya merupakan perpaduan bunyi atau suara yang terdiri dari irama, nada, lagu dan juga keharmonisan yang dihasilkan dari komponen atau alat yang dapat menghasilkan irama. Musik sendiri dapat di golongkan menjadi beberapa jenis fenomena intuisi untuk membuat, memperbaiki dan mempersembahkan.

Selain itu, seni musik juga dapat diartikan berupa sebuah cabang seni yang berfokus pada penggunaan melodi, irama, tempo, harmoni dan vokal yang digunakan sebagai media dalam menuangkan perasaan penciptanya. Seni musik ini akan semakin bertambah dan dapat mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Ada lagi definisi lain tentang seni musik, yakni sebuah seni dari hasil penggabungan nada, suara, melodi, ritme, tempo, dan harmoni dari alat-alat musik beserta vokal. Sedangkan pengertian musik tradisional adalah sebuah cerminan kebudayaan suatu kelompok masyarakat atau suku yang berbeda dalam suatu tempat yang berkembang di wilayah tersebut,

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

pengertian seni musik menurut para ahli
funeralwise.com

Sebenarnya dari berbagai pengertian seni musik diatas antara satu dengan yang lain tidaklah banyak perbedaan, rata-rata semua hampir sama. Untuk menambah referensi Anda, saya juga akan memberikan pengertian seni musik menurut beberapa ahli yang sudah saya kumpulkan. Berikut ini beberapa ahli yang berpendapat tentang pengertian seputar seni musik:

  • David Ewen

Pengertian seni musik menurut David Ewen adalah sebuah ilmu pengetahuan yang menggabungkan antara ritmik dan beberapa nada. Bentuk instrumen dan vokal yang dihasilkan mencakup sebuah melodi dan harmoni. Hal itulah yang merupakan bentuk dari sebuah ekspresi segala sesuatu yang ingin diungkapkan oleh pencipta dari segi emosional.

  • Jamalus

Jamalus berpendapat tantang definisi dari seni musik sebagai suatu hal yang dapat menghasilkan sebuah karya seni berupa bunyi. Dari hasil bunyi itulah yang dapat dibentuk menjadi sebuah lagu atau komposisi yang menunjukan pikiran serta perasaan si penciptanya.

Karya yang dihasilkan terbentuk dari unsur-unsur seni seperti irama, melodi, harmoni, susunan lagu dan ekspresi sebagai suatu kesatuan.
  • Sylado

Pengertian seni musik dari Sylado adalah sebuah wujud yang terbentuk dari sekumpulan ilusi dan lantunan suara. Beliau menjelaskan bahwa suatu alunan musik serta nada yang memiliki jiwa dapat menggerakkan bahkan menggetarkan hati pendengar dan penciptanya.

  • Lexicographer

Lexicographer berpendapat bahwa definisi seni musik adalah suatu ilmu dan seni yang dikombinasikan dengan unsur ritmis dan nada. Seni musik tersebut kemudian dipadukan dengan vokal atau sebuah instrumen yang melibatkan harmoni dan melodi. Dalam seni musik memiliki sebuah tujuan yang berusaha untuk mengungkapkan segala hal, lebih khususnya sesuatu yang memiliki sifat emosional.

  • Suhartjarja

Pengertian seni musik menurut Suhartjarja merupakan sebuah ungkapan rasa yang indah dari manusia dalam sebuah konsep pemikiran yang kompleks. Pemikiran tersebut berikan nada ataupun suara yang mengandung harmoni dan ritme. Selain itu juga memiliki bentuk ruang dan waktu yang dikenal oleh diri manusia dalam lingkungan hidupnya sehingga dapat dinikmati.

Artikel Terkait Alat Untuk Membatik

Unsur-Unsur Seni Musik

unsur-unsur seni musik
wshu.org

Setelah mengetahui pengertian seni musik, selanjutnya adalah mengenal juga unsur-unsur terdapat dalam seni musik yang digabungkan menjadi satu. Dengan adanya unsur seni musik inilah yang akan membuat seni musik dapat dinikmati oleh par pendengar dan penciptanya.

Penggabungan antar unsur seni musik yang ditata dengan sedemikian rupa akan menghasilkan sebuah karya yang sangat luar biasa. Untuk unsur-unsur yang terdapat di dalam seni musik adalah sebagai berikut:

  • Melodi

Melodi adalah perpaduan antara sejumlah nada atau bunyi yang dipilih berdasarkan perbedaan dari tinggi rendah dan naik turunnya. Unsur melodi sendiri terdiri dari tone, durasi dan pitch. Tone merupakan not yang didapatkan dari berbagai macam alat musik dengan bunyi suara yang berbeda-beda.

Sedangkan durasi adalah kumpulan dari not-not yang digabungkan menjadi melodi dalam jangka waktu tertentu. Nah, untuk pitch sendiri adalah suatu yang mengatur not-not serta diberi lambang alfabet yakni A sampai G.

Perlu sobat ilmunik ketahui, bahwa pitch juga sering disebut sebagai timbre atau warna suara.
  • Irama (Ritme)

Irama atau ritme adalah sebuah gerakan yang teratur sebab adanya aksen secara tetap, serta akan menjadi lebih indah karena adanya gabungan perbedaan nilai pada satuan bunyi. Ritem juga dapat dikatakan bahwa berupa ketukan dasar yang mengalir secara teratur mengikuti gerak dari melodi yang bermacam-macam.

Sedangkan untuk dapat merasakan ritme pada sebuah lagu, cara dengan mendengarkan lagu secara berulang-ulang. Pola irama musik merupakan sebuah perasaan yang sangat erat hubungannya dengan gerakan fisik, dan ritme sendiri melekat di benak seseorang jika sering dilatih secara teratur.

  • Birama

Unsur seni musik birama merupakan salah satu unsur yang terdapat dalam musik yang berupa ketukan atau ayunan serta dilakukan secara berulang-ulang dan dilakukan dalam waktu yang sama. Unsur birama sendiri umumnya akan ditulis dalam bentuk angka pecahan, misalnya 2/4, 3/4, 2/3.

Untuk angka pembilang yang terletak diatas garis miring, artinya menunjukan jumlah ketukan. Sementara angka penyebut yang terletak di bawah garis miring menunjukan arti nilai sebuah nada dalam satu ketukan.

Perlu diperhatikan juga, bahwa birama yang memiliki angka penyebut genap dinamakan dengan birama bainar. Sedangkan untuk birama yang memiliki angka penyebut ganjil, maka dinamakan birama ternair.

Pada seni musik, terdapat dua jenis birama, yakni birama perduaan dan birama pertigaan. Birama jenis perduaan bersahaja, yakni birama 2/4 dan 2/8, sementara untuk birama pertigaan bertingkat yakni birama 6/4, 6/8, 9/4 dan 9/8.

  • Harmoni

Unsur seni musik harmoni merupakan suatu hal yang  berhubungan dengan keselarasan bunyi. Unsur harmoni sendiri terdiri dari pernanan, susunan, dan hubungan dari perpaduan bunyi dalam bentuk secara keseluruhan, serta memiliki elemen-elemen yakni interval dan akor.

Interval adalah susunan antara nada-nada yang pada saat dibunyikan secara bersamaan akan terdengar sangat harmonis. Sementara itu, akor akan mengiringi melodi sebuah lagu sebagai satu kegiatan dan nantinya lagu tersebut akan enak untuk didengarkan.

  • Tempo

Tempo merupakan suatu hal yang berhubungan dengan cepat dan lambatnya musik atau lagu. Unsur tempo ini biasanya diartikan sebagai ukuran kecepatan birama pada suatu lagu, dan jika permainan suatu lagu tersebut semakin cepat, maka nilai temponya juga semakin besar.

Unsur tempo sendiri dibagi menjadi 4 macam, antara lain sebagai berikut:

  1. Tempo lambat (largo, adgio, lento, grave).
  2. Tempo sedang (andante, andantino, moderato).
  3. Tempo perubahan (rit,rittad, accel, string).
  4. Tempo cepat (allego, presto, vivace, dan allegreto).
  • Tangga Nada

Tangga nada merupakan urutan atau serangkaian nada-nada yang tersusun secara berjenjang dan diantara nada satu dengan nada lainnya terdapat sebuah jarak tertentu. Untuk jaraknya sendiri bermacam-macam yakni ada yang berjarak 1/2, 1/1, 1/2 dan 2 yang nantinya jarak-jarak inilah yang akan menentukan variasi nada dan tangga nada.

  • Timbre

Unsur terakhir dari seni musik adalah timbre, yakni kualitas bunyi atau warna bunyi yang nantinya akan memberikan sebuah kesan menarik. Timbre di dalam sebuah alat musik akan dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetar bunyi tersebut.

Perlu diperhatikan juga, bahwa timbre yang dihasilakan oleh jenis alat musik tiup akan berbeda dengan timbre yang dihasilkan oleh alat musik petik. Walaupun kedua jenis alat tersebut memainkan nada yang sama.

Artikel Terkait Baju Adat Jawa

Jenis-Jenis Aliran Musik

jenis jenis aliran musik
made-blog.com

Seni musik sendiri memiliki aliran yang berbeda-beda serta mempunyai ciri khasnya tersendiri. Berikut ini aliran seni musik yang ada didunia:

  • Pop

Aliran musik pop adalah bentuk modern dari rock and roll serta mulai terbentuk sekitar tahun 1950-an dan menjadi genre paling populer.

  • RnB

Aliran musik RmB adalah singkatan dari rhythm & blues, serta menjadi genre yang cuku populer berasal dari musik Afrika-Amerika pada tahun 1940-an. Umumnya satu band RnB terdiri dari pianis, satu atau dua gitaris, vokalis, bass, drum, dan saxophone.

  • Rock

Aliran musik jenis rock mulai populer pada tahun 1950-an yang berasal dari rock and roll di Amerika Serikat (AS). Genre musik ini mendapatkan pengaruh dari blues, jazz, klasik dan lain-lain, serta beerfokus pada gitar listrik.

  • Dangdut

Musik dangdut adalah genre musik andalan dari Indonesia yang bentuknya masih berpusat dari Melayu pada tahun 1949-an.

  • Blues

Genre musik ini berasal dari Afrika-Amerika dan muncul pada abad ke-19. Serta ciri khas dari aliran musik ini adalah lirik awal yang terdiri dari 1 baris yang diulang 4 kali.

  • Country

Genre musik ini berasal dari negara Amerika Serikat Selatan di Atlanta dan Georgia pada tahun 1920 yang berciri khas menggunakan instrumen string. Aliran musik satu ini sangat identik dengan koboi dan sangat cocok untuk didengarkan saat melakukan perjalanan jauh dan mangawali hari.

  • Electronic

Aliran musik satu ini sepenuhnya menggunakan teknologi elektronik seperti gitar listrik, telharmonium dan organ hammond.

  • Hip-Hop

Hip-hop merupakan jenis musik yang terdiri dari musik berirama dan bergaya serta biasanya terdapat rap dan vokal ritmis. Untuk vokalisnya biasanya membacakan lirik lagu seperti membaca biasa, akan tetapi dengan ritme tertentu.

  • Jazz

Genre musik ini berasal dari Afrika-Amerika di akhir abad ke-19 dan dikenal mempunyai alunan musik yang merdu serta mendapatkan pengaruh besar dar budaya Afrika Barat dan Eropa.

  • Klasik

Aliran musik klasik berawal dari tradisi musik Barat dan telah ada sejak abad ke-11. Tokoh yang sangat terkenal dari genre musik ini adalah Beethoven dan Johann Sebastian Bach.

  • Reggae

Aliran musik reggae ini terlahir dari Jamaika pada akhir tahun1960-an yang dipengaruhi oleh musik jazz Amerika dan RnB. Salah satu elemennya yang sangat mudah sekali untuk dikenali dari jenis musik ini adalah ritem off beat yang berasal dari gitar atau piano.

Fungsi Dan Manfaat Seni Musik

manfaat dan fungsi seni musik
maxmanroe.com

Setelah mempelajari tentang pengertian seni musik beserta jenis dan unsur-unsurnya, selanjutnya adalah mengetahui fungsi dan manfaat dari seni musik itu sendiri. Berikut ini fungsi dan juga manfaat dari seni musik:

  1. Psikologis, seni musik dapat mempengaruhi jiwa manusia, dapat membangkitkan semangat atau melemahkan semangat, contohnya pada jenis lagu perjuangan dan kebangsaan.
  2. Pendidikan, seni musik dapat digunakan dan sangat penting untuk perantara di dalam dunia pendidikan, contohnya lagu anak-anak.
  3. Sosiologis, seni musik dapat digunakan oleh manusia sebagai teman yang dapat membantu atau untuk perantara dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja lagu jenis lagu bekerja, keagamaan, iringan tari, drama, film, peragaan pakaian, pengobatan, pesta, acara di radio dan tv, serta politik.
  4. Kebudayaan, seni musik juga salah satu hasil dari kebudayaan manusia yang memiliki berbagai nilai seni.
  5. Sejarah, di dalam perkembangan peradaban manusia, musik juga tidak ketinggalan di dalam ikut serta menentukan peradaban manusia pada umumnya.

Artikel Terkait Tari Merak

Penutup

Nah mungkin hanya itu saja penjelasan tentang pengertian seni musik secara umum dan juga menurut beberapa ahli, serta unsur, jenis dan manfaatnya. Semoga dengan informasi yang cukup singkat diatas dapat membantu dan menambah pengetahuan sobat ilmunik semua. Cukup itu saja dan salam dari penulis untuk sobat ilmunik dimanapun Anda berada.

Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *