Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

2221+ Sketsa Gambar Bunga | Matahari, Mawar, Melati, Sakura (Lengkap)

7 min read

sketsa gambar bunga

Sketsa Gambar Bunga – Sketsa ialah gambar pertama yang dibuat oleh para seniman, dapat berupa garis-garis tipis, berwarna hitam dan nampak kasar. Gambar sketsa umumnya berupa teknik awal pada lukisan, animasi, arsitektur, sebelum gambar benar-benar jadi secara bagus.

Dari banyaknya jenis sketsa yang ada, ada salah satu sketsa yang paling banyak disukai atau diminati oleh kalangan umum, yakni sketsa bunga.

Jika dilihat dari pengertian secara bahasa, kata sketsa berasal dari bahasa Inggris “sketch” dan Yunani “shedios estempore” yang mempunyai arti gagasan tanpa persiapan. Jenis sketsa ini bisa dibedakan menjadi dua macam, yakni sketsa yang bersumber dari seni rupa murni dan terapan.

Untuk sketsa yang berasal dari seni rupa murni hanyalah dipakai untuk hiasan tanpa melihat fungsinya. Sedangkan sketsa yang bersumber dari seni rupa terapan lebih memperhatikan dua sisi, yakni segi keindahan dan fungsinya.

Berikut ini adalah daftar jenis-jenis sketsa bunga yang bisa sobat ilmunik sebagai referensi menggambar.

1. Gambar Sketsa Bunga

Gambar Sketsa Bunga
Ilmunik.com

Dibawah ini adalah berbagai hasil contoh gambar sketsa bunga yang cantik dan sangat mudah untuk Anda tiru ya sob. Untuk menggambar sebuah sketsa bunga, lebih baik Anda gunakan pensil jenis 2B dan jangan lupa sediakan penghapusnya juga.

Goreskanlah penis dengan tipis-tipis hingga menghasilkan sketsa bunga yang simpel. Kemudian goreskan lagi pensil hingga membentuk bidang-bidang objek gambar secara keseluruhan, hal ini bertujuan untuk menentukan komposisi-komposisi dan tata letak di dalam objek gambar.

Lalu klarifikasi kan dengan cara menambahkan gambar garis, supaya nanti membentuk gambar objek yang baik dan teratur. Jika sudah semuanya, maka berikan detail garis halus untuk membantu memudahkan kita dalam memberikan warna dan cahaya gelap atau terangnya pada gambar objek yang kita buat.

Macam-Macam Gambar Sketsa

  • Sketsa Gambar Bunga Matahari.
  • Sketsa Gambar Bunga Mawar.
  • Sketsa Gambar Bunga Sakura.
  • Sketsa Gambar Bunga Tulip.
  • Sketsa Gambar Bunga Teratai.
  • Sketsa Gambar Bunga Sepatu.
  • Sketsa Gambar Bunga Anggrek.
  • Sketsa Gambar Bunga Kamboja.
  • Sketsa Gambar Bunga Melati.
  • Sketsa Gambar Bunga Sederhana.
  • Sketsa Gambar Bunga Mudah.
  • Sketsa Gambar Bunga Cantik.

2. Sketsa Gambar Bunga Matahari

Sketsa Gambar Bunga Matahari
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Bunga Matahari 2
Ilmunik.com

Di dalam pembuatan sketsa bunga matahari, tahap awal yang harus dilakukan adalah dengan cara mencoba membuat sebuah lingkaran dengan ukuran yang kecil.

Kemudian Anda wajib menggambar bentuk sebuah lingkaran besar mengitari gambar lingkaran kecil. Tahap selanjutnya Anda bisa memulai menggambar sebuah sketsa bagian yang mudah-mudah terlebih dulu, untuk bagian tangkai seperti membuat garis lengkung yang vertikal.

Jika Anda sudah siap, maka mulailah menggambar sketsa bunga matahari dari lingkaran kelopak bunga hingga tangkai bunganya. Maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah bisa memulai untuk menggambar bagian daun dengan bentuk seperti oval pada setiap sisinya.

Tahap lanjutannya bisa Anda mulai dengan menggambar kelopak bunga matahari. Anda bisa menggambar kelopaknya dengan cara membuat hati yang membentang pada lingkaran kecil dan besar di atas gambar besar.

Apabila Anda ingin membuat sketsa bunga matahari, maka hanya perlu mengulang teknik yang saya jelaskan ini. Sedangkan untuk tahap bagian akhirnya ialah dengan menggambar di dalam lingkaran yang kecil dengan bentuk garis yang miring namun saling berhubungan satu sama lainnya.

3. Sketsa Gambar Bunga Mawar

Sketsa Gambar Bunga Mawar 2
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Bunga Mawar
Ilmunik.com

Bunga mawar adalah sebuah bunga yang paling banyak dipakai untuk pembelajaran dalam membuat sebuah gambar sketsa bunga. Bahkan tidak jarang juga para seniman lukis menjadikan bunga mawar sebagai objek yang paling disukainya.

Bunga mawar memang mempunyai bentuk yang indah, serta banyak menarik perhatian. Bukan hanya itu saja, bunga mawar juga memiliki bau yang sangat harum dan sering digunakan sebagai parfum.

Pada pembuatan gambar sketsa bunga mawar, langkah awal yang harus diperhatikan adalah dengan cara memulai membuat garis melengkung menyamai huruf U.

Tahap selanjutnya adalah membuat garis lagi dengan ukuran yang lebih besar dan halus di tempatkan pada garis lengkung yang Anda buat tadi. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan tiga garis lengkung yang sama.

Supaya sketsa bunga mawar bisa menjadi lebih indah dan menarik, maka Anda dapat membuat garis vertikal dengan sedikit melengkung seperti batang mawar pada umumnya. Kemudian pada setiap sisi bunganya terdapat oval yang bentuknya sama seperti daun, serta bisa memulai memberikan kelopak mawarnya.

4. Sketsa Gambar Bunga Sakura

Sketsa Gambar Bunga Sakura
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Bunga Sakura 2
Ilmunik.com

Cara menggambar selanjutnya adalah bunga sakura yang biasanya banyak tumbuh di negara Jepang dan dibuat sebagai julukan negara ini. Bunga sakura memang sangatlah indah, jadi tidak mengherankan apabila banyak orang yang memakainya sebagai salah satu objek dalam membuat gambar. Selain itu, sketsa gambar bunga sakura tidak terlalu sulit untuk dikerjakan.

Tahap awal yang harus dilakukan adalah dengan membuat sebuah lingkaran kecil yang nantinya akan menjadi patokan awal. Jika sudah dibuat, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menggambar bentuk lingkaran, namun sedikit oval di sisi sampingnya.

Kemudian gambarlah lagi seperti lingkaran tadi sebanyak 3 atau 4 buah, kemudian Anda bisa mempertebalnya hingga gambar menjadi lebih indah. Tahap selanjutnya adalah dengan menggambar batang yang berada di bawah bunga sakura.

Anda bisa menggambar batang bunga sakura dari pada dengan melihat contoh dari foto atau film. Batang bunga sakura mempunyai ukuran lebih kecil dan beberlok-belok.

Pada umumnya, Anda tidak hanya membuat satu gambar sketsa bunga sakura saja, namun bisa juga membuat dalam jumlah besar, sehingga hasilnya lebih indah.

5. Sketsa Gambar Bunga Tulip

Sketsa Gambar Bunga Tulip
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Bunga Tulip 2
Ilmunik.com

Apabila Anda ingin membuat sketsa gambar bunga yang jauh lebih mudah dan simpel, maka Anda bisa menggambar bunga tulip. Selain memiliki bentuk yang indah, bunga tulip juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai gambar sketsa.

Tahap awal yang harus dilakukan adalah dengan membentuk huruf U dengan tepi yang membentuk kerucut. Lalu gambar garis samping dan bawah di tengah gambar U, sehingga bisa membentuk pola sketsa bunga tulip.

Apabila telah menggambar kelopak bunga tulip, maka tahap selanjutnya Anda bisa menggambar batang dari bunga tulip itu sendiri.

Untuk menggambar batang, memang sangatlah mudah dengan hanya perlu membuat garis lurus saja serta sedikit berikan variasi-variasi agar sama dengan batang bentuk aslinya. Jangan lupa juga untuk membuat gambar daun bunga tulip dengan bentuk meruncing.

Supaya nantinya bisa mempercantik, selain itu Anda juga bisa menambahkan warna pada sketsa yang telah dibuat. Apabila tidak ingin memberikan warna, maka Anda bisa mempertebal garis sketsa bunga tulip agar terlihat lebih cantik.

6. Sketsa Gambar Bunga Teratai

Sketsa Gambar Bunga Teratai
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Bunga Teratai 2
Ilmunik.com

Anda juga bisa belajar untuk membuat sketsa gambar bunga teratai, dimana berupa bunga yang mengambang diatas air serta mengandung banyak filosofi. Apabila Anda tertarik untuk membuat sketsa bunga teratai, caranya hampir sama dengan menggambar sketsa bung mawar, yang pembuatannya saling tumpang tindih pada gambar yang dibentuk.

Apabila Anda melihat bunga teratai yang memuat komposisi kelopak bunga sebanyak 3 bagian, dari bagian kuncup hingga semi berbunga dan mekar. Ketika membuat gambar sketsa bunga teratai mungkin tidak terlalu sulit dikerjakan.

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah menggambar sebuah gambar berbentuk lingkaran, lalu membuat kelopak bunga dan gambar oval disekitar lingkaran.

Tahap selanjutnya adalah dengan memperccantik gambar bunga teratai dengan bagian tangkai dibawah kelopak. Anda bisa meningkatkan ketebalan gambar supaya terlihat lebih menarik dan cantik.

Tahap akhir dalam pembuatan sketsa gambar bunga teratai adalah dengan menggambar daun lebar berbentuk dai seperti daun teratai aslinya.

7. Sketsa Gambar Bunga Sepatu

Sketsa Gambar Bunga Sepatu
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Bunga Sepatu 2
Ilmunik.com

Bunga sepatu merupakan jenis tanaman bunga semak asli dari negara Asia Timur. Bunga sepatu ini sangat banyak ditemukan terutama di sekitar rumah.

Untuk menggambar sketsa bunga ini, maka Anda bisa melihatnya pada gambar yang saya berikan diatas. Selain itu, teknik menggambar sketsa bunga sepatu juga tergolong cukup mudah dilakukan, tidak terlalu sulit.

Bagi para pemula sebaiknya, tirulah gambar yang sudah saya berikan diatas.

8. Sketsa Gambar Bunga Anggrek

Sketsa Gambar Bunga Anggrek
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Bunga Anggrek 2
Ilmunik.com

Bunga anggrek adalah jenis tanaman berbunga yang mempunyai anggota atau macam paling banyak. Bunga anggrek ini termasuk salah satu tanaman hias yang paling terkenal hingga saat ini dan selalu dibudidayakan.

Bunga anggrek ini mempunyai bentuk dan warna yang sangat beragam. Untuk menggambarnya Anda mengamati terlebih dulu tanaman ini di sekitar rumah Anda.

Apabila Anda tidak menemukan tanaman anggrek, disini saya memberikan berbagai jenis sketsa gambar bunga anggrek, hingga lukisan bunga yang pastinya bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam kegiatan menggambar dan melukis bunga anggrek.

Cara Mudah Membuat Sketsa Gambar Bunga Anggrek;

  1. Buatlah lingkaran kecil pada bagian tengah bunga.
  2. Tambahkanlah garis yang berbeda untuk membuat kelopak bunganya.
  3. Kemudian buatlah garis menyamai kurva untuk dapat seperti inti ranting.
  4. Pada bagian tengah bunga, Anda bisa menambahkan dua garis dengan bentuk tipis yang sama seperti kelopak bunga.
  5. Buatlah cabang-cabang dan sempurnakan degan membuat cabang yang bergaris tebal.

9. Sketsa Gambar Bunga Kamboja

Sketsa Gambar Bunga Kamboja
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Bunga Kamboja 2
Ilmunik.com

Bunga kamboja adalah tanaman indah yang diciptakan oleh Tuhan yang maha kuasa di dunia ini. Semua yang berhubungan dengan gambar bunga kamboja ini merupakan gambaran betapa indahnya alam yang ada di seluruh dunia ini.

Kita seharusnya harus selalu bisa mensykuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda membuat gambar sketsa bunga kamboja yang tidak begitu sulit untuk dikerjakan.

Jika Anda kebingungan dengan objek gambar kamboja, bisa Anda lihat pada gambar yang saya telah saya berikan diatas.

10. Sketsa Gambar Bunga Melati

Sketsa Gambar Bunga Melati
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Bunga Melati 2
Ilmunik.com

Sketsa gambar bunga selanjutnya ialah gambar bunga melati yang teknik menggambarnya hampir sama dengan gambar sketsa bunga mawar.

Tahap pertama yang harus dikerjakan dalam pembuatan sketsa bunga melati adalah membentuk lingkaran kecil yang dijadikan sebagai titik awal menggambar bunga melati. Untuk menggambar lingkaran kecilnya, sebaiknya diawali dengan membuat kelopak bunga satu per satu.

Tahap selanjutnya adalah dengan membuat kelopak bunga tadi, hingga tidak ada lagi bagian yang kosong. Jika Anda ingin membuat sketsa bunga melati ketika musim semi, maka gambarlah sketsa dengan pola menyerupai bentuk U dan lakukanlah hingga 4 kali.

Agar menghasilkan sketsa gambar bunga melati semi kucup, cantik dan menawan, Anda bisa menyempurnakannya dengan membuat garis vertikal sedikit melengkung. Jangan lupa juga membuat tangkai bunga dengan garis lurus ke bawah, kemudian tahap akhirnya buatlah daun dengan bentuk oval yang lancip pada bagian ujungnya.

11. Sketsa Gambar Bunga Sederhana

Sketsa Gambar Bunga Sederhana
Ilmunik.com

Apabila Anda merasa kesulitan dalam menggambar beberapa sketsa gambar bunga yang saya berikan diatas, maka Anda bisa mencoba membuat sketsa bunga sederhana.

Tahap awalnya, Anda dapat menggambar 1 lingkaran besar, kemudian buatlah lagi 1 lingkaran di dalam lingkaran besar tersebut dengan ukuran yang lebih kecil. Kemudian Anda bisa melanjutkannya dengan menggambar batang dan daun pohon pada masing-masing batang.

Bentuklah menyerupai hati dengan pola panjang, tujuannya adalah untuk membuat kelopak bunga. Untuk memperoleh kelopak bunga yang banyak Anda bisa mengulangi proses pembuatannya sebanyak 3 kali atau lebih hingga mengelilingi lingkaran kecil. Kemudian buatlah kelopak bunga sampai bisa menutupi bagian yang kosong.

Tahap selanjutnya Anda harus membuat garis miring dengan pola saling bersilang pada lingkaran kecil, supaya gambar menjadi lebih menarik, Anda juga bisa mempertebal garis-garinsya.

13. Gambar Sketsa Bunga Cantik

Gambar Sketsa Bunga Cantik
Ilmunik.com

Menggambar sketsa bunga yang indah akan tergantung pada bentuk bunga yang menjadi subjek dalam menggambar itu sendiri. Semua bentuk dan macam-macam bunga pastinya bisa dijadikan sebagai sketsa gambar bunga cantik.

Apabila menggambarny secara baik dan benar, maka akan menghasilkan sebuah karya yang indah untuk dilihat. Gambar diatas merupakan contoh sketsa gambar cantik yang dikomposisikan dengan tepat.

Setelah Anda mencoba menggambar sketsa bunga yang indah diatas, maka langkah selanjutnya adalah dengan memberikan warna pada gambar sketsa. Supaya nantinya gambar lebih terlihat cantik dan sama dengan bentuk aslinya.

Hasil contoh dari memberikan warna sketsa akan menghasilkan warna yang cantik dan indah. Pelajari juga berbagai sketsa kucing yang bisa Anda jadikan referensi.

Nah, mungkin hanya itu saja berbagai sketsa gambar bunga yang dapat saya berikan untuk sobat ilmunik. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan kemudahan dan menjadi referensi Anda dalam menggambar sketsa bunga. Akhirnya cukup sekian dari saya dan salam dari penulis.

Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *