Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

3331+ Sketsa Kelinci | Sederhana, Lucu, Berdiri, Melompat (Lengkap)

7 min read

sketsa gambar kelinci

Sketsa Kelinci – Kelinci adalah salah satu binatang yang imut dan lucu, jadi tidak mengherankan apabila hewan ini sering dijadikan hewan peliharaan di rumah. Kelinci termasuk jenis hewan mamalia dari family Leporidae, yang sangat mudah sekali kita temukan di hampir seluruh belahan dunia.

Binatang satu ini berkembang biak dengan cara melahirkan atau yang disebut dengan jenis hewan vivipar. Apabila di dasarkan sejarahnya, dulunya hewan kelinci adalah hewan liar yang hidup di daratan Afrika hingga daratan Eropa.

Di dalam proses perkembangnnya sekitar tahun 1912, hewan ini digolongkan dalam ordo Lagomorpha. Pembedanya menjadi dua family, yakni Leporidea dan Ochtinodae (jenis pika yang pintar bersiul).

Sebutan kelinci sendiri pada awalnya berasal dari bahasa Belanda yakni “konijntje” yang artinya anak kelinci. Kelinci sendiri mulai masuk ke wilayah Nusantara dan mulai dikenal di masa penjajahan Belanda.

Akan tetapi, pada wilayah nusantara sendiri ada spesies kelinci endemik, lebih tepatnya di Pulau Sumatera. Memiliki nama ilmiah Nesolagus Netscher yang baru ditemukan sekitar tahun 1972.

Binatang ini termasuk hewan yang memiliki bulu sangat lucu dan menggemaskan, maka tidak jarang membuat banyak orang ingin menjadikannya sebagai objek dalam menggambar ataupun melukis.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan berbagai macam contoh gambar sketsa kelinci yang mudah, lucu dan menggemaskan untuk sobat ilmunik. Oke langsung saja kita simak penjelasan yang saya berikan di bawah ini.

1. Gambar Sketsa Kelinci Mudah

Gambar Sketsa Kelinci Mudah
Ilmunik.com
Gambar Sketsa Kelinci Mudah 2
Ilmunik.com

Secara umumnya, binatang kelinci di bagi menjadi dua macam, yakni kelinci peliharaan dan kelinci liar. Golongan yang termasuk kelinci liar adalah Terwelu atau nama ilmiahnya Lapus Curpaeums dan kelinci Oryctolagus Cuniculus.

Jika berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kelinci bisa hidup 5 hingga 10 tahun lamanya, dengan masa produksi hingga 3 tahun dengan lama mengandung 28 hingga 35 hari dan rata-rata 29 hingga 31 hari.

Berdasarkan sejarah, kelinci awal masuk ke Indonesia adalah dibawa oleh orang-orang dari Belanda di masa penjajahan sekitar 1835.

Di negara Indonesia, kelinci sendiri banyak sekali di budidayakan atau diternak secara komersial oleh para peternak kelinci. Dimana kelinci hias menjadi idaman untuk para peternak kelinci, sebab selain memiliki bentuk yang lucu dan imut juga memiliki harga jual yang cukup tinggi dan banyak diminati oleh para pembeli.

Dalam memelihara kelinci sendiri tidak terlalu sulit untuk dilakukan, apabila salah dalam memelihara pastinya kelinci akan mudah sakit, kurus dan mati.

Pastinya tidak ingin kan sob apabila binatang kesayangan yang telah kita beli mahal-mahal meninggal begitu saja? Oleh sebab itu usahakan merawat kelinci dengan cara yang baik dan benar serta mencari referensi bacaan atau meminta arahan dari orang yang sudah berpengalaman.

Kelinci juga bisa digunakan sebagai objek dalam menggambar ataupun melukis, sebab banyak hal-hal lucu yang sering dilakukan setiap hari hewan ini. Untuk sobat ilmunik yang sedang mencari contohnya, dapat sobat lihat macam-macam gambar sketsa kelinci yang mudah diatas.

2. Sketsa Kelinci Lucu

Sketsa Kelinci Lucu
Ilmunik.com
Sketsa Kelinci Lucu 2
Ilmunik.com

Sudah tidak asing lagi bahwa hewan kelinci memiliki bentuk yang lucu, imut dan juga menggemaskan. Oleh sebab itu tidak jarang jika binatang ini banyak dijadikan sebagai teman bermain oleh para anak kecil.

Binatang yang memiliki telinga cukup panjang ini sangat menggemaskan sebab bulunya yang sangat halus dan lebat. Biasanya anak-anak akan bermain dengan memainkan bulu-bulunya yang beraneka ragam.

Apabila sobat ilmunik sedang mencari referensi gambar sketsa kelinci yang lucu, bisa Anda lihat di bagian atas yang saya berikan. Pastinya gambar yang saya berikan lucu-lucu dan imut.

3. Sketsa Kelinci di Taman

Sketsa Kelinci di Taman
Ilmunik.com
Sketsa Kelinci di Taman 2
Ilmunik.com

Binatang kelinci juga biasanya banyak kita jumpai di taman-taman yang banyak tumbuhan kesukaannya. Kalau kelinci yang di liarkan biasanya akan bermain-main di taman yang hijau, sebab menjadi tempat favorit untuk berjalan-jalan.

Ketika ketika bermain sangat beragam objeknya, sebab mereka akan bermain sesuka hati. Tidak jarang juga ada kelinci yang akan mendekati orang ketika ada ditaman.

Jika sobat ilmunik sedang mencari objek sketsa kelinci yang sedang bermain di taman, bisa Anda lihat pada contoh gambar yang sudah saya berikan diatas. Siapa tau bisa untuk dijadikan referensi untuk Anda.

Baca Juga Sketsa Gambar Bunga

4. Sketsa Kelinci Kartun

Sketsa Kelinci Kartun
Ilmunik.com
Sketsa Kelinci Kartun 2
Ilmunik.com

Perlu sobat ilmunik ketahui, hewan kelinci bukan hanya di dunia nyata saja. Banyak di dunia kartun atau animasi yang menggunakan kelinci sebagai tokoh utama dalam ceritanya, bentuknya juga sangat lucu dan menggamaskan.

Banyak sekali kartun yang menggunakan kelinci sebagai pemeran utama di dalam serialnya. Biasanya kelinci yang digunakan dalam kartun sangat beragam dan unik-unik.

Nah, apabila sobat ilmunik sedang mencari sketsa gambar kelinci kartun, Anda bisa melihat di bagian atas contoh yang telah saya berikan.  Barangkali cocok dan pas di hati Anda untuk dijadikan referensi.

5. Sketsa Kelinci Makan Wortel

Sketsa Kelinci Makan Wortel
Ilmunik.com
Sketsa Kelinci Makan Wortel 2
Ilmunik.com

Salah satu makanan favorit dari binatang kelinci adalah wortel, sebab termasuk jenis sayuran yang banyak mengandung berbagai macam vitamin. Dari berbagai macam vitamin yang terkandung di dalam wortel, salah satunya adalah vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata makhluk hidup.

Oleh sebab itu, tidak heran apabila kelinci sangat menyukai makanan ini.

Kelinci termasuk hewan herbivora yaitu binatang yang memakan tumbuh-tumbuhan sama seperti sapi, kerbau, kambing, dan jenis hewan lainnya yang makanannya tumbuhan.

Ketika melihat kelinci sedang makan, pastinya merupakan pemandangan yang sangat menggemaskan dan lucu bukan? Mulai dari cara mereka mengunyah makanan dengan gigi depan khas kelinci yakni berupa dua di bagian atas depan.

Peristiwa tersebut pastinya menjadi pemandangan yang indah, sehingga banyak orang yang ingin mengabadikannya pada lembaran kertas.

Untuk sobat ilmunik yang sedang mencari contoh sketsa gambar kelinci yang sedang makan, bisa Anda lihat gambar yang saya berikan diatas. Siapa tau cocok dan pas dengan apa yang Anda inginkan.

6. Sketsa Kelinci Berdiri

Sketsa Kelinci Berdiri
Ilmunik.com
Sketsa Kelinci Berdiri 2
Ilmunik.com

Salah satu sikap unik yang dimiliki kelinci adalah kebiasaannya berdiri sejenak dan melihat kondisi di sekelilingnya sambil menggerak-gerakkan hidungnya. Momen ini juga sangat lucu apabila dijadikan sebagai objek dalam menggambar ataupun melukis.

Pastinya sobat ilmunik yang disekitar rumahnya ada hewan kelinci pasti sering menjumpai kelinci dengan istirahat berdiri sambil menengok kanan kiri. Memang tidak salah apabila hewan ini disebut sangat lucu dan menggemaskan.

Nah, untuk sobat ilmunik yang sedang mencari contoh sketsa kelinci berdiri bisa Anda lihat di bagian atas. Sudah saya berikan contoh-contoh lucu kelinci sedang berdiri.

Baca Juga Sketsa Ikan

7. Sketsa Kelinci Melompat

Sketsa Kelinci Melompat 2
Ilmunik.com
Sketsa Kelinci Melompat
Ilmunik.com

Bukan hanya sikpanya ketika berdiri yang lucu, ciri khas dari kelinci adalah caranya berjalan dengan meloncat-loncat yang sangat menggemaskan. Hal ini pastinya akan membuat orang suka melihatnya ketika melompat, apalagi ketika ada kelinci gemuk yang sedang melompat, hehe.

Momen ini pastinya sangat cocok untuk dijadikan sebagai sketsa dalam bentuk gambar atau lukisan. Untuk sobat ilmunik yang sedang mencari sketsa hewan kelinci yang sedang melompat bisa melihat gambar yang saya berikan diatas untuk dijadikan referensi.

8. Sketsa Kelinci Berwarna

Sketsa Kelinci Berwarna
Ilmunik.com
Sketsa Kelinci Berwarna 2
Ilmunik.com

Jenis kelinci di dunia ini sangat banyak sekali hingga tidak terhitung, yang pastinya mereka lucu-lucu dan menggemaskan. Bulu-bulu kelinci biasanya berwarna cokelat, abu-abu, hitam, putih dan lain-lain, yang semuanya memiliki pola berdasarkan rasnya.

Nah, untuk sobat ilmunik yang ingin membuat sketsa kelinci berwarna, saya juga sudah memberikan berbagai macam contoh sketsa kelinci berwarna untuk dijadikan sebagai referensi. Barangkali diantara contoh yang saya berikan ada yang cocok dihati Anda dan dijadikan sebagai bahan untuk melukis atau menggambar.

9. Sketsa Kelinci Duduk

Sketsa Kelinci Duduk
Ilmunik.com
Sketsa Kelinci Duduk 2
Ilmunik.com

Siapa diantara sobat ilmunik yang pernah melihat kelinci sedang duduk? Lucu bukan? Pastinya sesuatu momen yang sangat langka dan sangat cocok untuk dijadikan bahan objek membuat sketsa gambar kelinci.

Apalagi ketika melihat anakan kelinci yang sedang duduk, pasti sangat lucu dan menggemaskan sekali.

Nah, untuk para sobat ilmunik yang sedang mencari sketsa kelinci duduk, bisa Anda lihat pada contoh gambar yang telah saya berikan. Barangkali ada salah satu gambar yang cocok di hati dan dijadikan sebagai referensi dalam membuat lukisan.

10. Sketsa Kelinci Sederhana

Sketsa Kelinci Sederhana
Ilmunik.com
Sketsa Kelinci Sederhana 2
Ilmunik.com

Bagi sobat ilmunik yang masih tahap belajar, saya sarankan untuk menggunakan desain yang sederhana dan muda terlebih dulu. Agar nantinya mudah dalam membuat polanya tidak terlalu rumit dan menguras kesabaran banyak.

Anda bisa melihat berbagai macam contoh sketsa kelinci sederhana yang saya berikan diatas untuk dijadikan sebagai referensi.

Baca Juga Sketsa Mobil

11. Cara Menggambar Kelinci Dari Angka

Cara Menggambar Kelinci Dari Angka
Ilmunik.com

Berbagai macam tingkah laku hewan ini memang sangat lucu dan suka bermain ke sana kemari melompat-lompat. Serta memiliki bulu yang menggemaskan, sangat cocok sekali untuk menemani bermain buah hati Anda menjadi hewan peliharaan.

Selain hewan kucing, kelinci juga memiliki bulu yang lembut dan lebat di semua bagian tubuhnya. Bahkan ada juga bulunya yang hingga menutupi wajah sampai tak terlihat.

Sebab semua hal yang saya katakan diatas, maka tidak heran banyak anak kecil yang suka bermain dengan kelinci. Nah, dibawah ini saya berikan berbagai macam cara mudah untuk menggambar kelinci dari angka-angka dan tahapannya.

  1. Buatlah terlebih dulu gambar berbentuk angka 1.
  2. Kemudian buatlah angka 3 dengan bentuk miring untuk membuat bagian kepala kelinci bagian atas.
  3. Lanjutkan dengan menggambar bagian telinga kelinci.
  4. Tahap akhir adalah dengan menambahkan hidung, mata, kaki, tangan dan ekor kelinci.

12. Cara Menggambar Kelinci

Dalam menggambar sketsa kelinci, sebenarnya tidak terlalu sulit dan cukup mudah. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah memastikan sudah memiliki kemampuan dan alat untuk menggambar, seperti pensil, buku, dan lainnya.

Berikut ini adalah urutan tahap dalam pembuatan sketsa gambar kelinci.

  • Tahap I

Tahap I

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah menggambar bagian wajah dan hidung, dengan cara membuat lingkaran yang sedikit oval. Untuk bagian hidungnya cukup dengan menggambarkan segitiga terbalik dengan siku yang tidak runcing.

  • Tahap II

Tahap II
Ilmunik.com

Tahap selanjutnya adalah menggambar bagian mulut dan telinga kelinci, di bagian mulutnya hanya cukup membuat huruf W dengan sudut yang tidak terlalu runcing.

Kemudian untuk bagian telinga usahakan menggambar bentuk oval yang memanjang keatas dengan bentuk setengah lingkaran. Namun Anda harus memastikan bahwa kedua bentuk telinga proporsional.

  • Tahap III

Tahap III
Ilmunik.com

Tambahkan juga gambar gigi, mata dan rambut kelinci. Dalam membuat gigi kelinci, Anda bisa menggambarnya seperti huruf U dengan di garis pada bagian tengahnya.

Lalu untuk bagian mata bisa digambar dengan bentuk setengah lingkaran yang diisikan warna tebal. Sementara untuk bagian rambut dapat dibuat secara asal sesuai dengan kreasi dan imajinasi Anda sendiri.

  • Tahap IV

Tahap IV
Ilmunik.com

Tahap selanjutnya ialah menggambar kaki dan rambut di bagian telinga kelinci, membuat bagian kaki bisa dengan cara menggaris bentuk parabol menyesuaikan dengan bentuk wajah dan objek utama lainnya.

Sama halnya untuk menggambar rambut pada telinga kelinci.

  • Tahap V

Tahap V
Ilmunik.com

Untuk tahap menggambar paha, perut, dan ekor kelinci, sesungguhnya ada cara yang membuat semuanya cukup mudah. Sebab dalam bagian-bagian tersebut hanya menyesuaikan dari bentuk utama objek dan hanya menyesuaikan agar nampak lebih profesional.

  • Tahap VI

Tahap VI
Ilmunik.com

Tahap terakhir adalah penyempurnaan pada gambar, misalnya menambahkan pemandanngan atau background pada gambar kelinci agar terlihat lebih menarik. Akhirnya gambar sudah selesai dan cantik.

Nah, mungkin hanya itu saja penjelasan yang dapat saya berikan tentang berbagai macam sketsa kelinci. Semoga dengan sedikit penjelasan yang saya berikan ini bisa membantu dan menambah pengetahuan Anda.

Li Khan Hidup bermanfaat bagi orang lain lebih penting..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *