Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Seni Rupa 2 Dimensi | Pengertian, Unsur, Contoh (Lengkap)

5 min read

seni rupa 2 dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi – Di dalam kehidupan sehari-hari, manusia pastilah membutuhkan hiburan agar tidak merasa bosan dan mononton, sehingga merasa cepat jenuh. Suatu karya seni yang indah pastinya dapat membuat perasaan lebih senang dan bisa merubah mood seseorang yang tadinya bosan menjadi bersemangat.

Misalnya saja seperti hasil-hasil karya seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai artistik yang sangat tinggi. Pada saat ini seni rupa sendiri mempunyai banyak sekali jenisnya yang semakin berkembang hingga saat ini, namun apakah sobat ilmunik sendiri sudah mengerti apa yang dimaksud dengan seni rupa dua dimensi?

Jika masih belum faham secara sepenuhnya, pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasan secara lengkap mulai dari pengertian hingga tokoh-tokohnya. Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasan utama.

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi
sumberpengertian.id

Pengertian seni rupa 2 dimensi adalah karya seni rupa yang hanya mempunyai dua ukuran atau sisi saja, bisa juga diartikan sebagai karya seni yang memiliki ukuran panjang dan lebar saja. Misalnya saja seperti karya seni lukisan, seni grafis, ilustrasi, dan karya seni lainnya yang digambar diatas permukaan datar.

Oleh sebab itu karya seni rupa jenis ini tidak mempunyai ruang karena tidak adanya unsur ketebalan. Jadi, karya seni rupa 2 dimensi hanya dapat dinikmati melalui satu sisi saja, sebab ada karya seni rupa lainnya yang dibagi berdasarkan dimensinya.

Seni rupa bukan hanya dibagi berdasarkan dimensinya saja, ada juga seni rupa yang dibagi berdasarkan dari fungsinya. Contohnya saja seperti seni rupa terapan (applied art) yang proses pembuatan, perancangan (desain) dan seni rupa murni, yang dibuat dengan tujuan agar dapat dinikmati keindahan dan keunikannya saja.

Selain dibagi berdasarkan dimensi dan fungsinya, seni  rupa juga dapat dibedakan berdasarkan karakteristik media (alat, tenknik dan bahan) dan orientasi pembuatannya. Sedangkan pembagian seni rupa berdasarkan karakteristiknya dibagi menjadi seni lukis, seni grafis, seni patung, seni kriya dan desain.

Setelah sobat ilmunik memahami setiap jenis dari seni rupa berdasarkan parameter fungsinya, maka akan memudahkan kalian dalam memberikan apresiasi atau menciptakan karya spesifik yang ingin dipelajari. Sebab di dalam setiap jenis karya seni yang berbeda akan membutuhkan treatment yang berbeda juga.

Unsur-Unsur Dan Objek Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Unsur-Unsur Dan Objek Karya Seni Rupa 2 Dimensi
greatedu.co.id

Para seniman biasanya akan mempadukan berbagai unsur seni rupa baik unsur fisik ataupun non-fisik dengan keterampilan dan kepekaan yang dimilikinya untuk mewujudkan suatu karya seni. Di dalam suatu karya seni rupa, unsur fisik dapat secara langsung dirasakan atau diraba, sedangkan unsur non-fisik adalah prinsip atau kaidah-kaidah umum yang digunakan untuk mendapatkan unsur fisik dalam sebuah karya seni.

Seni rupa dua dimensi berasal dari berbagai unsur-unsur pembentukan dan kesatuan yang diolah sedemikian rupa oleh sang seniman yang menciptakannya.

Unsur-Unsur Fisik Seni  Rupa Dua Dimensi

  • Garis (Line)

Garis merupakan unsur fisik yang paling mendasari dan penting untuk menciptakan karya seni rupa. Unsur garis mempunyai dimensi datar memanjang, arah dan sifat khusus seperti pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak, dan lain-lain.

  • Raut (Bidang dan Bentuk)

Unsur raut yang di maksud disini adalah tampak, potongan atau wujud dari suatu objek, serta istilah bidang yang digunakan untuk menunjuk wujud benda datar. Sedangkan bangun atau bentuk menunjukan wujud benda yang terlihat mempunyai volume (masa), walaupun pada jenis seni rupa dua dimenis, volume hanyalah sebuah ilusi.

  • Ruang

Unsur ruang dalam jenis karya seni rupa 2 dimensi memiliki arti kesan dimensi dari objek atau background yang terdapat dalam jenis karya seni. Unsur ruang dihadirkan melalui perbedaan intensitas gelap-terang, warna, hingga menggunakan teknik menggambar perspektif untuk menghasilkan ruang semu (khayal).

  • Tekstur (Barik)

Tekstur merupakan unsur fisik seni rupa dua dimensi yang menunjukan kualitas taktil dari suatu permukaan atau penggambaran struktur permukaan suatu objek pada karya seni rupa. Ada tekstur semu (buatan) dan tekstur asli.

Untuk tekstur asli merupakan perbedaan ketinggian permukaan objek nyata dan dapat diraba (seperti cat timbul). Sedangkan tekstur semu merupakan kesan semu permukaan objek yang direka melalui pengolahan unsur garis, gelap-terang.

  • Gelap-Terang

Unsur gelap-terang merupakan rekaan perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda yang digambar atau dilukis pada karya seni rupa dua dimensi. Untuk bagian yang terkena cahaya harus dibuat lebih terang dan bagian yang kurang terkena cahaya harus terlihat lebih gelap.

  • Warna

Warna merupakan salah satu unsur fisik dalam seni rupa yang paling menarik perhatian orang yang sedang melihatnya. Jika didasarkan kepada teori warna Brewster, maka semua warna yang ada berasal dari tiga warna pokok (primer), yakni merah, kuning, dan biru.

Artikel Terkait Apresiasi Seni Rupa

Teknik-Teknik Membuat Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Teknik-Teknik Membuat Karya Seni Rupa 2 Dimensi
ilmunik.com

Karya seni diciptakan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari manusia. Oleh sebab itu, ketika proses pembuatan jenis seni rupa yang satu ini memerlukan teknik-teknik khusus. Berikut ini merupakan teknik-teknik yang biasanya digunakan dalam pembuatan seni rupa 2 dimensi:

  • Teknik Plakat

Teknik pembuatan karya seni rupa satu ini adalah yang paling sering digunakan ketika melukis. Teknik plakat biasanya memakai jenis cat poster dan cat minyak akrelik dengan cara digoreskan agak tebal, maka warna yang dihasilkan akan terlihat bagus sangat padat dan pekat.

  • Teknik Kolase

Teknik kolase merupakan teknik melukis dengan cara memotong kertas kemudian kertas tersebut akan ditempelkan pada obyek tertentu sehingga membentuk lukisan. Dengan menggunakan teknik ini, dapat menghasilkan karya seni lukisan abstrak atau realis dari potongan kertas yang tadinya ditempelkan. Oleh sebab itu, karya seni rupa yang menggunakan teknik ini sering disebut dengan mozaik.

  • Teknik Transparan

Teknik ini merupakan teknik yang sering digunakan ketika melukis atau menggambar. Sebab pada teknik ini biasanya menggunakan cat air, akan tetapi hanya digoreskan secara tipis-tipis saja, jadi bisa menghasilkan tekstur yang begitu transparan.

  • Teknik 3 M (Melipat, Menggunting, dan Merekat)

Teknik ini merupakan sebuah teknik manipulasi lembaran beberapa kertas yang ditata sedemikian rupa yang akhirnya membentuk sebuah karya seni dua dimensi. Jadi, agar dapat menghasilkan suatu karya seni yang indah dan digemari banyak orang, pastilah membutuhkan keahlian dan teknik-teknik khusus.

Suatu karya seni tidak akan memiliki arti apa-apa jika tidak terdapat nilai yang artistik. Oleh seba itu, sebelum membuat sebuah karya seni, sebaiknya terlebih dulu memperhatikan teknik-tekniknya.

Jenis Dan Contoh Seni Rupa Dua Dimensi

Jenis Dan Contoh Seni Rupa Dua Dimensi
senibudayaku.com

Suatu hasil karya seni rupa pada saat ini sangat mudah dan banyak sekali bisa kita temukan dimana-mana. Berbagai hasil karya tangan yang penuh kreatif dan imajinatif bisa dijadikan sebagai lahan untuk sumber penghasilan.

Berikut ini berbagai contoh hasil karya seni rupa 2 dimensi yang memiliki nilai seni yang sangat tinggi, antara lain:

  • Lukisan

Lukisan adalah contoh karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan menggunakan media seperti kain kanvas, dinding hingga kertas. Untuk proses pembuatan dari lukisan sendiri dengan cara memoleskan cat dengan menggunakan pisau palet, kuas lukis, serta peralatan jenis kain.

Hal itu dilakukan diatas media lukis hingga akhirnya membentuk sebuah gambar yang diinginkan. Ada hal yang cukup menarik dari sebuah lukisan yakni nilai yang terkandung di dalam lukisan itu sendiri. Maka dalam proses pembuatannya membutuhkan imajinasi yang tinggi serta skill (keahlian) yang mumpuni untuk menelurkan lukisan yang luar biasa.

  • Gambar

Karya seni rupa dua dimensi berupa gambar biasanya lebih menekankan pada unsur bentuk, garis, dan aspek kegunaan tanpa menggunakan ekspresi. Oleh karena itu, hasil karya seni rupa dalam wujud gambar ini kelihatan lebih nyata untuk dinikmati.

  • Poster

Seni rupa poster umumnya dibuat diatas kertas dan membentuk suatu wujud yang dapat memberikan sebuah informasi. Biasanya informasi yang diberikan bisa berupa suatu ajakan ataupun pesan propaganda. Oleh sebab itu, poster ini termasuk ke dalam jenis karya seni rupa dua dimensi yang sangat efektif sebagai iklan dalam mempromosikan suatu produk.

  • Seni Mozaik

Seni mozaik adalah jenis karya seni rupa yang pembuatannya dengan cara menyusun suatu benda hingga menjadi wujud tertentu. Untuk wujud benda ini pastilah memiliki nilai estetis tinggi serta membutuhkan bahan-bahan tertentu.

Bahan utamanya biasanya menggunakan kulit telur, pecahan kaca, keramik, dan serpihan kayu.

  • Kaligrafi

Kaligrafi juga termasuk ke dalam jenis karya seni rupa dua dimensi yang bernuansa arab dengan menggunakan berbagai media seperti kertas, kain kanvas, kayu, dinding ataupun kuningan. Pada saat proses pembuatan seni kaligrafi adalah bentuk ekspresi dalam hal keagamaan serta budaya Islam.

  • Seni Grafis

Seni ini juga termasuk ke dalam kategori seni rupa dua dimensi yang mana pada proses pembuatannya memerlukan alat bantu. Misalnya saja seperti seni fotografi sebab dalam pengerjaannya membutuhkan alat bantu kamera, dengan kamera inilah akan menghasilkan foto-foto yang sangat bagus sama seperti objeknya.

  • Seni Fotografi

Fotografi juga termasuk ke dalam seni grafis yang mana di dalam perkembangannya semakin banyak orang yang berminat. Gambar yang didapatkan juga semakin bagus sebab teknologi saat ini yang semakin canggih dan terus berkembang.

Artikel Terkait Pengertian Seni Musik

Tokoh Seni Rupa Dua Dimensi

Tokoh Seni Rupa Dua Dimensi
raihanramadhan6977.blogspot.com

Jika diperhatikan dengan sungguh-sungguh, banyak sekali tokoh seni rupa yang sudah banyak menghasilkan karya-karya seni yang sangat indah. Berikut ini tokoh-tokoh seni rupa dua dimensi yang sangat terkenal di masanya.

  • Raden Saleh Sjarif Boestaman

Raden Saleh merupakan seniman yang lahir di Semarang pada tahun 1807 yang kemudian meninggal pada tahun 1880 di Bogor, Jawa Barat. Bakatnya sudah mulai terlihat sejak beliau masih kecil hingga terus diasah dan didampingi oleh pelukis keturunan Belgia, A.A. K Payen.

  • Vincent Van Gogh

Beliau merupakan salah satu pelukis terbesar di dalam sejarah kesenian Bangsa Eropa. Beliau lahir pada 30 Maret 1853 dan meninggal pada 29 Juli 1890, serta sudah banyak menghasilkan karya seni yang indah untuk dinikmati.

Artikel Terkait Seni Rupa 3 Dimensi

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya bagikan untuk sobat ilmunik tentang seni rupa 2 dimensi. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Cukup itu saja yang dapat saya berikan, dan salam dari penulis untuk sobat ilmunik.

Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *