Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

4441+ Sketsa Burung | Nuri, Merpati, Garuda, Elang, Mudah (Lengkap)

9 min read

Sketsa gambar burung

Sketsa Burung – Menggambar adalah salah satu dari kegiatan yang disukai oleh sebagian orang, sebab banyak karya yang bisa dihasilkan seperti gambar hewan, tumbuhan, pemandangan dan gambar-gambar lainnya.

Kegiatan menggambar juga berupa pengembangan imajinasi seseorang. Sebab dengan menggambar secara tidak langsung akan melatih kesabaran, ketelitian dan sifat lainnya.

Sebagian orang juga berhasil mendapatkan uang dari hasil karya yang mereka jual. Maka tidak mengherankan lagi apabila banyak orang yang rela menghabiskan waktunya hanya untuk membuat sebuah karya, baik pribadi ataupun untuk dijual.

Cara menggambar dengan baik pastinya akan membutuhkan objek yang kemudian dijadikan sketsa. Dengan sketsa inilah, maka orang tersebut akan lebih mudah dalam membuat karya seni gambar.

Nah, oleh sebab itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa contoh sketsa burung lengkap dengan jenis dan juga tata cara menggambarnya. Terdapat banyak sekali jenis burung yang dapat digambar, misalnya nuri, cucak rowo, pleci, merak, jalak, beo dan lain-lain.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya sebagai berikut;

1. Sketsa Burung di Pohon

Sketsa Burung di Pohon
Ilmunik.com
Sketsa Burung di Pohon 2
Ilmunik.com

Sudah tidak asing lagi bagi kita, bahwa burung adalah hewan yang tidak bisa jauh dari yang namanya pepohonan. Pada dasarnya, burung akan membuat sangkar atau rumahnya diatas pohon, maka dari itu tidak heran apabila banyak pelukis yang menggambar burung ketika berada di pohon.

2. Sketsa Burung Nuri

Sketsa Burung Nuri
Ilmunik.com
Sketsa Burung Nuri 2
Ilmunik.com

Jika sobat ilmunik termasuk pecinta hewan atau lebih tepatnya burung? Tentunya sudah tidak asing lagi ya dengan yang namanya burung nuri, salah satu jenis burung yang memiliki penggembar yang banyak sebab memiliki kicauan yang merdu.

Akan tetapi tidak hanya kicauannya saja yang membuat banyak hati terpikat, bentuk fisiknya juga tidak membuat bosan mata yang melihatnya. Namun burung ini tidak menempati di semua wilayah, sebab hanya bisa hidup di dataran rendah, savana, perkebunan kelapa dan hutan bakau.

Di negara Indonesia sendiri, burung ini terdapat di kawasan Maluku, sedangkan  untuk luar Indonesia ada di Irian, Australia dan Papua Nugini.

Burung nuri termasuk jenis burung yang memiliki keindahan pada warna bulu dan mempunyai bentuk paruh yang bengkok. Selain itu, burung nuri adalah salah satu jenis burung tang termasuk langka untuk ditemukan keberadaannya.

3. Sketsa Burung Merpati

Sketsa Burung Merpati 2
Ilmunik.com
Sketsa Burung Merpati
Ilmunik.com

Siapa sih yang masih belum mengenal jenis burung satu ini, burung yang memiliki keunggulan berupa kesetiaan dengan pasangannya. Banyak sekali jenis burung yang ada di Indonesia dan bahkan menjadikan burung merpati sebagai mata pencaharian.

Bukan hanya itu saja, bahkan di tahun-tahun sebelumnya, ramai sekali beredar bahwa ada orang Bandung yang berhasil menjual burung merpati dengan harga 1 Miliar. Angka yang cukup fantastis kan sobat ilmunik?

Terdapat berbagai macam keistimewaan yang ada pada jenis burung merpati ini, salah satunya adalah insting yang dimiliknya sangatlah kuat. Jika burung ini dilepas dengan mata tertutup, namun masih bisa menemukan sarang atau bisa menemukan jalan pulang.

Fakta Menarik dari Burung Merpati;

  1. Salah satu jenis burung yang mudah dalam menemukan sarangnya.
  2. Jenis burung yang bisa menghasilkan susu palus.
  3. Jenis burung yang kuat.
  4. Burung yang memiliki kecerdasan jika dibandingkan burung lainnya.

4. Sketsa Burung Berwarna

Sketsa Burung Berwarna 2
Ilmunik.com
Sketsa Burung Berwarna
Ilmunik.com

Sudah tidak terhitung lagi banyaknya spesies atau jenis burung yang dapat Anda jadikan sebagai objek dalam membuat sebuah lukisan atau gambar. Oleh sebab itu, pastinya gambar yang baik harus memiliki nilai jual yang tinggi pula.

Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah dengan membuat sketsa gambar atau lukisan memiliki jiwa, nyawa dan nilai jual yang tinggi sangat diperlukan dengan adanya pewarnaan yang pas.

Dalam segi pewarnaan, saya memberikan saran untuk menggunakan krayon saja bagi Anda yang masih dalam tahap belajar. Sebab dengan menggunakan krayon akan bisa dihapus jika ada kesalahan dalam pemberian warna.

5. Sketsa Burung Mudah

Sketsa Burung Mudah 2
Ilmunik.com
Sketsa Burung Mudah
Ilmunik.com

Jika Anda termasuk masih pemula dalam aktivitas menggambar atau melukis, saya akan memberikan sketsa gambar burung yang mudah untuk dijadikan objek. Sebab pasalnya di dalam kegiatan menggambar memerlukan keterampilan tangan dan kesabaran yang banyak.

Cobalah menggunakan sketsa burung mudah yang saya berikan diatas untuk dijadikan referensi dalam menggambar.

6. Sketsa Burung Hantu

Sketsa Burung Hantu
Ilmunik.com
Sketsa Burung Hantu 2
Ilmunik.com

Siapa sih sobat ilmunik yang tidak kenal dengan jenis burung satu ini termasuk cukup populer? Yah, memang benar bahwa burung hantu termasuk burung yang cukup terkenal, lalu kenapa kok dinamakan dengan burung hantu? Jawabannya adalah sebab burung ini sering dikaitkan dengan berbagai mitos atau magic.

Terdapat hal yang menarik yang dimiliki jenis burung ini, yakni bisa memutar kepalanya mencapai 270 derajat. Wah satu hal yang menarik ya sob?

Keunikan tersebut disebabkan karena burung ini mempunyai 14 vertebrata di bagian lehernya sangat berbeda dengan jenis burung lainnya.  Burung hantu ini termasuk ke dalam golongan burung omdi strigiformes yakni burung yang mempunyai ciri khas kepada cukup besar jika dibandingkan burung lainnya.

Akan tetapi perlu diperhatikan juga, selain memiliki keunikan dan bentuknya yang unik, burung ini termasuk jenis buas lo sobat ilmunik. Termasuk juga jenis burung noktural yang hidup di malam hari, berbeda dengan jenis burung lain yang aktif di siang hari.

Tidak jarang juga memilih jenis burung ini agar dijadikan sebagai objek gambar, sebab memiliki keunikan tersendiri.

Jenis burung ini mempunyai tingkat kesulitan yang cukup rumit sebab memiliki detail bagian tubuh yang rumit untuk digambar. Tapi Anda tidak perlu khawatir sebab burung ini masih tetap bisa digambar dengan mudah kok. Penting selalu belajar untuk menghasilkan karya yang indah dan menakjubkan.

Baca Juga Sketsa Gambar Bunga

7. Sketsa Burung Elang Terbang

Sketsa Burung Elang Terbang 2
Ilmunik.com
Sketsa Burung Elang Terbang1
Ilmunik.com

Sudah tidak asing lagi bahwa burung elang adalah simbol perlindungan dengan bentuk tubuh besar dan penglihatan yang bagus. Oleh sebab itu, tidak jarang para seniman membuat berbagai macam gaya burung elang ini, salah satunya adalah gambar burung elang ketika terbang.

Akan tetapi harus memiliki jam terbang yang tinggi untuk membuat sketsa gambar yang maksimal. Namun tidak perlu khawatir sebab pada artikel ini saya sudah memberikan sketsa burung elang ketika terbang. Maka Anda tidak perlu susah-susah mencari elang terbang dan di gambar secara manual, hanya cukup melihat contoh sketsa yang telah saya berikan diatas.

8. Sketsa Burung Garuda

Sketsa Burung Garuda
Ilmunik.com
Sketsa Burung Garuda 2
Ilmunik.com

Burung garuda merupakan jenis burung yang digunakan sebagai simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia berupa pancasila. Oleh sebab itu, jenis burung ini merupakan tidak asing lagi ditelinga kita sebagai warga negara Indonesia pastinya.

Garuda simbol pancasila adalah lambang dari negara kita, tidak jarang juga ada orang menciptakan lagu dengan mengangkat tentang burung ini. Yang mana biasanya dinyanyikan oleh suporter Indonesia untuk mendukung timnas andalan kita yakni Garuda di Dadaku.

Gambar burung garuda ini sering kita jumpai di berbagai bagian di sekolahan, jalanan atau gedung pemerintah.

Sebagai wujud rasa cinta kita terhadap tanah air Indonesia, maka perlu diungkapkan dengan kegiatan seni menggambar simbol negara kita (pancasila).

Sobat ilmunik tidak perlu mengkhawatirkan kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi ketika menggambar sebuah sketsa burung garuda. Sebab saya sudah memberikan berbagai contoh sketsa gambar burung garuda diatas untuk kalian jadikan sebagai referensi.

9. Sketsa Burung Merak

Sketsa Burung Merak
Ilmunik.com
Sketsa Burung Merak 2
Ilmunik.com

Siapa sih yang tidak terpesona ketika melihat keindahan burung merak? Yah memang betul, burung merak adalah salah satu jenis burung yang dinobatkan sebagai burung terindah di dunia sebab pada bagian bulunya memiliki corak yang indah dan cantik.

Selain itu, bulunya juga memiliki pola seperti bola mata, namun pada saat didekati dan diperhatikan dengan seksama bulunya, maka akan terlihat bulu biasa yang sangat halus.

Perbedaan yang paling menonjol antara burung ini dengan jenis burung lain adalah di bagian warnanya yang sangat mencolok dan keindahan yang dimilikinya.

Akan tetapi, jenis burung yang satu ini banyak ditemukan di kawasan India, Pakistan, Nepal, Srilangka saja, terus di Indonesia bagaimana ya? Nah jika sobat ilmunik tidak menemukannya di hutan Indonesia, maka Anda bisa pergi melihatnya di kebun binatang untuk melihatnya secara langsung.

Apabila Anda sedang melihatnya, jangan di buru ya sob, sebab burung ini termasuk satwa yang sudah langka dan dilindungi keberadaannya. Burung merak sudah hampir punah keberadaannya di dunia ini, maka dari itu sudah kewajiban manusia untuk menjaga populasinya dengan tidak memburu dan membunuh hewan yang langka.

Sebab kecantikan dan keindahan bulunya ini, burung merak sangat cocok untuk dijadikan sebagai sketsa dalam kegiatan menggambar atau melukis. Apabila burung ini mengepakkan sayapnya, maka Anda akan dibuat takjub dengan keindahan yang ditampilkan.

10. Sketsa Burung Puyuh

Sketsa Burung Puyuh 2
Ilmunik.com
Sketsa Burung Puyuh
Ilmunik.com

Tidak kalah dengan burung merak, sketsa burung puyuh juga bisa dijadikan sebagai referensi dalam kegiatan menggambar atau melukis. Sebab burung puyuh tidak memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dan masih tergolong mudah untuk dikerjakan.

Burung puyuh merupakan salah satu jenis burung petelur yang biasanya dijual di berbagai toko dan warung di sekitar kita. Untuk populasi burung puyuh sendiri masih sangat banyak dan mudah untuk ditemukan, namun kita harus bisa menjaganya agar tetap lestari.

Sketsa burung puyuh sendiri sangat mudah untuk digambar, seperti ketika terbang, mengengkarmi, sedang berjalan, dan lain-lain. Bagi kalian yang membutuhkan referensi gambar burung ini sudah saya sediakan dibagian atas ya sob.

11. Sketsa Burung Beo

Sketsa Burung Beo
Ilmunik.com
Sketsa Burung Beo 2
Ilmunik.com

Burung beo ini termasuk burung yang cukup jinak dan pintar sekali, sebab jenis burung satu ini bisa menirukan suara orang ketika berbicara. Menarik ya sob? Sudah pernah melihat burung ini atau belum kalian?

Burung beo juga sangat cocok untuk dijadikan sketsa sebab tidak begitu sulit dalam proses pembuatannya. Bagi para pemula sangat cocok sekali sketsa yang satu ini untuk dijadikan sebagai referensi.

Jika Anda kesusahan mencari skestsanya, diatas sudah saya berikan gambar sketsa yang sangat mudah untuk kalian tiru.

Baca Juga Sketsa Gambar Pemandangan

12. Sketsa Burung Kakak Tua

Sketsa Burung Kakak Tua
Ilmunik.com
Sketsa Burung Kakak Tua 2
Ilmunik.com

Mulai dari kecil pastinya Anda sudah mengenal dengan nama burung kakak tua ini, sebab dijadikan lagu yang sering dinyanyikan. Selain dari lagunya yang terkenal, burung kakak tua juga mempunyai keindahan bulu yang cantik dan beranekaragam.

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang tidak ada habisnya, apabila ambil salah satunya adalah berbagai jenis burung. Terdapat banyak sekali jenis burung di Indonesia yang dapat ditemukan, biasanya juga dipelihara ada yang sudah menjadi hewan langka.

Burung kakak tua adalah jenis burung yang memiliki paruh melengkung dan menjadi ciri khas dari burung ini. Selain itu, bentuk fisik yang akan membuat orang terpana dengan burung ini adalah bentuk jambul yang sangat nyentrik sehingga tidak jarang banyak yang terpikat ketika melihatnya dan memiliki kesetiaan yang tinggi.

Jika burung ini dipelihara mulai ketika masih kecil, maka burung kakak tua ini memiliki ikatan yang cukup erat dengan pemilihknya. Oleh sebab itu, tidak jarang juga orang memeliharanya mulai dari kecil.

Yang paling terpenting adalah jenis burung ini dapat Anda jadikan sebagai sketsa dalam kegiatan menggambar atau melukis. Sebab tingkat kesulitannya masih tergolong mudah untuk dikerjakan.

13. Sketsa Gambar Burung Cendrwasih

Sketsa Gambar Burung Cendrwasih
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Burung Cendrwasih 2
Ilmunik.com

Sudah tidak asing lagi bahwa Indonesia memiliki banyak sekali jenis hewan langka, salah satunya adalah burung cendrawasih. Jenis burung ini adalah salah satu burung yang mempunyai kecantika di bagian bulunya, sehingga banyak orang yang ketika melihatnya dibuat takjub akan keindahan yang diberikan.

Pada saat ini sudah sangat jarang sekali burung ini ditemukan di berbagai hutan Indonesia. Untuk Anda yang masih belum tau bentuk burung ini, bisa kalian lihat di kebun binatang di dekat rumah Anda.

Burung cendrawasih adalah bagian dari keluarga Genus Paradisaea, cendrawasih kuning, cendrawasih besar, dan cendrawasih paradisaea apoda. Jenis burung ini mempunyai ukuran mulai dari 15 cm hingga 110 cm dengan berat mulai 50 gram hingga 430 gram.

Akan tetapi tidak semua daerah di Indonesia memiliki jenis burung ini, sebab biasanya hidup di bagian Indonesia timur seperti Papua.

Sebab keindahan yang dipunyainya, sangat cocok untuk menjadikan burung ini sebagai referensi sketsa gambar burung yang indah dan cantik.

14. Sketsa Gambar Burung Kakak Tua Berwarna

Sketsa Gambar Burung Kakak Tua Berwarna
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Burung Kakak Tua Berwarna 2
Ilmunik.com

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya di bagian burung kakak tua, bahwa burung ini adalah memiliki ciri khas fisik yang cantik dan indah di lihat. Bahkan dari zaman dulu kita sudah mengenalnya lewat lagu anak-anak yang tidak asing di telinga kita.

Oleh sebab itu, para seniman banyak yang membuat sebuah karya dengan memakai referensi objek burung ini. Akan tetapi tidak sempurna apabila gambar yang dihasilkan belum memiliki pewarnaan, sebab burung kakak tua memiliki warna yang sangat cantik.

Baca Juga Sketsa Gambar Ikan

15. Tahapan Sketsa Burung

Dalam membuat sebuah sketsa gambar, pastinya membutuhkan kesabaran yang tidak sedikit. Sebab banyak gambar burung yang cukup sulit untuk dibuat atau membutuhkan ketelitian yang tinggi agar menghasilkan karya yang indah.

Setelah mengetahui berbagai contoh sketsa burung yang telah saya berikan diatas, kurang lengkap rasanya jika tidak mengetahui cara membuat sketsa dasar. Berikut ini tahapan dalam membuat sketsa gambar burung:

1. Tahap Membuat Sketsa Tubuh dan Sayap

  • Tahap I
Tahap 1
Ilmunik.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat gambar oval ditengah pada kertas yang Anda gunakan. Bentuk oval ini nantinya akan digunakan sebagai acuan serta tubuh burung.

Kemudian buatlah segitiga dab gabungkan di bagian bawah oval untuk digunakan sebagai ekor burung. Jangan lupa juga ya sob untuk membuat garis pada kanan dan kiri dari oval atau bagian tubuh tadi. Sebab dibutuhkan untuk mempermudah ketika membuat sayap.

  • Tahap II
Tahap 2
Ilmunik.com

Langkah kedua adalah dengan menambahkan garis melengkung dan gabungkan di bagian garis yang telah dibuat tadi untuk menyempurnakan bentuk sayap.

2. Perjelas Lagi Bagian Tubuh Burung

  • Tahap I
Tahap I
Ilmunik.com

Tambahkan gambar kepada dan paruh burung dengan cara membuat atau membentuk oval yang lebih kecil dari kepala yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian tambahkan lagi bentuk oval kecil yang nantinya akan digunakan sebagai mata burung.

Jika sudah dilakukan, maka buatlah paruh pada burung dengan cara membuat segitiga tidak sempurna dan tambahkan lagi sedikit titik di bagian belakang yang nantinya digunakan sebagai hidung pada burung.

  • Tahap II
Tahap II
Ilmunik.com

Lanjut untuk membuat kerangka terakhir dengan membuat bagian dada, punggung, sayap dan ekor burung bentuk sempurna sudah mulai terlihat.

3. Buatlah Garis Untuk Bulu-Bulu Burung

  • Tahap I
Tahap I
Ilmunik.com

Tahap ini adalah bagian terpenting sebelum menjadi gambar burung yang sempurna.

Sebab menggambar bulu burung akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jika dibandingkan dengan menggambar pada bagian lain. Menggambar sebuah sketsa burung harus secara detail yakni tarik bulu burung keluar serta lebih tipis dan kecil dari bagian atasnya.

  • Tahap II
Tahap II
Ilmunik.com

Cobalah dengan memperjelas setiap bagian tubuh pada burung. Kemudian buatlah kaki dan cakar serta hapus garis yang telah dibuat tadi dengan pensil yang sudah tidak dibutuhkan.

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan tentang gambar sketsa burung yang mudah, indah dan juga cantik beserta langkahnya. Semoga dengan penjelasan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan kalian, serta dapat dijadikan sebagai referensi, cukup sekian dan terimakasih.

Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *