Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tari Zapin | Sejarah, Filosofi, Gerakan,Iringan, Kostum (Lengkap)

4 min read

tari zapin

Tari Zapin – sudah tidak asing lagi tarian ini bagi masyarakat Indonesia yang memiliki nilai-nilai luhur budaya dan keagamaan. Tarian ini termasuk tarian tradisional yang berasal dari Suku Melayu. Untuk daerah asal tarian zapin ini sendiri adalah dari Riau, salah satu provinsi yang di di Pulau Sumatera.

Berbeda dengan jenis tarian tradisional lain yang semakin kurang mendapat pelestarian, tarian ini malah semakin populer dan berkembang seiring dengan pergantian zaman. Jika dilihat dari sejarahnya, tarian ini merupakan akulturasi dari dua kebudayaan, yakni budaya Arab dan Melayu pada masa lalu.

Akulturasi tersebut terjadi disebabkan oleh banyaknya orang-orang yang berasal dari wilayah Arab yang tinggal di daerah Riau. Akhirnya terjadilah perpaduan antara dua kebudayaan tersebut, antara masyarakat pribumi dengan Arab. Jadi dapat dibilang bahwa tari zapin adalah tarian yang mengadopsi gerakan tari dari negara Arab atau kawasan Timur Tengah.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sedikit informasi tentang tarian zapin mulai untuk sobat ilmunik mulai dari sejarah hingga pementasannya. Penasaran bukan? Langsung saja masuk ke pembahasan utama.

Sejarah Tari Zapin

sejarah tari zapin
made-blog.com

Jika dilihat berdasarkan sejarahnya, tarian zapin ini berawal dari sebuah tarian khusus yang dibawakan oleh masyarakat istana di wilayah Kesultanan Yaman Timur Tengah pada zaman dulu. Nama tarian zapin sendiri diambil dari kata “zafin” dari bahasa Arab yang berarti gerak cepat.

Dulunya tarian ini dipentaskan oleh para saudagar Arab pada masa perdagangan antar benua pada awal abad ke-16. Kemudian tarian ini diperkenalkan kepada masyarakat yang ada di sekitar Selat Malaka, termasuk juga daerah Riau. Tarian ini kemudian mengalami akulturasi dengan kebudayaan masyarakat setempat.

Makna Dan Tema Filosofi Tari Zapin

makna dan filosofi tari zapin
klikriau.com

Filosofi yang terkandung di dalam tarian ini adalah seputarpola hidup masyarakat Melayu. Pada setiap gerakan di dalam tarian ini memiliki nilai-nilai filosofi yang ada di masyarakat Riau.

Hal yang paling menyentuh ialah masih kentalnya nilai-nilai pendidikan serta keagamaan yang diajarkan dalam tarian ini. Nilai-nilai tersebut dimasukkan ke dalam syair-syair yang dibuat untuk iringan tarian ini.

Baca Juga Tari Jaipong

Gerakan Tari Zapin

gerakan tari zapin
sumutpos.co

Gerakan di dalam tari zapin sendiri dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu gerakan pembuka, gerakan inti, dan gerakan penutup. Secara terperincinya, ketiga bagian tersebut mempunyai gerakan-gerakan lain yang terbagi lagi menjadi 19 gerakan.

Pada setiap gerakan khusus ini memiliki makna yang terkandung di dalamnya. Jika tarian ini sedang dipentaskan, maka akan terlihat gerakan yang berirama dan terpola.

Berikut ini adalah sebagian gerakan-gerakan yang ada di dalam tari zapin, antara lain:

  1. Tahto 1, merupakan sikap rendah diri dan menghargai yang biasa ditampilkan pada permulaan tari. Gerakan ini dilakukan sebanyak dua kali di awal dan di akhir dengan dilakukan sebanyak 8 hitungan per 1 kali.
  2. Tahto 2, merupakan sikap rendah diri yang dilakukan setelah gerak Tahto 1. Dilakukan dengan 8 hitungan per 1 kali, sebanyak dua kali di awal dan di akhir gerakan tahto 1.
  3. Tahto 3, merupakan sikap rendah diri dan menghargai dan dilakukan setelah gerak tahto 2.Gerakan ini dilakukan dengan 8 hitungan per 1 kali, sebanyak 1 kali di awal dan di akhir gerakan tahto 2.
  4. Bebas, merupakan gerakan yang selalu ditampilkan, dilakukan diantara gerak-gerak lainnya. Gerakan ini dilakukan sebanyak 1 kali, biasanya juga dilakukan 1 kali sebanyak 8 hitungan per 1 kali.
  5. Shut, merupakan sikap adil dan sabar dengan keseimbangan. Biasanya gerakan ini dilakukan setelah gerak bebas yang sebelumnya adalah gerak tahto 3. Biasanya gerakan ini dilakukan sebanyak 2 kali, shut maju dan shut mundur dengan 16 hitungan per 1 kali.
  6. Siku Keluang, merupakan gerakan yang mewakili dinamisnya kehidupan. Biasanya gerakan ini dilakukan sebanyak 2 kali setelah gerak bebas yang sebelumnya didahului gerak shut maju dan mundur. 16 hitungan per 1 kali.
  7. Mata Angin, merupakan gerakan yang dilakukan setelah gerak bebas 1 kali setelah sebelumnya didahului gerak siku keluang. Biasanya gerakan ini dilakukan sebanyak 1 kali dalam 16 hitungan.
  8. Titik Batang, merupakan gerakan yang mewakili keteguhan hati dan ketrampilan dalam menghadapi cobaan. Gerakan ini dilakukan sebanyak 2 kali setelah gerak bebas yang sebelumnya didahului gerak mata angin. Biasanya gerakan ini dilakukan sebanyak 2 kali maju dan mundur yang keduanya dipisahkan oleh 1 kali gerak bebas serta 16 hitungan per 1 kali.

Iringan Tari Zapin

iringan tari zapin
traverse.id

Iringan musik yang digunakan dalam tarian zapin ini terbagi menjadi dua elemen, yaitu suara alat musik yang ditabuh dan juga syair-syair yang dinyanyikan sebagai pesan moral tersendiri. Untuk tarian ini murni yang langsung dari budaya orang Arab, hanya ada 2 jenis alat musik yang digunakan, yaitu marawis dan gambus.

Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa tarian ini sudah mengalami akulturasi dan perkembangan kebudayaan dengan corak Melayu. Pada pementasan tarian zapin saat ini biasanya akan diiringi oleh berbagai jenis alat musik, seperti rebana, akordeon, gambus, marawis, gitar, dan juga kendang.

Jenis syair-syair yang digunakan untuk mengiringi tarian ini biasanya adalah lagu-lagu yang dibuat oleh seorang pencipta lagu terkenal yakni Tengku Mansor. Sebagian lagu yang telah diciptakannya antara lain adalah:

  1. Ya Salam.
  2. Tanjung Serindit.
  3. Yale-Yale.
  4. Gambus Palembang.
  5. Sri Pekan.
  6. Lancang Kuning.
  7. Lancang Daik

Sebelum lagu-lagu ini dibuat, tarian zapin biasanya akan diiringi oleh beberapa jenis lagu lama, seperti:

  • Bismillah.
  • Puluh Hitam.
  • Anak Ayam Patah
  • Zapin Asli.
  • Gendang Rebana.
  • Lancang Balai.pada
  • Saying Sarawak.
Semua lagu-lagu yang digunakan dalam tarian zapin ini memiliki pesan moral yang sangat mendalam.

Baca Juga Tari Gambyong

Tata Rias Dan Tata Busana Tari Zapin

tata rias tari zapin
riaupotenza.com

Agar terlihat lebih menarik, tampan, dan cantik, para pemain tarian zapin biasanya akan di rias sedemikian rupa dengan riasan khas tarian. Pakaian yang biasanya digunakan oleh para penari laki-laki adalah serangkaian pakaian adat Melayu, seperti baju kurung, cekak musang. plekat, kopiah, songket, bros, dan bawahan seluar.

Sedangkan untuk pakaian yang digunakan oleh para penari wanita adalah baju khas Melayu juga. Pakaian adat khas Melayu tersebut antara lain:

  • Baju kurung labuh.
  • Selendang tudung manto.
  • Kain samping.
  • Kain songket,
  • Kalung,
  • Anting-anting.
  • Hiasan kembang goyang.

Terdapat ciri khas warna yang digunakan oleh para penari zapin, yakni warna merah, kuning, biru dan hijau.

Properti Tari Zapin

properti tari zapin
sekolahnesia.com

Selain dari segi kostum atau busana dan tata rias, para penari biasanya juga menggunakan beberapa properti lain. Namun pada dasarnya tarian ini tidak menggunakan properti apapun di dalam pementasannya,

Akan tetapi, di dalam sebagian pertunjukan tarian ini juga ditemukan berbagai jenis properti yang digunakan dalam pementasan. Properti yang digunakan biasanya seperti, sampur (selendang), yang akan dimainkan oleh para penari perempuan dengan tujuan untuk memperindah gerakan yang dilakukan.

Setting Panggung Tari Zapin

setting panggung tari zapin
borneochannel.com

Sekitar pada tahun 1960-an, sebenarnya tarian ini hanya boleh dimainkan oleh para penari pria saja secara berkelompok. Akan tetapi, setelah mengalami berbagai perkembangan, tarian ini kemudian muncul berbagai jenis versi.

Salah satu setingan tarian ini yang paling terkenal adalah versi tari yang dilakukan dengan cara berpasangan antara penari pria dengan penari wanita. Di dalam pementasannya, untuk jumlah penarinya sendiri tidak ada pembatasan, hanya menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Baca Juga Tari Nguri

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya berikan tentang tari zapin yang berasal dari Riau, Sumatera untuk sobat ilmunik semua. Semoga dengan sedikit informasi ini dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda.

Jika terdapat kesalahan dalam penulisan kata, atau terdapat informasi yang masih kurang lengkap, mohon dimaklumi ya sob, sebab itu datangnya dari keterbatasan ilmu yang saya miliki. Cukup sekian dan salam dari penulis untuk sobat ilmunik dimanapun Anda berada.

Li Khan Halo sobat ilmunik, perkenalkan nama saya Maslihan berasal dari salah satu kota di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Bojonegoro. Saya sangat ahli dalam bidang kebudayaan Indonesia dan juga ahli dalam bidang pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *