Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

5551+ Sketsa Gambar Ikan | Hias, Koi, Cupang, Arwana, Mas (Lengkap)

10 min read

sketsa gambar ikan

Sketsa Gambar Ikan – Ikan merupakan salah satu dari sekian banyaknya jenis binatang yang hidup di air laut, sungai, tawar dan payau. Berbagai macam ikan mempunyai keindahan dan keunikan yang akan membuat mata kita terpesona jika melihatnya. Bentuk yang berbagai macam corak warna pada tubuh ikan sering diaplikasikan dalam sebuah foto atau gambar.

Lukisan atau gambar sketsa ikan dapat digunakan sebagai penghias dinding ruangan dalam rumah. Bukan hanya itu saja, gambar ikan juga bisa menjadi sumber pendapatan tambahan sebab hingga sekarang ini lukisan ikan masih banyak peminatnya.

Akan tetapi kegiatan menggambar atau menggambar ikan pastinya tidak semudah yang sobat ilmunik bayangkan. Anda harus memperhatikan dan memberikan gambaran tubuh ikan yang berada di bawah pengawasan penggambaran.

Untuk memudahkan dalam melukis, Anda sebaiknya membuat sketsa terlebih dulu sebagai acuan sobat ilmunik dalam melukis kedepannya.

Nah, oleh sebab itu, saya memberikan berbagai kumpulan sketsa ikan yang mudah untuk kalian buat dan berbagai macam seperti ikan hias, koi, cupang, nemo koki, mas dan lain-lain. Untuk penjelasannya ada di bawah ini.

1. Sketsa Gambar Ikan

Sketsa Gambar Ikan
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Ikan 2
Ilmunik.com

Dalam kegiatan menggambar sketsa ikan bisa menjadikan sebagai aktivitas yang seru dan dapat menghasilkan berbagai gambar sesuai hati kita. Apabila memang benar-benar serius dan cermat dalam proses penggambarannya, akan menghasilkan karya yang memiliki nilai jual tinggi.

Sebelum melakukan kegiatan menggambar ikan, lebih baik Anda menggambar dasarannya atau sketsa terlebih dulu. Supaya nantinya bisa mempermudah dalam proses pembuatan bentuk ikan, sehingga dengan itu hasil yang didapat lebih menjadi baik, menari dan maksimal.

Jika Anda masih pemula dalam kegiatan menggambar atau melukis, saya sarankan untuk mencari berbagai macam sketsa ikan yang mudah untuk dibuat terlebih dulu. Supaya nantinya Anda tidak mengalami kesulitan dalam proses pengerjaannya, seperti contoh sketsa gambar ikan diatas.

2. Sketsa Ikan Koi

Sketsa Ikan Koi
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Koi 2
Ilmunik.com

Ikan koi adalah salah satu jenis ikan yang banyak di budidayakan oleh masyarakat Indonesia. Sebab jenis ikan ini mempunyai tubuh yang sangat beragam dan harga yang terjangkau menjadikan ikan yang berasal dari negara Jepang ini menjadi idaman bagi para pecinta ikan Indonesia.

Ikan koi di negara Jepang mempunyai nama asli Nishikigoi, yang berarti ikan yang berwarna warni. Di negara Jepang ikan ini juga menjadi semacam simbol cinta dan persahabatan.

Bukan hanya itu saja, ikan koi juga dikenal sebagai ikan abadi sebab umurnya dapat mencapai hingga 200 tahun.

Dalam lingkup seni, nama ikan koi sudah tidak asing lagi. Selain di budidayakan, ikan koi juga banyak dijadikan sebagai objek untuk para seniman untuk bisa menghasilkan karya lukis atau gambar, seperti sketsa ikan koi hitam putih yang saya berikan diatas.

Jenis lukisan ikan koi termasuk ke dalam lukisan feng shui, yakni lukisan yang dianggap sebagai simbol kemakmuran.

3. Sketsa Ikan Hias

Sketsa Ikan Hias
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Hias 2
Ilmunik.com

Setelah ikan koi, apakah sobat ilmunik sudah tau bahwa ikan hias dirumah ternyata mempunyai banyak manfaatnya loh? Selain akan membuat suasana rumah menjadi lebih penting, ikan hisa juga dapat membantu untuk menghilangkan stres dan pikiran-pikiran negatif.

Banyak para ahli yang telah meneliti berkaitan dengan manfaat dari ikan hias. Mereka berpendapat bahwa orang yang banyak mengandalkan ikan hias akan lebih mudah mengontrol emosinya.

Hal ini diakibatkan oleh corak ikan hias yang sangat beragam akan membuat mata dan otak menjadi segar kembali. Selain itu, dengan melihat berbagai macam ikan hias akan membuat sobat ilmunik menemukan inspirasi baru dalam menggambar.

Berbagai macam kegiatan dilakukan ikan dapat dijadikan sebagai objek dalam gambar yang akan sobat buat. Jika Anda kebingungan mencari sketsa ikan hias, saya sudah memberikan berbagai macam contoh sketsa gambar ikan hias diatas yang dapat dijadikan sebagai ide dalam menggambar.

4. Sketsa Ikan Cupang

Sketsa Ikan Cupang
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Cupang 2
Ilmunik.com

Mungkin ikan cupang juga termasuk ke dalam jenis ikan hias dan juga petarung. Sedikit pengetahuan tentang ikan cupang ini bahwa berasal dari perairan tawar berbagai negara di Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia.

Mempunyai berbagai macam jenis dan corak yang beragam membuat ikan ini memiliki banyak penggemar.

Para pecinta ikan cupang di Indonesia tersebar di berbagai daerah, seperti Kediri, yang menjadikan ikan cupang sebagai hewan peliharaan untuk dinikmati keindahannya, namun juga digunakan bisnis budidaya.

Diantara berbagai jenis ikan cupang yang mempunyai corak unik adalah golongan Halfmoon, Slayer, Serit, dan Fancy.

Jadi tidak mengherankan apabila dari jenis yang saya sebutkan diatas dijadikan objek dalam karya seperti lukisan atau gambar. Terdapat juga yang mengaplikasikannya dalam bentuk sketsa yang sederhana namun elegan.

5. Sketsa Ikan Arwana

Sketsa Ikan Arwana
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Arwana 2
Ilmunik.com

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan endemik atau asli dari Indonesia. Ikan yang memiliki nama latin Scleropages Sp ini banyak ditemukan diperairan tawar Kalimantan dan Papua.

Biasanya ikan arwana lembut dan berkembang biak di tepian sungai yang ditumbuhi pepohonan. Pada awalnya ikan ini adalah ikan yang diburu untuk kebutuhan pasar ikan konsumsi.

Namun pada saat ini sudah mulai jarang dijadikan ikan pasar, lebih banyak dipelihara sebab banyak orang yang mulai menyadari akan keindahannya.

Berbagai macam corak yang unik dan warna mencolok menambah daya tarik sendiri untuk para pencinta ikan hias. Berbagai macam jenis ikan arwana favorit mempunyai harga yang cukup tinggi. Misalnya seperti ikan koi  dan ikan mas, gambar atau lukisan ikan arwana juga mempunyai nilai feng sui.

6. Sketsa Ikan Mas

Sketsa Ikan Mas
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Mas 2
Ilmunik.com

Mungkin tidak banyak dari sobat ilmunik yang mengalami kesulitan dalam membedakan antara ikan mas dan ikan koi, sebab memang ada beberapa topik yang sama antara keduanya. Bentuk dari ikan mas juga memiliki kesamaan dengan ikan koi yang membuat banyak orang bingung menyebutnya.

Namun ada cara yang cukup mudah untuk membedakan keduanya, yakni ikan koi tidak dapat hidup di tangki kecil. Sebab inilah para pecinta ikan memeliharanya di kolam taman rumah mereka.

Tidak jauh berbeda dengan ikan koi dalam dunia feng sui, ikan yang tidak dipercaya bisa meningkatkan dapat menciptakan energi yang baik diterapkan atau ditempat lukisan ikan mas diletakkan.

Menarik ya sob? Nah, bagi sobat ilmunik yang ingin mempunyai gambar atau lukisan ikan mas dirumah, Anda bisa membuatnya sendiri kok. Diatas sudah saya berikan berbagai macam contoh sketsa gambar ikan mas yang mudah untuk sobat ilmunik gambar atau dijadikan sebagai referensi.

Baca Juga Sketsa Gambar Bunga

7. Sketsa Ikan Nemo

Sketsa Ikan Nemo
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Nemo 2
Ilmunik.com

Pasti sobat ilmunik tidak asing lagi dengan ikan nemo? Ikan yang menjadi karakter lucu di dalam film ini menjadi salah satu tokoh kartun favorit anak-anak. Ikan yang memiliki corak tubuh orange, putih dan sedikit warna hitam, ia juga suka sekali tinggal di anemon laut yang cantik.

Pada kehidupan nyata, khususnya negara Indonesia, ikan ini dikenal dengan sebutan ikan badut. Habitat aslinya berada di perairan air hangat dengan kedalaman kurang lebih 50 cm yang berair jernih.

Sobat ilmunik juga dapat menemukan ikan nemo di buku-buku latihan menggambar anak-anak. Sebab bentuknya yang mungil dan warnanya yang menarik akan menambah daya tarik tersendiri bagi anak-anak ingin membelinya.

Akan tetapi, sobat ilmunik juga bisa menggambarnya dengan mudah sendiri di rumah. Untuk lebih memudahkan kalian, saya sudah memberikan berbagai macam contoh sketsa gambar ikan nemo yang mudah untuk digambar dan dijadikan sebagai referensi diatas.

8. Sketsa Ikan Koki

Sketsa Ikan Koki 2
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Koki
Ilmunik.com

Sketsa ikan selanjutnya adalah binatang air mungil yang bernama ikan koki, yang merupakan jenis ikan yang masih satu spesies dengan ikan mas. Pada asalnya ikan ini dikenal sebagai ikan peliharaan rumah-rumah pada zaman dinasti Sung di Tiongkok.

Lalu bangsa Jepang berhasil mempopulerkan ikan ini dengan menyebarkan ke wilayah Amerika dan Eropa.

Negara Indonesia sendiri ikan ini adalah salah satu jenis ikan hias yang paling banyak peminatnya. Sebab dapat diketahui dari banyaknya orang yang memelihara ikan ini di aquarium mereka.

Dengan harga yang cukup terjangkau dan jenisnya yang beragam menjadikan salah satu faktor penyebabnya.

Berbagai jenis ikan koki mempunyai keindahan yang sangat cocok untuk digunakan sebagai objek menggambar. Berbagai contoh sketsa gambar ikan koki diatas dapat sobat ilmunik jadikan referensi dalam berkarya seni gambar atau lukis.

9. Gambar Sketsa Ikan Guppy

Gambar Sketsa Ikan Guppy
Ilmunik.com
Gambar Sketsa Ikan Guppy 2
Ilmunik.com

Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan hias yang mempunyai ukuran tubuh yang cenderung kecil. Namun demikian, ikan guppy termasuk ikan yang cukup terkenal di kalangan pecinta ikan hias.

Ikan yang memiliki pola ekor yang berbeda-beda akan menambah daya tarik tersendiri.

Ikan yang aslinya berasal dari benua Amerika ini bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga berkembang biak dengan cepat. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila penyebaran ikan ini mencapai ke seluruh dunia.

Ikan yang termasuk banyak di Indonesia ini menjadi salah satu ikan hias yang cukup banyak penggemarnya. Selain memiliki kemampuan dalam berkembang biak, ikan ini dapat hidup liar di sungai dan selokan mulai dicintai sebab kecantikannya.

Selain digunakan sebagai ikan hias dalam aquarium, terdapat banyak cara untuk bisa menikmati keindahan ikan guppy. Salah satunya adalah dengan dapat dituangkan dalam bentuk karya seni lukis atau menggambar.

Untuk memudahkan kalian mencari objeknya, saya sudah memberikan berbagai macam contoh dari sketsa gambar ikan guppy yang bisa dijadikan sebagai referensi.

10. Sketsa Gambar Ikan Louhan

Sketsa Gambar Ikan Louhan
Ilmunik.com
Sketsa Gambar Ikan Louhan 2
Ilmunik.com

Ikan louhan juga bisa sobat ilmunik jadikan sebagai objek dalam menggambar, yakni ikan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan Cichlid.

Ikan ini mempunyai posisi benjolan pada bagian kepala, ikan louhan termasuk ke dalam jenis ikan hias yang memiliki harga fantastis. Walaupun demikian, ikan ini mempunyai banyak sekali peminat yang rela mengeluarkan uangnya demi membawanya pulang.

Tidak sedikit orang yang mempercayai kekayaan ikan louhan bisa membawa keberuntungan baik untuk pemiliknya. Saya juga sudah memberikan berbagai macam contoh sketsa gambar ikan laouhan diatas yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam menggambar dan melukis.

11. Sketsa Ikan Lumba-Lumba

Sketsa Ikan Lumba-Lumba 2
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Lumba-Lumba
Ilmunik.com

Ikan lumba-lumba termasuk hewan mamalia yang hidup di laut serta jumlahnya sangat banyak dan beragam. Mamalia satu ini mempunyai tubuh yang kencang sehingga membuat lumba-lumba dapat berenang dengan cepat ke permukaan air.

Hal ini juga yang membuat ikan lumba-lumba digunakan sebagai bahan pertunjukan di berbagai wahana hiburan tempat bermain. Selain tingkahnya yang lucu, lumba-lumba juga menjadi inspirasi tokoh kartun anak-anak yang cukup terkenal.

Nah, bagi sobat ilmunik yang ingin menggambar ikan ini, dibagian atas sudah saya berikan berbagai macam contoh sketsa gambar ikan lumba-lumba yang mudah digambar.

12. Gambar Sketsa Ikan Paus

Gambar Sketsa Ikan Paus
Ilmunik.com
Gambar Sketsa Ikan Paus 2
Ilmunik.com

Ikan paus juga termasuk hewan mamalia laut yang mempunyai ukuran tubuh yang sangat besar. Salah satu spesies ikan paus yang paling besar adalah jenis ikan paus biru. Spesies paus biru dewas biasanya mempunyai ukuran tubuh yang panjangnya hingga 30 meter dan beratnya mencapai 180 ton atau sama dengan 40 ekor gajah.

Paus juga mempunyai tubuh yang besar tergolong ikan yang tidak berbahaya lo sobat ilmunik. Ikan ini biasanya mengkonsumsi berbagai macam hewan kecil seperti crustacea dan hewan kecil lainnya. Walaupun demikian, tidak diperlukan untuk terlalu dekat dengan ikan ini.

Keindahan yang dimiliki ikan paus juga bisa diaplikasikan pada sketsa, diatas sudah saya berikan berbagai macam contoh sketsa gambar ikan paus yang unik dan lucu hidup di dalam air.

13. Sketsa Ikan Hiu

Sketsa Ikan Hiu
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Hiu 2
Ilmunik.com

Ikan hiu adalah jenis ikan ganas atau predator yang mempunyai gigi yang tajam dan runcing keatas. Gigi-gigi yang tajam tersebut berfungsi sebagai pembantu dalam merobek daging mangsanya ketika sedang mencari makanan.

Ikan hiu juga bisa mencium bau darah di dalam udara sekalipun dari jarak yang cukup jauh.

Memiliki bentuk tubuh yang besar dan gagah membuat kebanyakan anak laki-laki mengidolakan ikan hiu ini. Sebab biasanya anak laki-laki ingin menjadi pemberani seperti layaknya kelakuan ikan ini.

Untuk anak yang mempunyai jiwa seni, ikan hiu bisa menjadi objek yang menarik untuk dijadikan gambar atau lukisan. Seperti berbagai macam contoh sketsa gambar ikan yang telah saya berikan diatas untuk dijadikan sebagai referensi atau acuan.

14. Sketsa Ikan Lele

Sketsa Ikan Lele
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Lele 2
Ilmunik.com

Sudah tidak asing lagi bahwa ikan lele menjadi salah satu ikan konsumsi favorit masyarakat Indonesia. Disamping harganya yang terjangkau, ikan ini juga memiliki rasa yang nikmat untuk dijadikan lauk.

Ketika sobat ilmunik sedang berada di jalan pasti akan menemukan rumah makan sederhana samping jalan dengan gambar ikan lele di depannya. Hal itulah yang menandakan bahwa warung tersebut menyediakan menu masakan ikan ini.

Ikan lele juga tidak kalah menarik untuk dijadikan sebagai sketsa dalam menggambar. Bagi Anda yang kebingungan mencari idenya, diatas sudah saya berikan berbagai macam contoh sketsa gambar ikan lele yang bisa dijadikan referensi.

Baca Juga Sketsa Burung

15. Sketsa Ikan Mujair

Sketsa Ikan Mujair
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Mujair 2
Ilmunik.com

Tidak jauh berbeda dengan ikan lele, ikan mujair juga biasanya dijadikan olahan lauk oleh masyarakat Indonesia. Namun perlu diketahui, selain memiliki rasa yang nikmat ikan mujair juga terkenal dengan misteri masuknya ikan di negara Indonesia.

Ikan ini pertama kali ditemukan oleh Pak Moedjair di muara sungai Kali Serang Pantai Selatan Blitar. Banyak sekali orang yang menanyakan bagaimana ikan yang berasal dari Afrika tersebut bisa sampai ke daerah terpencil yakni kota Blitar.

Maka dari itu, untuk mengenang si penemu ikan ini di Indonesia, maka ikan yang ditemukan ini diberikan nama mujair. Untuk contoh sketsa gambar ikan mujair sudah saya berikan diatas, barangkali bisa dijadikan sebagai referensi.

16. Gambar Sketsa Ikan Gurame

Gambar Sketsa Ikan Gurame
Ilmunik.com
Gambar Sketsa Ikan Gurame 2
Ilmunik.com

Ikan gurame juga biasanya disebut dengan rajanya ikan tawar. Sebab tidak diketahui penyebab berasalnya, akan tetapi ikan gurame menjadi ikan favorit untuk para pecinta kuliner. Peluang ini juga yang banyak dimanfaatkan oleh berbagai rumah makan untuk dijadikan menu lauk.

Ikan gurame juga tidak kalah menarik apabila dijadikan sebagai sketsa. Anda bisa melihat berbagai macam contoh gambar sketsa ikan gurame dibagian atas yang bisa dijadikan sebagai referensi.

17. Sketsa Ikan Patin

Sketsa Ikan Patin
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Patin 2
Ilmunik.com

Ikan patin ini masih satu keluarga dengan ikan lele yang bentuknya memanjang memiliki kumis. Apabila dilihat sekilas, berbagai bagian tubuh antara kedua ikan ini terdapat kemiripan.

Akan tetapi, jika dibandingkan dengan ikan lele, patin mempunyai warna yang lebih terang. Serta memiliki sifat nokturnal yang beraktivitas di tepian muara sungai-sungai besar.

Walaupun ikan-ikan Catfish dapat hidup di air keruh, tapi ikan patin lebih menyukai lingkungan dengan kondisi air yang jernih. Untuk contoh sketsa gambar ikan patin sudah saya berikan diatas sebagai referenis menggambar.

18. Sketsa Ikan Yang Mudah

Sketsa Ikan Yang Mudah
Ilmunik.com
Sketsa Ikan Yang Mudah 2
Ilmunik.com

Terdapat banyak sekali jenis ikan yang mudah digambar untuk Anda jadikan referensi dalam melukis. Seperti jenis-jenis ikan yang saya sebutkan diatas, mulai ikan hias hingga ikan patin.

Dalam membuat sketsa gambar ikan juga tidak terlalu sulit kok sobat ilmunik. Hanya saja membutuhkan kesabaran dan ketelitian pada saat proses menggambar.

Selain itu, saya juga sudah memberikan berbagai macam contoh gambar sketsa ikan yang mudah digambar di bagian atas untuk Anda jadikan referensi.

19. Gambar Sketsa Ikan

Gambar Sketsa Ikan
Ilmunik.com
Gambar Sketsa Ikan 2
Ilmunik.com

Sudah tidak asing lagi bahwa luasnya perairan di dunia ini menyimpan keindahan yang luar biasa banyaknya. Berbagai macam biota dengan keragaman jenis dapat ditemukan disana, serta berbagai macam terumbu karang warna-warni dan ikan-ikan yang unik akan mudah sobat ilmunik temukan.

Misalnya saja di lautan, apabila Anda menyelam dan snorkeling akan menemukan cara untuk menikmati keindahan ikan-ikan yang ada dilautan. Nah, oleh sebab itu anda bisa menuangkannya dalam bentuk lukisan atau gambar.

Bagi Anda yang masih pemula dalam menggambar, usahakanlah mencari objek yang masih mudah dan tidak terlalu rumit dalam pengerjaannya. Di bagian atas sudah saya berikan berbagai macam gambar sketsa ikan yang unik, lucu, indah dan pastinya dapat memberikan Anda ide dalam menggambar.

Baca Juga Sketsa Kelinci

20. Cara Menggambar Ikan

Kegiatan menggambar ikan menjadi salah satu aktivitas yang cukup menyenangkan, sebab ketika itu sobat ilmunik bisa memvisualkan untuk menggunakan tangan.

Memang bukan hal yang cukup mudah untuk dikerjakan dalam mengaplikasikan bayangan ikan dalam pikiran ke dalam sebuah gambar atau lukisan. Oleh sebab itu, sobat ilmunik bisa memulainya dengan menggambar sketsa ikan yang sederhana.

Dibawah ini adalah cara menggambar sketsa ikan sederhana paling mudah.

  • Langkah 1 Menggambar Ikan

Langkah 1 Menggambar Ikan
Ilmunik.com

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat bagian awal tubuh ikan menggunakan dua garis yang agak melengkung dan saling memotong pada salah satu ujungnya. Coba perhatikan gambar yang telah saya berikan diatas, cobalah meneliti, mengamati dan praktekkan.

  • Langkah 2 Menggambar Ikan

Langkah 2 Menggambar Ikan
Ilmunik.com

Kemudian setelah langkah pertama adalah dilanjutkan dengan dua garis yang saling melintang tadi dengan garis lengkung untuk ekor dan tambahkan juga sisi satunya untuk insang.

  • Langkah 3 Menggambar Ikan

Langkah 3 Menggambar Ikan
Ilmunik.com

Tambahkan gambar bagian mulut dan mata ikan, serta jangan lupa untuk membuat gambar sirip pada tubuh ikan seperti gambar diatas.

Apabila Anda mengalami kesulitan, kalian juga dapat melakukannya terlebih dulu. Sebab latihan seperti ini akan sangat membantu.

  • Langkah 4 Menggambar Ikan

Langkah 4 Menggambar Ikan
Ilmunik.com

Sobat ilmunik juga harus fokus pada bagian ini. Cobalah perhatikan bahwa ikan cenderung lebih gelap pada bagian sirip atas dan perutnya teran. Lalu buatlah goresan satu arah di bagian sirip agar nampak lebih seperti aslinya.

  • Langkah 5 Menggambar Ikan

Langkah 5 Menggambar Ikan
Ilmunik.com

Berikanlah sapuan tipis di bagian tubuh ikan menggunakan pensil sebagai pola sisik, kerjakanlah secara menyilang dengan lembut. Nah coba perhatikan, gambar ikan sederhana sudah berhasil Anda buat.

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja ya sobat ilmunik, sedikit uraian yang dapat saya jelaskan tentang berbagai macam contoh sketsa gambar ikan yang mudah, unik, cantik dan lucu. Semoga dengan berbagai penjelasan diatas bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda, cukup sekian dan salam dari penulis untuk Anda.

Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *