Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

3331+ Sketsa Batik | Megamendung, Pekalongan, Hewan, Flora (Terlengkap)

5 min read

Gambar sketsa batik

Sketsa Batik – Batik adalah salah satu warisan budaya yang dipunyai oleh Indonesia. Batik sendiri telah resmi di sahkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan kemanusiaan yang sah pada tanggal 2 Oktober 2009.

Banyak sekali macam dan jenis batik yang dapat kita temukan di Indonesia seperti yang paling terkenal adalah jenis mega mendung. Pekalongan, Cirebon, Solo, Kawung dan lain-lain.

Saat ini, batik telah mulai mendunia dan telah banyak yang menggunakan batik warna. Pada awalnya batik hanya digunakan di kalangan keluarga keraton saja.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit pengetahuan tentang sketsa gambar batik yang dapat Anda tiru atau dijadikan referensi. Pada praktiknya akan menggunakan alat berupa kertas, pensil, dan pensil warna apabila diberikan pewarnaan.

Oke langsung saja kita simak pembahasannya.

1. Sketsa Batik Mega Mendung

Sketsa Batik Mega Mendung
Ilmunik.com
Sketsa Batik Mega Mendung
Ilmunik.com

Batik megamendung adalah salah satu jenis batik yang paling terkenal di negara Indonesia. Sebab batik ini adalah salah satu motif ciri khas dari Cirebon.

Motif mega mendung sendiri adalah penggambaran bentuk dari awan yang berada di langit biru luas. Cerita yang beredar tentang motif ini adalah lahir ketika ada seseorang yang melihat bentuk langit dengan awan yang nampak dari genangan air hujan.

Dari berbagai macam kearifan lokal yang dimiliki, kemudian munculah ide untuk membuat model batik dengan nama mega mendung dengan warna yang sangat mencolok. Adapun warna yang cukup mencolok dari motif ini juga memiliki filosofi yang berupa penggambaran seorang pemimpin yang harus mengayomi masyarakat atau warganya.

Untuk sobat ilmunik yang sedang mencari ide desain sketsa batik megamendung bisa Anda lihat pada bagian atas, sebab telah saya berikan contoh-contoh yang keren.

2. Contoh Sketsa Batik Bunga Simple

Contoh Sketsa Batik Bunga Simple
Ilmunik.com
Contoh Sketsa Batik Bunga Simple
Ilmunik.com

Setelah motif megamendung dari Cirebon, selanjutnya jika Anda mengalami kesulitan dalam meniru contoh yang saya berikan diatas. Apalagi bagi Anda yang masih dalam tahap belajar jelas akan merasa kesusahan jika menggambar sketsa yang memiliki tingkat kesulitan sedang keatas.

Nah, oleh sebab itu saya memberikan berbagai macam contoh sketsa batik bunga yang simple dan sangat cocok sekali ditiru bagi pemula. Banyak juga contoh-contoh yang telah saya berikan diatas tentang sketsa bunga yang simple.

Jika Anda masih dalam tahap belajar usahakan untuk memulainya dengan hati-hati dan juga selalu sabar jika ada kekeliruan. Semangat terus belajar dan jangan mudah menyerah ya sob.

Baca Juga Sketsa Gambar Bunga

3. Sketsa Batik Yang Mudah di Tiru

Sketsa Batik Yang Mudah di Tiru
Ilmunik.com
Sketsa Batik Yang Mudah di Tiru
Ilmunik.com

Nah, setelah sketsa batik bunga yang saya berikan diatas apabila masih dianggap susah dan rumit, saya juga sudah memberikan contoh sketsa batik yang mudah ditiru. Anda bisa melihat berbagai macam contoh yang saya berikan diatas untuk dijadikan sebagai referensi atau ide dalam membuat gambar atau lukisan batik.

Sekali lagi saya ingatkan bagi sobat ilmunik yang masih belajar menggambar atau melukis, untuk menggunakan desain yang mudah saya berikan diatas. Agar tangan Anda ketika menggerakkan pensil atau kuas mudah dan dapat meniru desain contoh.

4. Sketsa Batik Pekalongan

Sketsa Batik Pekalongan
Ilmunik.com
Sketsa Batik Pekalongan
Ilmunik.com

Motif batik Pekalongan sendiri baru berhasil di ciptakan oleh para pengrajin yang ada di kota Pekalongan. Kemudian mulai dikenal sebab langsung dijual pada pengusaha Belanda.

Untuk ciri-ciri yang dimiliki batik Pekalongan adalah sebagai berikut:

  1. Cenderung memiliki warna yang cerah.
  2. Memiliki motif yang dipenuhi dengan garis dan titik.
  3. Umumnya motifnya berupa bunga.
  4. Memiliki motif jlamprangan.
  5. Mempunyai motif khas dengan keturunan Tiongkok.

Banyak sekali motif yang berasal dari Pekalongan yang dapat dijadikan sebagai contoh desain sketsa dalam menggambar atau melukis. Jika kebingungan dalam mencari contoh desain, dapat Anda dilihat pada contoh diatas.

5. Sketsa Batik Flora

Sketsa Batik Flora
Ilmunik.com
Sketsa Batik Flora 2
Ilmunik.com

Sketsa batik dengan menggunakan motif flora sendiri sering kali dikenal dengan pola bunga, tumbuhan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan tumbuhan.

Jenis motif ini umumnya digunakan untuk pakaian yang bersifat informal yang menggabungkan ornamen ataupun komposisi tertentu sehingga dapat menghasilkan motif yang indah.

Adapun flora khas Nusantara yang digunakan dalam batik adalah kembang bali, tulip. bunga akar merah, bati selendang gendong tradisional.

Untuk sobat ilmunik yang sedang mencari contoh desain ini dapat dilihat pada bagian atas yang berisikan macam-macam contoh sketsa gambar batik flora.

6. Sketsa Batik Hewan

Sketsa Batik Hewan
Ilmunik.com
Sketsa Batik Hewan 2
Ilmunik.com

Banyak sekali jenis hewan yang digunakan dalam motif batik dengan cara di canting diatas kain atau media lainnya. Salah satu dari sekian banyaknya motif adalah sketsa dengan corak hewan, sebab banyak menarik minat dan perhatian dari khalayak umum dan pastinya para pecinta batik.

Hewan sendiri memang sudah tidak asing lagi di kehidupan kita sehari-hari, sebab banyak sekali binatang yang hidup di sekitar lingkungan kita. Oleh sebab itu banyak juga orang yang menggunakan objek hewan untuk kegiatan menggambar atau melukis.

Untuk jenis-jenis hewan yang digunakan dalam sketsa batik adalah seperti burung merak, enggang, kupu-kupu, harimau, dan lain-lain.

Nah, untuk sobat ilmunik yang sedang mencari desain contohnya bisa dilihat pada bagian atas yang telah banyak saya berikan contoh bagus-bagus dan indah. Semangat untuk mencoba ya sob.

Baca Juga Sketsa Gambar Hewan

7. Sketsa Batik Sederhana

Sketsa Batik Sederhana
Ilmunik.com
Sketsa Batik Sederhana 2
Ilmunik.com

Setelah mengetahui sketsa batik hewan, saya juga akan memberikan sketsa batik sederhana yang dapat dijadikan inspirasi dalam menggambar atau melukis. Semoga dengan adanya contoh yang saya berikan diatas bisa menjadi tambahan ide untuk Anda.

8. Sketsa Batik Modern

Sketsa Batik Modern
Ilmunik.com
Sketsa Batik Modern 2
Ilmunik.com

Seperti yang telah saya jelaskan pada pembahasan diatas bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan keberagaman budaya. Salah satunya adalah pakaian adat, senjata adat dan lain-lain.

Namun yang akan saya ambil kali ini adalah corak pakaian berupa batik yang sangat beragam dan sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya asli Indonesia. Seiring berkembangnya zaman, batik juga mengalami beberapa motif baru yang lebih modern.

Untuk sobat ilmunik yang sedang mencari contoh sketsa batik modern dapat dilihat pada bagian atas.

9. Sketsa Batik Kawung

Sketsa Batik Kawung
Ilmunik.com
Sketsa Batik Kawung
Ilmunik.com

Motif batik yang satu ini juga sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia adalah motif kawung. Batik yang paling tua di Jawa yang mana sering dihubungkan dengan kehidupan keluarga kerajaan pada zaman dulu.

Batik kawung sendiri adalah salah satu jenis yang dulunya paling di larang ketika masa kerajaan masih berkembang.

Berbagai macam penelitian yang telah dilakukan menjelaskan bahwa motif batik kawung ini telah ada sejak abad ke-9. Bagaimana sobat ilmunik, waktu yang sudah sangat lama sekali bukan?

Pada zaman dulu batik ini di kenalkan sejak abad ke-18 atau sekitar masa Kesultanan Ngayogyokarto Hadiningrat.

10. Sketsa Batik Berwarna

Sketsa Batik Berwarna
Ilmunik.com
Sketsa Batik Berwarna
Ilmunik.com

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa batik adalah salah satu ciri khas pakaian adat dari Indonesia yang telah mendunia.

Tidak sedikit juga masyarakat yang menjadikan pakaian ini sebagai baju yang wajib digunakan ketika ada acara formal. Misalnya saja seperti acara kantor, seragam kantor, acara kondangan atau acara-acara formal lainnya.

Banyak sekali contoh sketsa yang dapat digunakan dalam menggambar atau melukis menggunakan gambar sketsa batik berwarna yang indah dan istimewa. Untuk motifnya tergantung selera Anda masing-masing sebab pada dasarnnya kesukaan orang berbeda-beda.

Saya juga sudah memberikan berbagai macam contoh motif sketsa gambar batik berwarna yang dapat Anda jadikan referensi dalam menggambar atau melukis.

11. Sketsa Batik Solo

Sketsa Batik Solo
Ilmunik.com
Sketsa Batik Solo 2
Ilmunik.com

Salah satu kota batik yang terkenal selain Pekalongan adalah Solo, menjadi salah satu kota yang memiliki batik dengan ciri khasnya tersendiri. Motif dari Solo ini adalah motif yang diproduksi secara turun temurun dan hingga saat ini peminat batik motif ini sangatlah banyak.

Sudah banyak sekali motif yang dihasilkan para pengrajin batik di kota Solo, seperti motif parang, sawat dan lain-lain.

Untuk sobat ilmunik yang sedang mencari contoh desainnya bisa dilihat dibagian atas yang telah saya berikan.

12. Sketsa Batik Cirebon

Sketsa Batik Cirebon
Ilmunik.com
Sketsa Batik Cirebon
Ilmunik.com

Motif batik Cirebon juga tidak kalah banyak peminatnya jika dibandingkan dengan batik Solo. Batik Cirebon ini juga merupakan hasil dari peran salah satu murid Sunan Gunung Jati yakni Ki Gede Trusmi yang mana saat ini dijadikan sebagai salah satu nama desa di Cirebon.

Catatan sejarah panjang pastinya tidak bisa dilepaskan dari orang hebat yang membawa nama Cirebon menjadi salah satu kota yang terkenal dengan motif batiknya.

Terdapat banyak sekali motif yang sudah dihasilkan para pengrajin di daerah ini, seperti megamendung, paksinaga liman, singa payung, dan berbagai macam motif lainnya.

Jika sobat ilmunik sedang mencari contoh dari motif batik Cirebon untuk dijadikan sketsa bisa dilihat pada bagian atas.

Baca Juga Sketsa Masjid

13. Gambar Batik Mudah

Gambar Batik Mudah
Ilmunik.com

Nah, pada bagian akhir ini sebagai tambahan saya juga memberikan gambar batik mudah yang dapat Anda tiru dalam kegiatan menggambar atau melukis.

Semoga dengan berbagai macam penjelasan yang telah saya berikan diatas tentang sketsa batik, semoga bisa menambah pengetahuan dan ide dalam menggambar. Cukup sekian dan salam dari penulis untuk sobat ilmunik dimanapun Anda berada.

Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *