Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Perbedaan Etika Dan Moral | Pengertian, Jenis, Contoh (Lengkap)

5 min read

perbedaan etika dan moral

Perbedaan Etika dan Moral – Tidak sedikit orang yang masih belum mengerti lebih dalam tentang perbedaan antara kata etika dan moral. Sesungguhnya etika dan moral memiliki sedikit kesamaan arti, sedangkan untuk pemakaiannya di dalam kehidupan sehari-hari ada perbedaan.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang semua perbedaan yang ada diantara dua kata ini, mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis, dan contohnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah penjelasan tentang etika dan moral.

Pengertian Etika Dan Moral

pengertian etika dan moral
Ilmunik.com

Seperti yang telah sedikit saya singgung diatas, bahwa sebenarnya etika dan moral memiliki kesamaan dalam hal arti, namun di dalam penggunaannya di kehidupan sehari-hari memiliki perbedaan. Etika lebih berfokus ke  cabang filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas, sementara moral lebih ke perilaku yang diterapkan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini pengertian etika dan moral, antara lain:

Pengertian Etika

Pengertian etika secara singkat adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai. Bisa juga dikatakan sebagai kualitas yang menjadi studi berhubungan dengan standar dan penilaian moral.

Selain itu, etika juga meliputi analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk dan rasa tanggung jawab seseorang.

Pengertian Moral

Pengertian moral merupakan suatu hukum perilaku yang digunakan kepada setiap orang dalam bersosialisasi dengan sesama sehingga menimbulkan rasa hormat dan menghormati antar sesama.

Selain itu, moral bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan prinsip-prinsip perilaku seperti akhlak, budi pekerti dan mental yang membentuk karakter seseorang. Sehingga orang tersebut bisa memberikan nilai tentang hal yang baik dan buruk.

Ciri-Ciri Etika

Ciri-Ciri Etika
Ilmunik.com

Terdapat beberapa ciri-ciri yang digunakan untuk menjadi pembeda antara etika dengan jenis norma lainnya, antara lain:

  1. Norma ini sifatnya absolut atau mutlak.
  2. Etika akan tetap berjalan meskipun tidak ada orang yang melihatnya.
  3. Etika sangat berhubungan erat dengan tindakan atau perilaku manusia.
  4. Pada etika, terdapat sudut pandang yang dilihat dari sudut pandang batin manusia.

Baca Juga Perbedaan Saran Dan Prasarana

Jenis Jenis Etika Dan Moral

Jenis-Jenis Etika Dan Moral
Ilmunik.com

 

Etika dan moral juga memiliki jenis yang berbeda-beda, antara lain sebagai berikut:

Jenis Jenis Etika

  • Deskriptif

Etika deskriptif merupakan sebuah etika yang memberikan gambaran atau ilustrasi tentang tingkah laku dari seseorang yang bisa dilihat dari nilai-nilai baik atau buruk.

  • Normativ

Etika normativ adalah sebuah etika yang berkaitan dan mempelajari tentang ukuran baik ataupun buruknya tindakan yang dilakukan oleh seseorang terhadap orang lain.

  • Etika Umum

Merupakan sebuah etika yang membahas tentang macam-macam hubungan atau kondisi dari seseorang untuk berperilaku secara etis dalam mengambil berbagai macam aspek kebijakan berdasarkan teori-teori moral.

  • Etika Khusus

Pada umumnya, jenis etika khusus dibagi lagi menjadi 3 macam, antara lain:

1. Sosial, adalah salah satu etika yang dilakukan seseorang dan harus bertanggung jawab terhadap sosial ataupun hubungan yang terjadi antar sesama umat manusia di dalam aktivitas yang dilakukan setiap hari.

2. Individu, merupakan sebuah tingkah laku yang lebih menekankan dalam hal kewajiban manusia sebagai pribadi yang baik.

3. Etika terapan, merupakan sebuah tingkah laku yang digunakan di dalam sebuah profesi seseorang  yang berperilaku baik.

Jenis Jenis Moral

  1. Ketuhanan, merupakan semua hal yang berhubungan dengan keagamaan berdasarkan ajaran agama tertentu.
  2. Ideologi, merupakan semua hal yang berhubungan dengan semangat kebangsaan kepada cita-cita bangsa dan negara.
  3. Kesusilaan, merupakan semua hal yang berhubungan dengan kesusilaan yang dijunjung tinggi oleh masyarakat.
  4. Disiplin dan Hukum, merupakan semua hal yang berkaitan dengan kode etik dan hukum yang sedang berlaku.

Perbedaan Etika Dan Moral

Tabel perbedaan Etika Dan Moral
Ilmunik.com

Setelah mengetahui tentang pengertian dan jenis-jenisnya, selanjutnya kita masuk ke dalam pembahasan perbedaan etika dan moral. Berdasarkan etimologi, etika dan moral pada dasarnya mempunyai arti yang sama, atau bisa dikatakan sebagai sinonim.

Perbedaan etika dan moral ini awalnya hanya dilihat dari asal katanya, yang mana satu berasal dari bahasa Latin dan satunya berasal dari kata moralis, mos, moresatau yang memiliki arti adat atau kebiasaan.

Kata mores sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani artinya adalah ethikos, yang merupakan asal kata lebih dahulu ada dari moralis. Untuk lebih mudah dalam memahaminya, berikut ini adalah berbagai perbedaan etika dan moral, antara lain:

  • Perbedaan etika dan moral bisa dilihat berupa moral merupakan etika mutlak yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Sedangkan etika ialah tidak mutlak, namun lebih baik jika manusia memilikinya.
  • Etika masih kurang cocok jika dikatakan untuk seseorang melakukan perbuatan baik, sebab etika adalah sebuah studi. Sedangkan moral lebih tepat, sebab lebih mengarah ke sifat manusia.
  • Etika bersifat normatif-sistematis (filosofis), sedangkan moral sifatnya normatif-imperatis. Hal ini juga bisa menjadi perbedaan etika dan moral yang mudah untuk dilihat.
  • Pada umumnya, masyarakat kelas menengah mempunyai moral, namun jarang memperhatikan etika. Etika umumnya hanya dipikirkan oleh pemerintahan khususnya misalnya DPR dan lain-lain. Oleh sebab itu mereka membuat peraturan, dalam hal ini juga bisa masuk ke dalam perbedaan etika dan moral yang cukup mudah dipahami.

Baca Juga Perbedaan Simpati Dan Empati

Tabel Perbedaan Etika Dan Moral

Perbedaan Etika Dan Moral
Ilmunik.com

 

Untuk mempermudah lagi pemahaman sobat ilmunik semua tentang perbedaan etika dan moral, berikut ini saya akan memberikan gambarannya dalam bentuk tabel.

NOEtikaMoral
1Istilah etika berasal dari bahasa Yunani, yakni Ethikos yang berarti sebuah kebiasaan, adat dan watak seseorang.Istilah moral berasal dari bahasa Latin yakni Moralis yang artinya karakter, tata cara, dan perilaku tepat.
2Etika adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari tentang baik buruknya tingkah laku seseorang.Moral bisa disebut sebagai ilmu pengetahuan atau wawasan yang masih ada hubungannya dengan budi pekerti seseorang.
3Etika berasal dari diri sendiri (individu pribadi) atau dari orang lain (komunitas), lembaga kelompok.Moral berasal dari norma yang berkembang di masyarakat dan budaya.
4Etika adalah cabang ilmu yang sifatnya filosofis.Moral mempunyai sifat yang sangat praktis.
5Konsep yang digunakan etika adalah cerminan dari moral.Konsep yang digunakan oleh keyakinan tentang suatu hal dengan baik dan benar.
6Etika tidak wajib diikuti oleh moral.Moral selalu memiliki hubungan dengan .etika
7Berlandaskan hanya dari sebuah akal dan pikiran pribadi atau kelompok yang menilai benar tidaknya sesuatu hal.Hanya berlandaskan berdasarkan keyakinan dari masyarakat tentang hal yang benar dan yang salah.
8Tetap konsisten dan terus menerus terhadap suatu golongan kelompok atau kelas.Konsisten akan keberadaannya di dalam lingkungan masyarakat tertentu.

Contoh Etika Dan Moral

Contoh Etika Dan Moral
Ilmunik.com

Setelah mengetahui perbedaan etika dan moral, saya juga akan memberikan sedikit contohnya untuk kalian. Berikut ini adalah contoh dari etika dan moral yang mudah dipahami, antara lain:

Contoh Etika

Contoh etika merupakan hal yang sangat umum dan menjadi kebiasaan di kehidupan bermasyarakat, antara lain:

  • Mengucapkan salam ketika bertamu atau memasuki rumah

Contoh etika satu ini sudah diajarkan sejak dulu hingga sekarang ini. Oleh sebab itu, seseorang yang tidak mengucapkan salam ketika bertamu akan dianggap tidak beretika.

  • Izin dan mencium tangan kedua orang tua ketika hendak pergi

Meminta izin dan mencium tangan kedua orang tua ketika hendak melakukan kegiatan. Bukan hanya dipraktikkan oleh seorang anak yang masih duduk di bangku sekolahan, tetapi juga dilakukan oleh seseorang yang akan berangkat kerja.

  • Membuang sampah pada tempatnya

Etika membuang sampah pada tempatnya ini sudah diajarkan sejak dulu hingga sekarang ini. Akan tetapi masih banyak anak yang melanggar etika ini dengan tidak membuang sampah di tempatnya.

  • Meminta maaf apabila melakukan kesalahan

Melakukan tindakan meminta maaf atas kesalahan yang telah dilakukan merupakan etika sangat penting, terlebih lagi dalam meningkatkan perdamaian. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak mau meminta maaf ketika melakukan kesalahan sebab lebih mementingkan egonya.

Contoh Moral

Sedangkan contoh moral adalah sebagai berikut:

  • Berbicara lebih pelan dan halus di depan orang tua

Perilaku inilah yang menjadi contoh penjelasan tentang rasa penghormatan yang selalu di timbulkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang mempunyai kebudayaan bangsa timur. Timbulnya perilaku berbicara pelan dan halus sebagai gambaran nyata perilaku moral yang baik.

  • Menundukkan kepada ketika berjalan di depan orang yang lebih tua

Berjalan menunduk ketika melewati orang-orang di sekitarnya juga menjadi contoh moral yang baik serta cocok untuk di tiru. Tata cara berjalan dengan menundukkan kepala sudah diajarkan sejak dulu oleh nenek moyang dan sebagai harapan mendapatkan rasa penghormatan kepada orang yang lebih tua.

  • Membuang sampah

Contoh perilaku ini sedikit ada persamaan dengan contoh etika, tindakan yang baik seperti membuang sampah pada tempatnya dan yang buruk adalah membuang sampah sembarangan.

  • Tidak memunculkan keributan

Fenomena sosial yang sering terjadi pada saat ini adalah seperti ribut ketika jam belajar berlangsung. Seorang anak yang melakukan keributan tersebut secara langsung bertindak dengan moral yang buruk.

  • Tidak melakukan korupsi

Salah satu tindakan yang merugikan masyarakat adalah tindakan korupsi, bahkan secara nyata akan membuat masyarakat hidup di dalam kemiskinan. Sebab itu, upaya untuk menumbuhkan kesetabilan negara, korupsi harus diperangi oleh masyarakat, mahasiswa, ataupun oleh pelajar itu sendiri.

Baca Juga Perbedaan Etika Dan Etiket

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan tentang perbedaan etika dan moral untuk sobat ilmunik. Semoga bisa menjadi rujukan kalian dan tambahan pengetahuan untuk memahami kedua kata tersebut. Apabila ada saran dan masukan bisa disampaikan melalui kolom komentar, dan usahakan memberikan tanggapan yang baik ya sob.

Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *