Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

1001+ Pepatah Jawa Kuno | Kehidupan, Sabar, Cinta, Ilmu (Lengkap)

8 min read

pepatah jawa

Pepatah Jawa –  Masyarakat Jawa mempunyai prinsip hidup yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang bersifat universal. Nilai-nilai luhur yang digunakan para leluhur zaman dulu masih berkembang secara dinamis dan diadaptasi hingga sekarang ini.

Diantara falsafah luhur masyarakat Jawa yang masih di pegang teguh hingga sekarang ini seperti pepatah Jawa atau peribahasa Jawa. Pepatah Jawa kuno masih banyak sekali dicari, sebab memiliki makan yang mendalam dan petuah-petuah hidup, serta nasehat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Memang benar bahwa ajaran para orang terdahulu memiliki nilai-nilai moral dan kebijaksanaan yang tinggi. Berbentuk dalam pola pikir, sikap, dan tingkah laku yang luhur serta berasal dari filosofi terdalam para leluhur. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit tulisan untuk sobat ilmunik tentang pepatah Jawa kuno beserta artinya.

Oke, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama.

Contents

Pepatah Jawa Kuno Tentang Kehidupan

Pepatah Jawa Kuno Tentang Kehidupan
Ilmunik.com

Suku Jawa memang banyak dikenal sebagai suku yang ramah dan pekerja keras, yang diajarkan secara turun temurun oleh nenek moyang. Menjalani kehidupan di dunia ini dengan penuh motivasi terkadang tidaklah mudah.

Pasti ada saja beban hidup yang datang menghampiri kita disetiap harinya yang akan membuat patah semangat. Berikut ini adalah kumpulan pepatah Jawa kuno beserta artinya tentang kehidupan yang akan membuat Anda lebih semangat menjalani kehidupan setiap harinya:

1. Ana Dina, Ana Upa (Ada Hari, Ada Nasi)

Selama manusia masih mau bekerja dengan tekun, pasti akan mendapatkan rezeki (sesuap nasi).

2. Ngunduh Wohing Pakerti (Memetik Buah Perbuatan Sendiri)

Sama seperti petani, apabila menanam padi pada suatu saat nanti akan memanen padi, bukan jagung. Pepatah ini adalah kiasan bagi orang yang melakukan perbuatan buruk pasti akan mendapatkan balasannya, begitu juga sebaliknya.

3. Kebo Gupak Ajak-Ajak

Pepatah ini adalah peringatan bagi orang yang memiliki sifat dan perbuatan buruk, pasti akan suka mengajak orang lain mengikuti perbuatannya. Oleh sebab itu, jauhilah orang seperti itu jangan terlalu dekat dengannya.

4. Anak Polah, Bapa Kepradhah

Pepatah ini adalah peringatan untuk orang tua agar bertanggung jawab terhadap kehidupan anaknya. Orang tua harus melakukan pertimbangan dengan cermat permintaan si anak, tentang baik buruk dan manfaatnya agar tidak menimbulkan permasalahan dalam keluarga.

5. Nabok Nyilih Tangan

Pepatah ini adalah kiasan untuk orang licik yang tidak berani menghadapi musuhnya secara terbuka, akan tetapi meminta bantuan dari orang lain secara sembunyi-sembunyi.

6. Kekudhung Walulang Macan

Perumpamaan orang yang berusaha mencapai keinginannya dengan menggunakan pengaruh dari penguasa atau orang yang ditakuti masyarakat.

7. Becik Ketitik, Ala Ketara

Saran untuk siapa saja yang tidak takut berbuat baik. Walaupun pada awalnya belum kelihatan, namun suatu saat akan menemukan makna dan dihargai. Serta jika berbuat buruk, sepandai-pandainya menyembunyikan akhirnya akan ketahuan.

8. Emban Cinde, Emban Siladan

Pepatah yang banyak ditunjukan pada orang tua agar tidak membeda-bedakan perhatiannya terhadap anak ataupun rakyat bahawannya. Yang disenangi kemudian diberikan kemudahan, sedangkan yang tidak disukai terus-menerus disakiti.

9. Kegedhen Empyak Kurang Cagak

Pepatah ini adalah bentuk gambaran dari orang yang berbuat sesuatu melebih daya kemampuannya. Dengan memaksakan kehendaknya, sebagaimana disebutkan rumah yang atapnya terlalu besar dengan sedikit tiang. Besar kemungkinan rumah atau cita-citanya tidak dapat terwujud.

Contohnya terwujud (rumah bisa berdiri), konstruksi bangunannya akan rapuh dan mudah roboh menimbulkan masalah baru.

10. Ngono Ya Ngono, Ning Aja Ngono

Pepatah ini adalah peringatan untuk orang yang berbuat berlebihan, sehingga mengakibatkan permasalahan baru atau mengganggu orang lain. Misalnya, boleh saja menagih hutang yang lama tidak dibayar orang lain, namun jangan semata-mata dilakukan di depan umum sebab akan membuat malu orang yang ditagihnya.

11. Tuna Satak Bathi Sanak

Arti dari pepatah Jawa ini adalah seorang pedagang yang menyadari bahwa laba bukan segala-galanya akan mengurangi sedikit laba yang diperoleh. Sehingga para pembeli akan merasa senang sebab harga barang lebih murah dari pedagang lainnya.

12. Dudu Sanak Dudu Kadang, Yen Mati Melu Kelangan

Pepatah Jawa kuno tentang kehidupan ini adalah ungkapan terhadap jasa seseorang yang cukup besar bagi masyarakat. Oleh sebab itu, ketika orang tersebut meninggal dunia semua akan merasa kehilangan atas kepergiannya untuk selamanya.

13. Rawe-Rawe Rantas, Malang-Malang Putung

Artinya adalah semboyan untuk menghapuskan kezaliman yang mencengkeram masyarakat. Apa saja yang dihadapi akan dilawan sebab sudah diluar batas kemanusiaan.

14. Cegah Dhahar Lawan Guling

Arti pepatah Jawa ini adalah model puasa (menahan hawa nafsu) yang melengkapi kehidupan sehari-hari agar cita-cita terkabul dan kehidupan menjadi lebih baik.

15. Janma Tan Kena Ingina

Salah satu peringatan bahwa orang dapat saja berbeda antara isi dan penampilan luarnya. Apabila dilihat dari penampilannya mungkin akan salah, sebab banyak orang yang suka menyembunyikan kemampuan yang jauh berbeda dengan apa yang diperlihatkan.

16. Sadumuk Bathuk, Sanyari Bumi, Ditohi Pati

Mengandung gambaran sikap laki-laki Jawa dalam mempertahankan kehormatan dan harga diri suami (dan istrinya) sekaligus dalam mempertahankan tanah air sebagai warga negara. Pepatah ini berarti kepemilikan perempuan (istri) dan tanah (tempat tinggal) wajib untuk di pertahankan dengan darah.

17. Kaya Kali Ilang Kedhunge, Pasar Ilang Kumandange

Mengandung gambaran situasi serta kondisi zaman pada saat adat kebiasaan dan tradisionalisme mulai menghilang. Kemudian digantikan dengan nilai-nilai budaya bari yang belum sepenuhnya dimengerti oleh masyarakat.

18. Sadawa-dawane Lurung Isih Dawa Gurung

Pepatah ini menggambarkan manusia yang suka menyebarkan informasi (berita) dari mulut ke mulut hingga dalam waktu singkat cepat menyebar ke berbagai kalangan.

19. Angkara Gung Ing Angga Anggung Gumulung

Pepatah ini mengingatkan bahwa nafsu pada diri manusia setiap saat bisa bergejolak dan tidak dapat terbendung lagi. Oleh sebab itu diperlukan kewaspadaan dan cara yang tepat untuk mengendalikannya.

20. Golek Banyu Apikulan Warih, Golek Geni Adedamar

Mengandung arti jika mencari kebaikan bisa ditemukan apabila berbekal kebaikan juga. Mencari kebaikan dari orang lain juga harus memberikan kebaikan terlebih dulu kepada mereka, sebab tidak mungkin jika kita berbuat buruk (jahat) akan dibalas dengan kebaikan.

21. Aja Rumangsa Bisa, Nanging Bisao Rumongso

Menggambarkan bahwa merasa bisa adalah sifat yang tidak terpuji sebab dinilai sebagai manifestasi kesombongan, hasil kerjanya juga tidak sebaik yang dikatakan. Sementara bisa merasa atau dapat menggunakan perasaan adalah sifat yang baik, sebab merupakan landasan sikap tenggang rasa antar sesama.

22. Yen Wani Aja Wedi-Wedi, Yen Wedi Aja Wani-Wani

Merupakan peringatan supaya dalam bertindak jangan setengah-setengah. Maka orang harus berani dan dapat mengukur kemampuan diri sendiri sebelum melakukan tindakan.

23. Adigang, Adigung, Adiguno

Artinya ialah orang yang mengandalkan kekuatan, kedudukan dan kepandaiannya. Maka penting bagi kita untuk mempunyai kekuatan, kepandaian dan kedudukan, akan tetapi jika tidak bisa mempunyai ketiganya, paling tidak memiliki salah satu saja.

Baca Juga Aksara Jawa

Pepatah Jawa Tentang Sabar

Pepatah Jawa Tentang Sabar
Ilmunik.com

Setelah bagian pepatah Jawa tentang kehidupan, selanjutnya pada bagian ini berisikan pepatah Jawa tentang sabar. Memang orang Jawa terkenal sabar dan sopan santun dalam kehidupan bermasyarakat, serta masih menjunjung nilai tradisional.

Berikut ini adalah kumpulan pepatah Jawa kuno tentang sabar

1. Angon Mangsa

Mencari waktu yang tepat atau baik adalah arti dari pepatah Jawa kuno satu ini. Menjadi seorang yang bijak adalah penting, sebab orang bijak mengetahui kapan ia bertindak dan melakukan hal yang diperlukan.

2. Rila Lamun Ketaman, Kelangan Ora Gegetun

Pepatah ini adalah gambaran dari sikap tegar dan sabar dalam mengarungi kehidupan. Semua sikap dan perbuatan akan dipertimbangkan secara sungguh-sungguh, termasuk hal-hal yang tidak menyenangkan. Sehingga akan cepat bangkit dan memikirkan hal-hal positif daripada menyesali apa yang sudah terjadi.

3. Alon-Alon Waton Kelakon

Peribahasa orang Jawa satu ini adalah lebih mementingkan tercapainya tujuan, walaupun membutuhkan waktu lama.

4. Obah Ngarep Kobet Mburi

Arti dari peribahasa ini adalah berusaha dulu baru kemudian bersenang-senang. Sama halnya di dalam peribahasa Indonesia yang berbunyi “berakit-rakit kehulu berenag-renang ketepian” yang artinya bersakit-sakit dahu berserang-senang kemudian.

5. Jer Basuki Mawa Bea

Untuk mencapai cita-cita yang diinginkan maka memerlukan biaya. Biaya pada pepatah ini diartikan sebagai pengorbanan dan kerja keras, maka tidak mungkin orang meraih impiannya dengan mudah.

6. Jembar Segarane

Pepatah ini memiliki arti berjiwa besar memaafkan, maka jadilah manusia yang berjiwa besar dan dapat memaafkan kesalahan setiap orang. Dengan cara inilah orang lain akan mudah juga memaafkan kita apabila melakukan kesalahan.

7. Ojo Leren Lamun Durung Sayah

Arti pepatah ini adalah jangan berhenti sebelum kamu merasa capek. Pepatah ini memberikan pengajaran kepada kita bahwa harus tetap berusaha dan jangan pernah berhenti.

8. Ojo Miliki Barang Kang Melok, Ojo Mangro Mundak Kendo

Artinya adalah jangan tergiur dengan yang terlihat indah, jangan mendua agar tetap semangat. Yang terlihat menggoda dan indah belum tentu baik untuk kita. Oleh sebab itu jangan sampai kita mendua supaya kita tetap semangat.

9. Utha-Uthu Nggoleki Selane Garu

Peribahasa ini memiliki arti semangat seseorang yang terus berjuang tanpa lelah dan tidak malu dalam usaha mencari rezeki melalui pekerjaan apapun yang ada di sekitarnya, yang penting halal.

Pepatah Jawa Lucu

Pepatah Jawa Lucu
Ilmunik.com

Suku Jawa tidaklah semua serius, pastinya ada selingan lucunya lo sobat ilmunik. Masyarakat Jawa Timur malah terkenal dengan leluconnya yang khas dan lucu, hal ini terbukti dari kesenian ludruk yang berasal dari Jawa Timur.

Berikut ini adalah kumpulan pepatah Jawa kuno lucu:

  • 1. Dosa Sing Paling Nyedehne Niku Dosambat Ora Duwe Duit

Artinya adalah dosa yang paling menyedihkan itu adalah mengeluh tidak memiliki uang.

  • 2. Nek Ngomong Ojo Manis-Manis, Mundak Cangkeme Dirubung Semut

Arti pepatah Jawa lucu ini adalah kalau berbicara janganlah manis-manis, nanti mulutnya dikerumuni semut.

  • 3. Witing Tresno Jalaran Soko Sering Diajak Dolan Rono-Rono

Artinya adalah cinta tumbuh dari seringnya diajak jalan kesana-kemari.

  • 4. Untung Atiku Iki Digawe Gusti Allah, Nek Gaweane Menungso Wes Remuk Ket Wingi

Artinya adalah untung hatiku dibuat oleh Allah SWT, kalau buatan manusia sudah hancur dari dulu.

  • 5. Kadang Mripat Iso Salah Ndelok, Kuping Iso Salah Krungu, Lambe Iso Salah Omong, Tapi Babakan Ati Ora Bakal Iso Diapusi

Artinya adalah terkadang mata dapat salah melihat, telinga dapat salah mendengar, mulut dapat salah mengucap, akan tetapi hati tidak bisa dibohongi dan membohongi.

  • 6. Urip Iku Akeh Cobaan, Yen Akeh Saweran Iku Jenenge Dangdutan

Artinya adalah hidup itu banyak cobaannya, apabila banyak saweran itu namanya dangdutan.

  • 7. Urip Iku Koyo Kopi Asli, Nek Gak Iso Nikmati Rasane Pait

Artinya adalah hidup seperti kopi asli, apabila tidak bisa menikmati, rasanya akan pahit.

  • 8. Ora Usah Sepaneng, Mending Digawe Seneng-Seneng

Artinya adalah tidak usah tegang, lebih baik dibuat senang-senang saja.

Baca Juga Suku Jawa

Pepatah Jawa Tentang Cinta

Pepatah Jawa Tentang Cinta
Ilmunik.com

Orang Jawa bukan hanya bisa dalam hal lelucon, namun orang Jawa juga memiliki pepatah dalam hal percintaan. Pastinya pepatahnya romantis dan yang tidak kalah pentingnya, tentu mengandung arti dan makna yang sangat bagus dalam hal percintaan.

Berikut ini adalah pepatah Jawa kuno tentang cinta:

  • 1. Witing Tresno Jalaran Soko Kulino, Witing Mulyo Jalaran Wani Rekoso

Artinya pepatah Jawa tentang cinta ini adalah cinta tumbuh sebab adanya kebiasaan, kemakmuran itu tumbuh sebab berani berusaha terlebih dahulu.

  • 2. Akeh Manungso Ngrasakake Tresno, Namung Lali Lan Ora Kenal Opo Iku Hakikate Tresno

Artinya banyak manusia yang merasakan cinta, akan tetapi tidak kenal apa yang dimaksud hakikat cinta.

  • 3. Iso Nembang Gak Iso Nyuling, Iso Nyawang Gak Iso Nyanding

Artinya adalah bisa menyanyi tidak bisa bermain seruling, bisa melihat tidak bisa mendampingi.

  • 4. Kowe Kuwi Koyo Bintang Sing Indah Didelok, Nanging Susah Kangge Pendet

Artinya adalah kamu itu seperti bintang yang indah dilihat, namun susah untuk didapat.

  • 5. Arek Lanang Kuoso Milih, Arek Wedok Kuoso Nolak

Artinya adalah anak laki-laki bebas memilih, anak perempuan bebas menolak.

Pepatah Jawa Tentang Ilmu

Pepatah Jawa Tentang Ilmu
Ilmunik.com

Mencari ilmu tidak hanya Anda lakukan di sekolah formal atau bimbingan belajar saja. Di dalam kehidupan juga akan mengajarkan Anda pelajaran hidup dan petuah yang bijak serta pengalaman yang tidak akan didapatkan di sekolah formal.

Berikut ini adalah kumpulan pepatah Jawa tentang ilmu:

1. Ngelmu Iku Kelakone Kan Thi Laku

Pepatah Jawa tentang ilmu ini memiliki arti menurut pandangan Jawa, ngelmu (menjadikan ilmu itu perilaku). Penyerapan kata ini memerlukan kekuatan indera batin dan penghayatan pribadi, bukan dengan aktivitas otak atau pikiran saja.

2. Durung Punjul Keselak Juju, Durung Pecus Keselak Besus

Peribahasa ini adalah sindiran bagi orang yang ingin dirinya terlihat lebih menonjol baik dalam ilmu ataupun keterampilan. Pada kenyataannya, dia belum menguasai ilmu dan keterampilan tersebut.

3. Sinau Maca Mawi Kaca, Sinau Maos Mawi Raos

Artinya adalah belajar membaca dengan cermin, belajar membaca dengan rasa. Peribahasa ini bisa diartikan sebagai hati kita berfungsi sebagai cerminan untuk memantulkan perasaan orang lain. Sementara belajar membaca menggunakan rasa adalah belajar untuk menemukan makan kehidupan yang lebih luas.

4. Gagal Niku Kuncine Sukses, Ben Kegagalan Iku Ngajari Kene Ilmu

Artinya adalah kegagalan kunci kesuksesan, setiap kesalahan akan mengajarkan kita ilmu.

5. Laku Ing Sasmita, Amrih Lantip

Artinya ilmu tanpa iman akan menjadi buta. Sedangkan ilmu yang bermanfaat harus di kuasai secara lahir batin agar bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

6. Adab Lan Ilmu  Iku Sejatine Podo Pentinge Gawe Ngumber Urep Ing Dunyo

Artinya adab adalah akar dari ilmu, maka tanpa adab ilmu yang dimiliki bisa saja tidak bermanfaat untuk kebaikan orang lain.

7. Pondasine Sukses Iku Integritas, Yakin, Amanah, Karakter Sing Mulya, Tresno Setia

Artinya adalah pondasi kesuksesan ialah integritas, keyakinan, amanah, karakter, cinta dan setia.

8. Sukses Lan Gagal Iku Bagian Tekan Urip, Ojo Leren Lan Dilakoni Terus Nganti Sukses

Artinya adalah sukses dan gagal ialah bagian dalam kehidupan, jangan menyerah dan jalani hingga sukses.

9. Kebo Nysus Gudel

Artinya adalah tidak ada yang salah jika orang lebih tua meminta petunjuk atau diajari oleh yang lebih muda.

10. Kebo Sapi Dikeluhi, Uwong Dikandani

Artinya adalah apabila kerbau atau sapi melakukan suatu perlu dicambuk, lain lagi dengan orang atau pribadi manusia yang hanya diajak berbicara saja untuk bertindak.

11. Kegedhen Endas Kurang Utek

Artinya adalah orang pandai bukan hanya soal intelegensi saja, namun pandai dalam menempatkan dirinya serta pandai membaca situasi yang terjadi.

12. Sukses Niku Amergo Sampurnone, Golek Gawe, Sinau, Setia Lan Tekun

Arti dari peribahasa Jawa tentang ilmu ini adalah hasil dari kesempurnaan, kerja, loyalitas dan ketekunan.

Baca Juga Cerita Rakyat Jawa Barat

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan untuk sobat ilmunik tentang pepatah Jawa. Semoga dengan sedikit penjelasan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan kalian, cukup sekian dan salam dari penulis.

Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *